Kunci Jawaban Kiat Berjualan Menggunakan Google Bisnis Untuk Pemula Sekolahmu

Posted on

Kunci Jawaban Kuis Sekolahmu

Kunci jawaban kuis lengkap kelas pelatihan prakerja “Kiat Berjualan Menggunakan Google Bisnis Untuk Pemula” yang ada di platform Sekolahmu. Pelatihan ini mampu memaksimal fitur Google Bisnis agar membuat produk atau usaha kita semakin dikenal oleh orang lain.

Kunci Jawaban Kuis Kiat Berjualan Menggunakan Google Bisnis Untuk Pemula

Kuis 1 Apa Itu Google Bisnisku?

1. Akibat virus Corona akhir-akhir Rani ingin berjualan nasi uduk. Sayangnya, Rani tidak mempunyai restoran secara fisik, namun hanya mempunyai garasi rumahnya untuk berjualan makanan, serta tidak mempunyai biaya lebih untuk memasarkan bisnisnya. Rani pun mencoba memasarkan bisnis nasi uduknya dengan menggunakan Google Bisnisku. Apakah usaha bisnis Rani cocok menggunakan Google Bisnisku?

a. Tidak, karena usaha bisnis Rani tidak mempunyai tempat fisik.
b. Tidak, karena usaha bisnis Rani tidak membutuhkan orang untuk datang ke tempat usahanya.
c. lya, karena usaha bisnis Rani pasti dapat cepat berkembang dengan Google Bisnisku.
d. Iya, karena walaupun usaha bisnis Rani tidak mempunyai tempat fisik, namun usaha bisnis Rani merupakan usaha rumahan.

2. Dani merupakan seorang dealer mobil bekas yang menerima baik penjualan maupun pembelian mobil bekas dari tahun 2000 hingga 2019. Manakah media yang lebih cocok untuk memasarkan bisnis Dani?

a. Bukalapak
b. Shopee
c. Tokopedia
d. Google My Business

3. Mana dari bisnis di bawah ini yang tidak cocok menggunakan Google Bisnisku?

a. Andi yang ingin membuka usaha bisnis alat-alat material bangunan.
b. Rudi yang ingin membuka usaha bisnis jual stiker aplikasi media sosial Whatsapp dan LINE
c. Fatimah yang ingin membuka usaha bisnis pakaian dan gaun perempuan
d. Hadi yang ingin membuka usaha bisnis alat-alat elektronik rumah tangga

4. Apa keuntungan menggunakan Google Bisnisku dalam mengembangkan bisnis kita?

a. Bisnis kita dapat menjangkau lebih banyak para calon pelanggan tanpa melakukan strategi marketing.
b. Nama, bentuk, dan alamat toko fisik kita dapat muncul di hasil pencarian jika ada orang yang melakukan pencarian nama toko kita di Google.
c. Kita tidak membutuhkan biaya pemasaran yang lebih dalam memasarkan bisnis kita.
d. Semua jawaban benar.

5. Apa itu Google Bisnisku?

a. Fitur dari Google yang dapat membantu kita mencari content yang kita butuhkan saat kita berselancar di dunia maya.
b. Fitur dari Google yang dapat membantu kita memperoleh banyak rekan dan kolega bisnis yang bergerak di bidang yang sama.
c. Fitur dari Google yang dapat membantu mempromosikan bisnis kita.
d. Fitur dari Google yang dapat membantu kita meletakkan file-file penting di internet.

Kuis 2 Apa Keuntungan Menggunakan Google Bisnisku?

1. Ketika kita melakukan pencarian suatu usaha di Google (misalnya restoran KFC atau McD), nanti informasi tentang restoran tersebut akan tertera di sebelah kanan layar. Nah, saat kita menggunakan Google Bisnisku dalam mempromosikan usaha bisnis kita, informasi manakah yang tidak dapat diubah oleh kita sebagai pembuat usaha?

a. Ulasan.
b. Lokasi dan Alamat.
c. Jam Buka.
d. Nomor telepon.

2. Tombol “Rute” dalam informasi yang tertera dalam hasil pencarian berfungsi untuk?

a. Menunjukkan foto-foto yang terkait dengan usaha bisnis.
b. Menunjukkan rute navigasi peta ke alamat lokasi usaha bisnis.
c. Menunjukkan banyaknya ulasan bisnis kita yang dibuat oleh customer.
d. Menunjukkan tingginya nilai rating atau peringkat usaha bisnis kita.

3. Apakah Google Maps dapat menunjukkan arah navigasi menuju ke lokasi usaha bisnis kita ketika kita mendaftarkan usaha bisnis kita dengan Google Bisnisku?

a. lya.
b. Tidak.
c. Tidak disebutkan dalam video.

4. Tanda yang berada dalam informasi yang tertera dalam hasil pencarian mempunyai arti bahwa…

a. Pembayaran yang diterima oleh restoran KFC/McD tersebut hanya dapat dilakukan dengan mata uang Dollar $.
b. Semua produk yang terdapat restoran KFC / McD tersebut merupakan produk makanan Amerika Serikat.
c. Lokasi area restoran KFC / McD tersebut berada di area atau lingkungan elit.
d. Harga produk di restoran KFC/ McD tersebut berada di kisaran menengah.

5. Manakah dari pilihan di bawah ini yang bukan merupakan keuntungan dalam menggunakan Google Bisnisku?

a. Membantu kita untuk menambah pelanggan.
b. Membantu pelanggan untuk menemukan usaha bisnis kita.
c. Membantu kita untuk menambah jumlah cabang usaha bisnis kita.
d. Membantu memberikan informasi lengkap mengenai usaha bisnis kita kepada pelanggan.

Kuis 3 Langkah-Langkah Mendaftar Google Bisnisku

1. Dalam mendaftarkan bisnis kita di Google Bisnisku, kita perlu mengisi beberapa informasi yang diperlukan oleh Google. Berikut ini adalah informasi yang perlu kita cantumkan ke Google Bisnisku, kecuali…

a. Alamat lokasi bisnis kita.
b. Kontak nomor telepon bisnis kita.
c. Harga barang yang kita jual.
d. Kategori bisnis kita.

2. Jika toko kita menyediakan jasa pesan antar, maka kita harus menyediakan deskripsi informasi sebagai berikut, yaitu…

a. Informasi wilayah yang dapat menggunakan jasa pesan antar.
b. Pilihan antar ke rumah atau ke lokasi si pembeli.
с. Nomor telepon bisnis yang didaftarkan.
d. Semua jawaban benar.

3. Saat mendaftarkan usaha bisnis kita ke Google Bisnisku, Google meminta verifikasi dari penjual dengan melalui berbagai jenis verifikasi. Manakah yang bukan merupakan jenis verifikasi yang diminta oleh Google?

a. Verifikasi melalui fotokopi kartu identitas (KTP/SIM / Passport).
b. Verifikasi melalui surat atau kartu pos.
c. Verifikasi melalui ponsel.
d. Verifikasi melalui email.

4. Ketika kita berada di langkah pertanyaan “Apakah Anda juga melayani pelanggan di luar lokasi ini?”, saat mendaftarkan usaha bisnis kita di Google Bisnisku, informasi apakah yang diminta oleh Google Bisnisku?

a. Google meminta informasi apakah usaha bisnis kita juga melayani jasa pesan antar di luar lokasi usaha bisnis.
b. Google meminta informasi apakah bisnis kita mempunyai cabang di luar lokasi utama.
с. Google meminta informasi tentang kategori usaha bisnis kita.
d. Google meminta informasi tentang nama bisnis kita yang akan kita tampilkan.

5. Manakah dari pilihan di bawah ini yang merupakan link / tautan yang menuju ke Google Bisnisku?

a. www.google.com/mail
b. www.google.com/drive
c. www.google.com/chrome
d. www.google.com/business

Kuis 4 Menggunakan Google Bisnisku dengan Optimal

1. Saat kita menambahkan foto di Google Bisnisku, berapakah ukuran minimal foto yang direkomendasikan?

a. 640 x 640 pixel
b. 720 x 720 pixel
c. 960 x 960 pixel
d. 512 X 512 pixel

2. Apa yang kita lakukan setelah selesai memverifikasi akun Google Bisnisku?

a. Proses pembuatan akun telah selesai, dan kita pun tinggal menunggu pelanggan datang.
b. Kita perlu mendaftarkan usaha dagang kita ke pemerintah.
c. Kita perlu mengoptimalkan penggunaan akun Google Bisnisku.
d. Semua jawaban benar.

3. Pilihan berikut ini merupakan pilihan yang dapat kita lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan akun Google Bisnisku, kecuali…

a. Menambahkan lokasi usaha bisnis kita.
b. Membalas komentar review dari pelanggan secara sopan.
c. Menambahkan foto-foto lama berukuran 500 piksel yang dapat kita pakai untuk menggambarkan bisnis kita.
d. Memanfaatkan Google Ads.

4. Manakah yang termasuk mengevaluasi efektivitas dalam Google Bisnisku?

a. Memanfaatkan kata kunci atau keywords yang sedang trend.
b. Menyikapi ulasan dan respon dari pelanggan dengan cepat.
c. Menggunakan Google Ads untuk mempromosikan usaha bisnis kita.
d. Semua jawaban benar.

5. Fitur Insight yang ada di Google Bisnisku berfungsi untuk, kecuali…

a. Mengetahui berapa kali orang meminta petunjuk arah dengan Google Maps ke lokasi bisnis kita.
b. Mengetahui berapa banyak orang yang sudah melihat informasi
bisnis kita.
c. Mengetahui berapa banyak keuntungan yang diperoleh usaha bisnis kita dalam sebulan.
d. Mengetahui bagaimana cara orang-orang menemukan informasi tentang bisnis kita.

Kuis 5 Masalah Umum dalam Penggunaan Google Bisnisku

1. Jumlah maksimal karakter yang diperbolehkan untuk alamat website usaha bisnis kita adalah sebanyak…

a. 128 karakter.
b. 256 karakter.
c. 512 karakter.
d. 1024 karakter.

2. Manakah dari contoh di bawah ini yang merupakan masalah-masalah umum yang sering terjadi dalam penggunaan Google Bisnisku?

a. Penulisan lokasi usaha bisnis kurang lengkap.
b. Penulisan nama bisnis tidak sesuai.
c. Nama situs web tidak valid.
d. Semua jawaban benar.

3. Sella ingin membuka usaha bisnis pempek Palembang. Sella memutuskan untuk memasarkan produknya lebih jauh lagi di internet dengan menggunakan Google Bisnisku. Nama link atau tautan web yang valid untuk usaha bisnis Sella adalah…

a. http://www.pempekpalembangenal
b. http://www.pempekpalembanggg
c. http://www.pempekterenakdiindo?.
d. http://www.pempek_palembang.co

4. Eno adalah seorang entrepreneur muda yang ingin membuka cabang dari usaha bisnisnya yang bernama UD Cahaya Sejati. Dalam membuka cabang barunya, Eno memutuskan untuk menggunakan Google Bisnis untuk membantu memasarkan usaha bisnisnya di internet. Agar dapat dilakukan verifikasi massal oleh Google, maka penulisan nama bisnis Eno yang sesuai di Google Bisnisku sebaiknya…

a. Light Sejati
b. Pure Light
c. Cahaya_Sejati
d. Cahaya Sejati

5. Setelah kita dapat memahami Google Bisnisku dan dapat mengoperasikannya dengan benar, maka yang sebaiknya kita lakukan adalah…

a. Membuka tempat fisik baru untuk usaha bisnis yang telah kita daftarkan
b. Memulai usaha bisnis lain yang lebih menguntungkan.
c. Update informasi yang terbaru tentang bisnis kita.
d. Menambah cabang baru dari usaha bisnis kita.

Kuis 6 Mengenal Google Ads

1. Sebagai pelaku bisnis, mengapa kita perlu memasang iklan melalui Google Ads?

a. Karena banyak orang menggunakan situs pencari Google sebagai tempat untuk mencari segala hal, termasuk barang.
b. Karena iklan yang dipasang di Google Ads akan terpasang di kolom teratas hasil pencarian Google.
c. Karena pencari informasi di Google cenderung mengunjungi website di hasil pencarian teratas Google.
d. Semua jawaban benar.

2. Apa kriteria yang harus dipenuhi ketika kita ingin website bisnis kita muncul di bagian teratas laman hasil pencarian Google?

a. Memiliki website yang menarik dengan konten yang berkualitas tinggi.
b. Memiliki banyak cabang dari usaha bisnis.
с. Memiliki website yang berisi banyak iklan.
d. Memiliki usaha bisnis yang sudah berjalan minimal tiga bulan.

3. Dimana letak iklan yang dipasang melalui Google Ads di laman hasil pencarian Google?

a. Halaman ke-2 hasil pencarian Google.
b. Kolom teratas hasil pencarian Google.
с. Di setiap halaman hasil pencarian Google.
d. Google gambar.

4. Apa fungsi utama dari Google Ads?

a. Website lelang online.
b. Katalog marketplace online.
c. Website rekening bersama.
d. Sarana promosi bisnis.

5. Apa yang dimaksud hasil organik?

a. Hasil alami pencarian di laman Google.
b. Deretan teratas hasil pencarian di laman Google.
c. Hasil terbaru pencarian di laman Google.
d. Hasil terlama-pencarian di laman Google.

Kuis 7 Tipe-Tipe Kampanye dan Iklan di Google Ads

1. Setelah mengetahui jenis-jenis kampanye dan iklan Google Ads, apa yang bisa kita lakukan selanjutnya?

a. Menurunkan harga produk yang kita pasarkan.
b. Mengubah jenis produk yang kita pasarkan.
c. Memasang banyak iklan tanpa perlu memperhatikan jenisnya.
d. Menyesuaikan pilihan jenis iklan dengan jenis barang yang kita jual.

2. Manakah dari antara jenis iklan di bawah ini yang fungsinya untuk mengajak penonton untuk meng-install atau memasang suatu aplikasi?

a. Kampanye Display Network.
b. Trueview Discovery Video Ads.
c. Kampanye Shopping.
d. Kampanye Aplikasi Universal.

3. Apakah yang bisa kita tentukan jika kita memasang iklan melalui Google Ads dengan jenis kampanye Display Network??

a. Menentukan harga yang harus kita bayar kepada Google
b. Menentukan profil dari target audience sesuai dengan target pasar produk kita.
c. Menentukan kata kunci untuk pencarian iklan kita.
d. Menentukan di situs mana iklan kita akan muncul.

4. Mana tipe iklan Google Ads yang paling cocok untuk pebisnis pemula?

a. Kampanye display network
b. Kampanye shopping
c. Kampanye video
d. Kampanye penelusuran.

5. Jika kita memasang iklan di Google Ads dengan jenis kampanye Shopping namun produk yang kita pasarkan tidak keluar di hasil pencarian Google, apakah yang harus kita perbaiki?

a. Penulisan nama produk yang benar, jelas, dan akurat.
b. Nama usaha bisnis kita.
c. Harga produk dari usaha bisnis yang kita pasarkan.
d. Pilihan target audience.

Kuis 8 Langkah-langkah Membuat Iklan Google Ads

1. Apakah yang dimaksud dengan lokasi di formulir pembuatan iklan penelusuran di Google Ads?

a. Lokasi tempat tinggal kita sesuai dengan identitas resmi (KTP).
b. Lokasi tempat pembuatan barang yang akan kita jual.
c. Lokasi di mana iklan kita akan ditampilkan.
d. Lokasi toko offline bisnis kita.

2. Apa langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat iklan search network di Google Ads?

a. Menentukan tujuan utama iklan.
b. Membuat akun Google Ads.
c. Menjelaskan detail usaha bisnis kita.
d. Menulis isi iklan.

3. Berapakah jumlah kata kunci yang bisa kita tentukan untuk membuat iklan penelusuran Google Ads?

a. 10-20 kata
b. 15-20 kata
c. 15-25 kata
d. Tidak ada batasan kata.

4. Anita telah mendaftarkan usaha bisnisnya dan memasarkannya melalui Google Ads. Sekarang, Anita ingin membayar layanan Google Ads. Apa sajakah cara pembayaran yang diterima oleh Google Ads?

a. Kartu kredit, transfer ATM, dan E-banking.
b. Kartu kredit, pembayaran lewat minimarket, dan teller bank.
c. Transfer ATM, E-banking, dan pembayaran melalui minimarket.
d. Teller Bank, transfer ATM, dan pembayaran lewat minimarket.

5. Rahmad merupakan seorang mahasiswa yang baru saja merintis bisnis jual-beli jaket pria, Rahmad berniat untuk membuat iklan di Google Ads untuk mempromosikan bisnis yang ia rintis.

Apakah hal yang harus dimiliki oleh Rahmad untuk membuat iklan penelusuran di Google Ads?

a. Kartu Kredit.
b. Anggaran iklan minimal Rp3.000.000
c. Sebuah website sebagai sarana jual beli dengan pembeli.
d. Video promosi.

Final Test Kiat Berjualan Menggunakan Google Bisnis Untuk Pemula

1. Apa itu Google Bisnisku?

a. Fitur dari Google yang dapat membantu kita mencari content yang kita butuhkan saat kita berselancar di dunia maya.
b. Fitur dari Google yang dapat membantu kita memperoleh banyak rekan dan kolega bisnis yang bergerak di bidang yang sama.
c. Fitur dari Google yang dapat membantu mempromosikan bisnis kita.
d. Fitur dari Google yang dapat membantu kita meletakkan file-file penting di internet.

2. Dani merupakan seorang dealer mobil bekas yang menerima baik penjualan maupun pembelian mobil bekas dari tahun 2000 hingga 2019. Manakah media yang lebih cocok untuk memasarkan bisnis Dani?

a. Bukalapak
b. Shopee
c. Tokopedia
d. Google My Business

3. Ketika kita melakukan pencarian suatu usaha di Google, nanti informasi tentang restoran tersebut akan tertera di sebelah kanan layar. Nah, saat kita menggunakan Google Bisnisku dalam mempromosikan usaha bisnis kita, informasi manakah yang tidak dapat diubah oleh kita sebagai pembuat usaha?

a. Ulasan.
b. Lokasi dan Alamat.
c. Jam Buka.
d. Nomor telepon.

4. Dalam mendaftarkan bisnis kita di Google Bisnisku, kita perlu mengisi beberapa informasi yang diperlukan oleh Google. Berikut ini adalah informasi yang perlu kita cantumkan ke Google Bisnisku, kecuali…

a. Alamat lokasi bisnis kita.
b. Kontak nomor telepon bisnis kita.
c. Harga barang yang kita jual.
d. Kategori bisnis kita.

5. Ketika kita berada di langkah pertanyaan “Apakah Anda juga melayani pelanggan di luar lokasi ini?”, saat mendaftarkan usaha bisnis kita di Google Bisnisku, informasi apakah yang diminta oleh Google Bisnisku?

a. Google meminta informasi apakah usaha bisnis kita juga melayani jasa pesan antar di luar lokasi usaha bisnis.
b. Google meminta informasi apakah bisnis kita mempunyai cabang di luar lokasi utama.
с. Google meminta informasi tentang kategori usaha bisnis kita.
d. Google meminta informasi tentang nama bisnis kita yang akan kita tampilkan.

6. Fitur Insight yang ada di Google Bisnisku berfungsi untuk, kecuali…

a. Mengetahui berapa kali orang meminta petunjuk arah dengan Google Maps ke lokasi bisnis kita.
b. Mengetahui berapa banyak orang yang sudah melihat informasi
bisnis kita.
c. Mengetahui berapa banyak keuntungan yang diperoleh usaha bisnis kita dalam sebulan.
d. Mengetahui bagaimana cara orang-orang menemukan informasi tentang bisnis kita.

7. Sella ingin membuka usaha bisnis pempek Palembang. Sella memutuskan untuk memasarkan produknya lebih jauh lagi di internet dengan menggunakan Google Bisnisku. Nama link atau tautan web yang valid untuk usaha bisnis Sella adalah…

a. http://www.pempekpalembangenal
b. http://www.pempekpalembanggg
c. http://www.pempekterenakdiindo?.
d. http://www.pempek_palembang.co

8. Manakah dari contoh di bawah ini yang bukan merupakan masalah-masalah umum yang sering terjadi dalam penggunaan Google Bisnisku?

a. Penulisan nama bisnis tidak sesuai.
b. Harga produk yang diperjualbelikan terlalu tinggi.
с. Penulisan lokasi usaha bisnis kurang lengkap.
d. Nama situs web tidak valid.

9. Apa fungsi utama dari Google Ads?

a. Website lelang online.
b. Katalog marketplace online.
c. Website rekening bersama.
d. Sarana promosi bisnis.

10. Dimana letak iklan yang dipasang melalui Google Ads di laman hasil pencarian Google?

a. Halaman ke-2 hasil pencarian Google.
b. Kolom teratas hasil pencarian Google.
с. Di setiap halaman hasil pencarian Google.
d. Google gambar.

11. Apakah yang bisa kita tentukan jika kita memasang iklan melalui Google Ads dengan jenis kampanye Display Network??

a. Menentukan harga yang harus kita bayar kepada Google
b. Menentukan profil dari target audience sesuai dengan target pasar produk kita.
c. Menentukan kata kunci untuk pencarian iklan kita.
d. Menentukan di situs mana iklan kita akan muncul.

12. Jika kita memasang iklan di Google Ads dengan jenis kampanye Shopping namun produk yang kita pasarkan tidak keluar di hasil pencarian Google, apakah yang harus kita perbaiki?

a. Penulisan nama produk yang benar, jelas, dan akurat.
b. Nama usaha bisnis kita.
c. Harga produk dari usaha bisnis yang kita pasarkan.
d. Pilihan target audience.

13. Anita telah mendaftarkan usaha bisnisnya dan memasarkannya melalui Google Ads. Sekarang, Anita ingin membayar layanan Google Ads. Apa sajakah cara pembayaran yang diterima oleh Google Ads?

a. Kartu kredit, transfer ATM, dan E-banking.
b. Kartu kredit, pembayaran lewat minimarket, dan teller bank.
c. Transfer ATM, E-banking, dan pembayaran melalui minimarket.
d. Teller Bank, transfer ATM, dan pembayaran lewat minimarket.

14. Apakah faktor utama yang membuat iklan penelusuran Google Ads bisnis kita tepat sasaran?

a. Ketepatan pemilihan kata kunci.
b. Segmentasi pasar yang sangat luas.
с. Kata kunci yang cukup acak/random.
d. Semua jawaban benar.

15. Manakah kata kunci yang tidak tepat jika kita mempunyai bisnis persewaan gaun dan kebaya yang berlokasi di Kota Semarang?

a. Gaun, sewa, kebaya, dan Semarang.
b. Sewa, persewaan, dress, dan Semarang.
с. Kota Semarang, dress, kebaya, dan sewa.
d. Kota Semarang, dress, jual, dan Kebaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *