Kunci Jawaban Exam Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Posted on

Kunci Jawaban Exam Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Sukses Bisnis Online Shop di Instagram” yang ada di platform Skill Academy.

Kelas ini sangat berguna bagi kalian yang tengah merintis usaha, dalam kelas ini kalian akan diajarkan bagaimana cara memaksimalkan sosial media Instagram sebagai platform pemasaran digital, mulai dari menyusun target bisnis, mencari produk yang tepat, membuat konten agar menarik, dan melakukan promosi secara maksimal melalui Instagram.

Kunci Jawaban Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Pre-Exam

1. Kelemahan whatsapp dibandingkan dengan Line@ sebagai platform customer service adalah…

a. WhatsApp tidak memungkinkan untuk menyebarkan promo produk
b. WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Messenger terpisah
c. Whatsapp tidak memiliki sticker
d. Whatsapp terbatas dalam jumlah teks sebuah pesan
e. Jumlah pengguna whatsapp yang sedikit di Indonesia

Jawaban: A

2. Mengapa dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung kecil?

a. Barang yang dijual dropshipper murah
b. Dropshipper sifatnya hanya menjual gambar
c. Dropshipper tidak membutuhkan tim besar
d. Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan
e. Harga barang yang dijual tidak mengikat konsumen

Jawaban: B

3. Hal yang sebaiknya dihindari saat membuat caption ialah…

a. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda
b. Berikan kesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption
c. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual
d. Berikan info jika produk anda masih tersedia dalam jumlah banyak
e. Menginformasikan produk anda adalah produk terbaik

Jawaban: B

4. Dibawah ini yang termasuk cara mempertahankan bisnis online shop adalah…

a. Fokus pada satu bisnis
b. Menghindari masalah
c. Membuka offline store
d. Memperbanyak kategori bisnis
e. Membagi startegi bisnis untuk merangsang pertumbuhan online shop di Indonesia

Jawaban: A

5. Berapa lama perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk melihat kecocokan kita dengan bisnis yang dijalankan?

a. 2 bulan
b. 6 bulan
с. 1 tahun
d. 2 tahun
e. 6 minggu

Jawaban: D

6. Dibawah ini yang merupakan tujuan diadakannya customer service adalah…

a. Mengelola data pelanggan
b. Membuat infografis untuk mempermudah pemahaman pelanggan
c. Menghitung jumlah barang
d. Mengajak pelanggan untuk membeli
e. Memelihara pelanggan

Jawaban: E

7. Bagaimana ciri konten yang baik?

a. Harus seirama dengan branding
b. Harus mengikuti kebutuhan pelanggan
c. Harus berwarna warni agar tidak membosankan
d. Harus terjadwal
e. Harus menggiring opini pelanggan

Jawaban: A

8. Kapan sebaiknya promo diumumkan?

a. Pada saat jam dimulainya promo
b. Hari H promo
c. 1-3 Hari sebelum hari H
d. 1-2 Minggu sebelum hari H
e. 1 bulan sebelum hari H

Jawaban: B

9. Kenapa fitur comment sebaiknya tidak boleh di automatisasi?

a. Menyebabkan spam
b. Tidak kreatif
c. Tidak personal
d. Membingungkan follower
e. Kurang sesuai untuk online shop

Jawaban: A

10. Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan online shop?

a. Organic saja
b. Organic ditambah dengan Paid Ads
c. Paid Ads saja
d. Optimalkan jasa endorse
e. Organic ditambah dengan Automation

Jawaban: B

Mid Test – Pengenalan Media Online Shop

1. Tujuan dari kelas ini adalah…

a. Cara membangun online shop sukses di Instagram
b. Cara membangun online shop sukses di Marketplace
c. Cara membangun online shop sukses di Whatsapp
d. Cara sukses menjual barang di Instagram
e. Cara mendapatkan pelanggan di Instagram

Jawaban: A

2. Tujuan terpenting dari membangun online shop adalah…

a. Mendapat sanjungan dari teman
b. Membangun bisnis online shop yang sukses
c. Mendapat banyak Followers
d. Menghasilkan omset maksimal
e. Agar tidak menjadi pengangguran

Jawaban: B

3. “Target dari kelas ini merupakan Pemilik bisnis offline yang ingin melakukan ekspansi ke online shop di Instagram”.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang..

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Yang merupakan tipe online shop adalah…..

1) Produsen
2) Reseller
3) Dropshipper

a. 1 saja
b. 2 saja
c. 3 saja
d. 1 dan 2
e. 1, 2 dan 3

Jawaban: E

5. Melakukan manajemen customer service merupakan salah satu komponen membangun bisnis online shop yang sukses di Instagram.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Mid Test – Instagram Sebagai Media Online Shop

1. Salah satu alasan terkuat instagram cocok sebagai platform online shop adalah….

a. Media sosial yang paling kekinian
b. Market Instagram di Indonesia sangat besar
c. Di Instagram dapat langsung melakukan proses jual beli
d. Followers di Instagram cepat meningkat
e. Image Brand Lifestyle di Instagram lumayan kuat

Jawaban: B

2. “Pengguna Instagram Pria lebih banyak daripada Wanita”
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A
3. Salah satu penerapan mindset “Start small think big” dalam membangun online shop adalah…

a. Merekrut karyawan sebanyak-banyaknya
b. Membangun toko yang sudah besar
c. Memiliki setidaknya 1 karyawan terlebih dahulu
d. Membeli banyak stok barang
e. Mengiklankan dengan budget yang besar

Jawaban: C

4. Pada bulan Januari, Dinda menjual parfum di Instagramnya. Namun karena merasa tidak laku pesat, Dinda memutuskan untuk mengganti usahanya menjadi bisnis casing handphone. Dengan masalah yang sama kembali, la pun memutuskan mengganti usahanya menjadi usaha pembuatan birthday gift.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka dinda tidak menerapkan mindset…

a. Start Small & Think Big
b. Fokus pada satu kategori bisnis
c. Berpikir Jangka Panjang
d. Melakukan perencanaan
e. Membuat strategi pemasaran untuk penjualan

Jawaban: B

5. “Goals sebuah bisnis tidak perlu time limit”
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Mencari Produk Yang Tepat untuk Berjualan

1. Tantangan terbesar dalam membangun online shop adalah menentukan produk yang tepat untuk dijual.
SEBAB
Produk yang tidak kita suka dan tidak tepat akan susah untuk dijual.

a. Jika pernyataan benar alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: A

2. Langkah awal dalam menemukan produk yang tepat untuk dijual adalah mencari supplier terlebih dahulu.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B
1) Membuat Gambar dan caption produk
2) Menemukan Supplier
3) Mengunggah konten
4) Dropshipper menghubungi supplier
5) Pembeli datang
6) Supplier mengirimkan barang atas pembeli atas nama dropshipper

Urutan yang tepat dalam sistem dropship adalah….

a. 1-2-3-4-5-6
b. 1-3-2-4-5-6
c. 1-3-2-5-4-6
d. 2-1-3-5-4-6
e. 2-1-3-4-5-6

Jawaban: D

4. “Reseller lebih mudah mengontrol harga dibanding Dropshipper”.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A
5. Kelebihan produsen dibandingkan dengan tipe penjual reseller maupun dropshipper adalah…

a. Produsen menghasilkan omset yang lebih besar dibandingkan dengan tipe penjual lainnya
b. Produsen membutuhkan jumlah karyawan yang lebih sedikit
c. Produsen membutuhkan modal tidak terlalu besar.
d. Produsen memberikan citra negatif online shop di mata industri
e. Produsen memiliki kontrol penuh terhadap barang yang diproduksi untuk dipasarkan

Jawaban: E

Mid Test – Membuat Konten Online Shop

1. Membuat konten untuk online shop sangat penting
SEBAB
Update konten di dunia maya membuat kita jadi eksis

a. Jika pernyataan benar alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan benar alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: B

2. *Gambar Model Pria dan Wanita

Gambar diatas merupakan jenis konten…

a. Single product
b. Group of product
c. Model shot
d. Product Shot
e. Endorsement

Jawaban: C

3. Pipit kebingungan dalam menentukkan jenis dan waktu mengunggah konten pada online shop-nya.
Maka hal yang harus dilakukan Pipit adalah….

a. Mengunggah kapan saja ia mau
b. Mengunggah jika hari-hari besar saja
c. Mengunggah jika ada barang baru saja yang datang dari produsen
d. Membuat konten kalender
e. Membuat konten sebanyak-banyaknya

Jawaban: D

4. Agar konten dapat langsung dilihat oleh target pasar, maka waktu yang tepat untuk mengunggah konten adalah….

a. Waktu dimana customer juga sedang online
b. Jam makan siang
c. Pagi hari
d. Sore hari
e. Ketika ingin tidur

Jawaban: A

5. Eka ingin menunjukkan keunggulan fitur lengkap dari smartphone yang ia jual menggunakan media video. Maka jenis video di Instagram yang lebih cocok digunakan oleh Eka adalah

a. Video feed dan Video Stories
b. Video feed dan IGTV
c. IGTV dan Instagram Live
d. Video Stories dan instagram Live
e. Video Stories dan IGTV

Jawaban: B

Mid Test – Memulai Promosi Online Shop di Instagram

1. Langkah pertama dalam melakukan promosi pada online shop adalah…

a. Lakukan riset kompetitor
b. Lakukan promosi 1-2 minggu sebelum hari puncaknya.
c. Promosikan online shop melalui konten, iklan, dan endorsement
d. Buat campaign yang dibantu oleh Influencers dan followers
e. Gunakan content calendar untuk menjadwalkan konten promosi

Jawaban: A

2. Pertanyaan yang tidak perlu dipertanyakan saat melakukan riset kompetitor adalah…

a. What
b. When
c. Who
d. How
e. Why

Jawaban: E

3. Paid Ads digunakan untuk melengkapi organic
SEBAB
Ada konten yang belum tentu bisa menjangkau semua audiens

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: A

4. Bot merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah tertentu secara otomatis.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang..,

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Cara memilih influencer yang lebih tepat adalah…

a. Pilih influencer dengan followers yang cukup tinggi
b. Pilih influencer engagement rate yang cukup tinggi
c. Pilih influencer yang memiliki foto bagus
d. Pilih influencer yang tampan atau cantik
e. Pilih influencer yang aktif membalas komentar follower

Jawaban: B

Mid Test – Mengatur Pesanan Pelanggan

1. Customer service perlu dilatih dan dipersiapkan
SEBAB
Diharapkan customer service dapat merespons pesanan (Take order) serta meyakinkan calon customer
untuk membeli (Closing).

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: A

2. Saat wulan melakukan percakapan dengan salah satu admin online shop hijab, di akhir percakapannya Wulan diberikan pilihan oleh admin tersebut untuk memilih jilbab berwarna hijau atau biru. Maka, admin dari online shop tersebut telah melakukan…

a. Pengenalan produk
b. Pengenalan toko
c. Teknik closing
d. Penawaran produk
e. Pengenalan harga

Jawaban: C

3. Sapaan Customer service yang baik untuk setiap pelanggan harus netral.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Gunakan WhatsApp sebagai platform chat jika target audiens berusia lebih tua dan dari kalangan profesional.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Setelah Mauli melakukan pembelian parfum pada salah satu online shop melalui chat dengan adminnya, pada akhir percakapan mauli diberikan kode diskon untuk pembelian selanjutnya. Berdasarkan hal tersebut, Customer service telah melakukan penawaran promosi pada pesan penutup.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Mid Test – Mengembangkan Bisnis Online Shop

1. Jeremy ingin mengembangkan online shop-nya lebi besar lagi. Maka, yang dapat Jeremy lakukan adalah….

a. Menjalin kerjasama dengan brand online shop yang tidak berhubungan
b. Menjalin kerjasama dengan brandonline shop yang berhubungan
c. Menjalin kerjasama dengan brandonline shop yang memiliki produk yang sama
d. Menjatuhkan brandonline shop yang berhubungan
e. Menjatuhkan brandonline shop yang memiliki produk yang sama

Jawaban: B

2. Salah satu cara mengembangkan bisnis online shop adalah bekerjasama dengan mentor-mentor yang mengadakan workshop atau seminar.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…
a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Berapa lama sebaiknya waktu berjualan di pop up stor pada sebuah pameran atau bazar?

a. 2 Hari
b. 3 Hari
c. 4 Hari
d. 5 Hari
e. 6 Hari

Jawaban: D

4. Dalam membangun bisnis online shop harus fokus setidaknya minimal 1 tahun.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…
a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Kesuksesan bisnis online shop dapat dilihat setelah berjalan 2 sampai 3 tahun
SEBAB
Waktu 2 tahun merupakan waktu yang tepat untuk melihat kecocokan dengan bisnis yang dijalankan

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: A

Exam

1. Salah satu alasan terkuat instagram cocok sebagai platform online shop adalah….

a. Media sosial yang paling kekinian
b. Market Instagram di Indonesia sangat besar
c. Di Instagram dapat langsung melakukan proses jual beli
d. Followers di Instagram cepat meningkat
e. Image Brand Lifestyle di Instagram lumayan kuat

Jawaban: B

2. Penerapan Start Small & Think Big dalam bisnis online shop ditunjukkan pada sikap

a. Membeli banyak stok barang
b. Merekrut beberapa pegawai
c. Fokus ke satu kategori bisnis saja
d. Mulai dari hal kecil dan tidak terburu-buru

Jawaban: D

3. Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung kecil disebabkan oleh

a. Barang yang dijual dropshipper murah
b. Dropshipper sifatnya hanya menjual gambar
c. Dropshipper tidak membutuhkan tim besar
d. Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan
e. Harga barang yang dijual tidak mengikat konsumen

Jawaban: B

4. *Gambar Produk Botol

Gambar diatas merupakan jenis konten…

a. Single Product
b. Model Shot
c. Product Shot
d. Endorsment
e. Double Product

Jawaban: C

5. Jenis video di Instagram yang lebih cocok dibuat secara spontanitas adalah…

a. Video feed dan Video Stories
b. Video feed dan IGTV
c. IGTV dan Instagram Live
d. Video Stories dan instagram Live
e. Video Stories dan IGTV

Jawaban: D

6. Dibawah ini yang tidak termasuk cara membuat caption yang menarik

a. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda
b. Berikan kesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption
c. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual
d. Berikan info jika produk anda masih tersedia dalam jumlah banyak
e. Menginformasikan produk anda adalah produk terbaik

Jawaban: B

7. Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan online shop?

a. Organic saja
b. Organic ditambah dengan Paid Ads
c. Paid Ads saja
d. Optimalkan jasa endorse
e. Organic ditambah dengan Automation

Jawaban: B

8. Dibawah ini yang tidak boleh di automatisasi saat menjalankan automation di Instagram adalah

a. Like
b. Comment
c. Follow
d. Unfollow
e. Subscribe

Jawaban: B

9. Hal yang harus dilakukan saat menutup percakapan dengan pelanggan adalah

a. Memberikan salam
b. Memberikan penawaran promosi
c. Memberikan Informasi ketersediaan produk
d. Memberikan informasi harga produk

Jawaban: B

10. E-commerce atau kegiatan berdagang melalui platform elektronik menduduki peringkat pertama dalam kegiatan berinternet.
Apa peluang yang dapat anda manfaatkan dari keadaan ini?

a. Berjualan online berpeluang besar dalam mendapatkan uang karena banyak yang berbelanja secara online
b. Berjualan secara langsung di toko fisik kurang menguntungkan
c. Tidak terlalu berpengaruh pada sektor perdagangan
d. Berjualan online semakin memiliki banyak saingan
e. Berjualan offline semakin memiliki sedikit saingan

Jawaban: A

11. Jika anda adalah seorang penjual kue kering di sebuah toko online, maka keyword yang tepat untuk bisa meningkatkan discoverability pada nama produk adalah

a. Aneka cake lumer
b. Keripik singkong bergizi
c. Kue kering nastar keju enak
d. Kue kering lebaran sehat
e. Snack gurih murah

Jawaban: C

12. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Cara penggunaan
2) Foto dari berbagai sisi
3) Pilihan warna
4) Foto utama produk dengan lambang brand

Hal-hal yang dapat anda masukkan di secondary image adalah

a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 1, 2, 3, 4
e. 3 dan 4

Jawaban: A

13. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Tanggal kadaluarsa
2) Ukuran per kemasan
3) Bahan dasar
4) Jenis pengemasan
5) Jumlah per sajian

Jika anda berjualan Frozen food atau makanan yang dibekukan, maka hal-hal yang perlu dituliskan dalam deskripsi produk adalah

a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 2, 3, dan 4
e. Semua benar

Jawaban: E

14. Rata-rata, konsumen membeli roti di toko kue Anda adalah sebesar Rp 35.000,00 dalam satu transaksi. Jika anda ingin membuat promosi gratis ongkir, berapakah sebaiknya minimal pembelian yang diisyaratkan?

a. Rp 42.000,00
b. Rp 45.000,00
c. Rp 52.000,00
d. Rp 55.000,00
e. Rp 57.000,00

Jawaban: B

15. Bayangkan anda berjualan kue kering. Dalam hal marketing dan promosi untuk meningkatkan penjualan, maka hal yang tepat dilakukan adalah

a. Memberikan foto yang jelas dari lima sisi pada hero image
b. Membuat bundle jika membeli tiga produk akan mendapat harga spesial
c. Memastikan kesediaan stok barang
d. Menulis keyword yang spesifik merujuk pada kue yang dijual
e. Semua Jawaban

Jawaban: B

16. Jika anda berjualan pakaian anak, maka bentuk promosi untuk membuat pelanggan semakin mengetahui tampilan produk dan tergiur untuk membeli produk anda adalah

a. Menuliskan keyword “baju anak usia 4-6 tahun”
b. Membalas chat pelanggan dalam waktu kurang dari 30 menit
c. Menuliskan pilihan warna dan ukuran
d. Live streaming yang berisi bagaimana tampilan baju jika dipakai pada anak dan memberi voucher pada saat live
e. Memastikan stok barang tersedia

Jawaban: D

17. Berjualan di e-commerce artinya memudahkan pelanggan anda untuk belanja di setiap waktu. Meski Anda tidak bisa online 24 jam, untuk tetap bisa melayani pertanyaan pelanggan, apa yang sebaiknya anda lakukan?

a. Membuat auto reply atau balasan otomatis atas pertanyaan yang sering diajukan
b. Menuliskan di deskripsi bahwa chat hanya akan dibalas pada jam-jam tertentu
c. Membalas ketika sempat dan meminta maaf karena lambat dalam membalas
d. Membiarkan chat yang sudah terlalu lama untuk tidak dibalas
e. Membalas seperti biasa

Jawaban: A

18. Jika anda berjualan jilbab, maka konten live streaming yang tepat diberikan adalah

a. Tutorial pemakaian jilbab dan memperlihatkan model terbaru
b. Memberi info harga jilbab
c. Memberi info durasi pengiriman jilbab
d. Membahas mengenai proses pengemasan jilbab
e. Mengingatkan penonton untuk membeli jilbab di toko anda

Jawaban: A

19. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan sebuah brand atau merek pada kolom pencarian e-commerce
2) Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan kata benda yang berhubungan dengan produk yang dijual pada kolom pencarian e-commerce
3)Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan nama toko kita pada kolom pencarian e-commerce
4)Melihat jumlah followers dan viewers pada saat live streaming

Cara memeriksa tingkat discoverability toko anda adalah

a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar

Jawaban: A

20. Untuk melihat kecocokan kita dengan bisnis yang dijalankan adalah dengan cara fokus pada 1 kategori bisnis, setidaknya

a. 2 bulan
b. 6 bulan
c. 1 tahun
d. 2 tahun
e. 5 tahun

Jawaban: D

21. Konten yang baik adalah konten…

a. Harus seirama dengan branding
b. Harus mengikuti kebutuhan pelanggan
c. Harus berwarna warni agar tidak membosankan
d. Harus terjadwal
e. Harus menggiring opini pelanggan

Jawaban: A

22. Dibawah ini yang merupakan tujuan diadakannya customer service adalah…

a. Mengelola data pelanggan
b. Membuat infografis untuk mempermudah pemahaman pelanggan
c. Menghitung jumlah barang
d. Mengajak pelanggan untuk membeli
e. Memelihara pelanggan

Jawaban: E

23. Dibawah ini yang termasuk cara mempertahankan bisnis online shop adalah…

a. Fokus pada satu bisnis
b. Menghindari masalah
c. Membuka offline store
d. Memperbanyak kategori bisnis
e. Membagi startegi bisnis untuk merangsang pertumbuhan online shop di Indonesia

Jawaban: A

24. Jika bisnis online shop memiliki target audiens berusia lebih tua dari kalangan profesional, maka platform chat yang tepat adalah…

a. WhatsApp
b. Line@
c. Telegram
d. WeChat
e. Facebook Messenger

Jawaban: A

25. Cara memilih influencer yang lebih tepat adalah…

a. Pilih influencer dengan followers yang cukup tinggi
b. Pilih influencer engagement rate yang cukup tinggi
c. Pilih influencer yang memiliki foto bagus
d. Pilih influencer yang tampan atau cantik
e. Pilih influencer yang aktif membalas komentar follower

Jawaban: B

26. Manakah contoh yang tepat untuk untuk mengaplikasian mindset “Fokus pada satu kategori bisnis online shop?

a. Desi memiliki 2 bisnis makanan, dan 1 bisnis pakaian
b. Desi memiliki bisnis makanan yang dijualkan secara online dan offline
c. Desi memiliki bisnis pakaian yang dijual online dan makanan yang dijual offline
d. Desi berjualan aksesoris. Namun karena kurang terjual, Desi mengganti berjualan hijab
e. Desi berjualan buku sekolah saat bulan Juli-September, dan berjualan perlengkapan haji pada musim haji

Jawaban: B

27. Contoh penulisan Username Instagram yang baik di bawah ini adalah…

a. Hijab 278984
b. Hijab Modern Jakarta
c. Hijab.Jakarta
d. Hijab.modern-jakarta
e. Hij4b.J4k4rt4

Jawaban: C

28. Pengguna Instagram Pria lebih banyak daripada Wanita.
Apakah pernyataan di atas bernilai benar?

a. Benar, Sesuai dari data dari We Are Social (2018), Pengguna Instagram kalangan Pria sebesar 50,5% dan Wanita 49,5%.
b. Benar, pria lebih aktif menggunakan instagram sebagai media sosial mereka
c. Benar, photographer pria lebih banyak sehingga berpengaruh terhadap pengguna instagram
d. Benar, pada tahun 2018 wanita lebih banyak menggunakan twitter
e. Benar, wanita cenderung tidak menggunakan sosial media dalam kehidupannya

Jawaban: A

29. Kelebihan produsen dibandingkan dengan dropshipper dan reseller adalah…

a. Produsen memiliki kontrol penuh terhadap barang yang diproduksi untuk dipasarkan
b. Produsen membutuhkan jumlah karyawan yang lebih sedikit
c. Produsen membutuhkan modal tidak terlalu besar.
d. Produsen memberikan citra negatif online shop di mata industri,
e. Produsen memiliki aset yang bisa diuangkan dibandingkan reseller, dropship dan distributor

Jawaban: A

30. Pernyataan yang salah tentang jumlah Influencer adalah

a. Mega influencer, memiliki jutaan pengikut di Instagram
b. Macro influencer, memiliki lebih dari soo ribu pengikut di Instagram
c. Micro influencer, memiliki kurang dari 100 ribu pengikut di Instagram
d. Nano influencer memiliki lebih dari 50 ribu pengikut di Instagram
e. Micro influencer, memiliki kurang dari 100 ribu pengikut di Instagram

Jawaban: D

Perhatikan urutan dibawah ini!
1) Membuat gambar dan caption produk
2) Menemukan Supplier
3) Suppliermengirimkan barang atas pembeli atas nama dropshipper
4) Mengunggah konten
5) Dropshipper menghubungi supplier
6.) Pembeli datang

31. Urutan yang tepat dalam sistem dropship adalah…

a. 1-2-3-4-5-6
b. 1-3-2-4-5-6
c. 1-3-2-5-4-6
d. 2-1-4-6-5-3
e. 2-1-3-4-5-6

Jawaban: D

32. Langkah pertama dalam melakukan promosi pada online shop adalah…

a. Lakukan promosi 1 minggu sebelum hari puncaknya.
b. Buat campaign yang dibantu oleh Influencers dan followers
c. Promosikan online shop melalui media sosial dan endorsement
d. Lakukan riset kompetitor
e. Gunakan content calendar untuk menjadwalkan konten promosi

Jawaban: D

33. Nina menghitung anggaran pengeluaran selama 1 tahun, dan menentukan target penjualan setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan estimasi keuntungan yang diperoleh selama 1 tahun.
Cara yang dilakukan Nina termasuk dalam mindset…

a. Start Small & Think Big
b. Melakukan perencanaan
c. Strategi pemasaran dan penjualan
d. Membuat goal dengan limit
e. Berfikir jangka pendek

Jawaban: A

34. Kelemahan whatsapp dibandingkan dengan Line@ sebagai platform customer service adalah….

a. WhatsApp tidak memungkinkan untuk menyebarkan promo produk
b. Whatsapp tidak memiliki sticker
c. Whatsapp terbatas dalam jumlah teks sebuah pesan
d. Jumlah pengguna whatsapp yang sedikit di Indonesia
e. Pengguna whatsapp memiliki nomor berbeda dengan nomor aktif

Jawaban: A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *