Kunci Jawaban Exam Sukses Beriklan di Google Ads

Posted on

Kunci Jawaban Exam Sukses Beriklan di Google Ads

Kunci Jawaban Exam Sukses Beriklan di Google Ads

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Sukses Beriklan di Google Ads” yang ada di platform Skill Academy.

Bagi kalian yang ingin mempelajari dunia periklanan digital sangat direkomendasikan mengambil kelas ini. Disini kalian akan mempelajari Google Search Ads, Google Display Ads, hingga Video Ads.

Bukan cuma itu, Kalian juga akan mempelajari cara pembuatan iklan yang tepat dan efektif untuk mendapatkan pelanggan. Dengan mengikuti kelas ini, nantinya kalian diharapkan dapat memasarkan produk yang kalian miliki secara luas di Internet.

Kunci Jawaban Sukses Beriklan di Google Ads

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Mid Test – Introduction

1. Berikut ini yang bukan keuntungan dari beriklan di Google Ads adalah…

a. Program periklanan yang fleksibel
b. Meningkatkan efektivitas promosi produk
c. Memberikan kemudahan dalam mengukur kesuksesan bisnis
d. Menampilkan iklan yang tidak relevan dengan produk
e. Meningkatkan penjualan produk

Jawaban: D

2. Google Ads merupakan platform periklanan online yang disediakan Google untuk mempromosikan sebuah produk.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Beberapa inventory Google yang memungkinkan munculnya iklan Google Ads yaitu YouTube, Google Search, dan Gmail.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Tujuan pertama dari mengikuti kelas Sukses beriklan di Google Ads adalah…

a. Melakukan pengaturan tujuan iklan dengan tepat
b. Mengetahui jenis dan tipe iklan di Google Ads
c. Menguasai konsep di Google Ads
d. Cara mengukur dan meningkatkan iklan di Google Ads
e. Cara membuat iklan di Google Ads

Jawaban: C

5. Memilih keyword produk yang tepat merupakan salah satu cara membuat iklan di Google Ads.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Mid Test – Konsep Iklan Google Ads

1. Berdasarkan hasil survel, 80 persen orang yang melihat iklan secara offline, akan melakukan pencarian kembali di Google.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

2. Salah satu manfaat dari Google Ads yaitu ROL. Return on Investment (ROI) adalah…

a. Jangkauan produk yang global
b. Relevansi pencarian informasi produk
c. Target pemasaran yang lebih spesifik
d. Efektivitas iklan agar dapat mengalokasikan budget dengan tepat
e. Ketertarikan pengguna dalam mengakses informasi pada Google Search

Jawaban: D

3. Salah satu tujuan beriklan di Google Ads yaitu meningkatkan jumlah orang yang melakukan registrasi ke website yang dibuat.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Menargetkan orang-orang yang sudah menjadi potential customer untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi produk merupakan set objective pada level…

a. Top of Funnel
b. Middle of Funnel
c. Bottom of Funnel
d. Awareness
e. Action

Jawaban: B

5. Apabila tujuan beriklan di Google Ads untuk meningkatkan traffic atau kunjungan ke website, maka metode pembayaran yang dapat digunakan yaitu…

a. Cost per acquisition
b. Cost per impression
c. Cost per conversion
d. Cost per sales
e. Cost per click

Jawaban: E

Mid Test – Membuat Iklan dengan Google Search Ads

1. Berikut ini beberapa keunggulan dari iklan Google Search, kecuali…

a. Iklan lebih tertarget
b. Iklan tidak memerlukan creative banner
c. Iklan hanya muncul ketika melakukan pencariat kata kunci
d. Sangat bagus untuk meningkatkan konversi
e. Dapat meningkatkan penjualan produk

Jawaban: C

2. Perhatikan urutan-urutan berikut!

1) Keyword dari kompetitor yang sesuai dengan produk yang dijual
2) Keyword yang berhubungan dengan nama perusahaan atau produk yang dijual
3) Keyword yang secara tidak langsung berhubungan dengan produk yang dijual
4) Keyword yang memiliki keterkaitan dengan produk yang dijual

Urutan membuat kata kunci yang sesuai dengan Tabel Kategori Keyword adalah…

a. 1-2-3-4
b. 2-4-1-3
c. 2-1-3-4
d. 3-1-2-4
e. 4-1-2-3

Jawaban: B

3. Yang bukan termasuk tipe tipe Keyword Google Ads yaitu…

a. Broad Match
b. Phrase Match
c. Exact Match
d. Positive Keyword
e. Negative Keyword

Jawaban: D

4. Susi ingin menjual piano sehingga ia membuka toko piano dan mempunyai website untuk menjual pianonya. Pada saat ini, Susi berkeinginan untuk menjalankan campaign nya di Google Ads. Hal pertama yang harus dilakukan Susi untuk menjalankan campaign-nya adalah…

a. Membuat text iklan Google Ads
b. Membuat AdGroup level
c. Membuat level setting campaign
d. Membuat keyword pada setiap AdGroup
e. Membuat akun Google dengan Gmail untuk membuat iklan Google Ads

Jawaban: E

5. Bahasa iklan yang ingin digunakan tidak terdapat pada Setting level campaign di dalam Google Ads.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Membuat Iklan dengan Google Display Ads

1. Google Display Ads sangat tepat digunakan untuk membangun objective awareness dan mempromosikan produk yang diiklankan.
SEBAB
Google Display Ads memiliki jangkauan yang cukup luas dan sifatnya yang visual.

a. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: A

2. Harga iklan cost per click Google Search Ads lebih murah dibandingkan dengan Google Display Ads.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

3. Berdasarkan inventory kemunculan, iklan Google Display Network dapat dilihat pada beberapa inventory kecuali…

a. Gmail
b. YouTube
c. Jaringan Admob/Doubleclick
d. Publisher atau website yang tidak bekerjasama dengan Google
e. Semuanya benar

Jawaban: D

4. Menargetkan artikel website yang membahas mengenai kategori yang sesuai dengan produk kita adalah pengertian dari…

a. Targeting Basic
b. Targeting Audience
c. kontekstual Placement Targeting
d. Konstekstual Topic Targeting
e. kontekstual Keyword Targeting

Jawaban: E

5. Salah satu tujuan dari targeting remarketing yaitu menargetkan kembali orang yang sudah masuk ke dalam website yang dibuat.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Mid Test – Mengenal Video Ads

1. YouTube merupakan platform mesin pencarian terbesar dibandingkan dengan Google Search.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

2. Berikut ini yang tidak termasuk waktu yang tepat untuk beriklan di YouTube Ads adalah…

a. Ketika ingin membangun objektif awareness produk
b. Ketika produk memiliki visual yang cukup kuat
c. Apabila memiliki konten promosi yang cukup panjang
d. Apabila target audience berusia antara 18 – 44 tahun
e. Apabila konten promosi produk lebih banyak memuat teks

Jawaban: E

3. Perhatikan urutan berikut!
(1) iklan produk berupa video
(2) Memiliki target audience dan topik kategori
(3) Iklan hanya berdurasi 6 detik
(4) Model pembelian iklan dengan reservasi

Berikut ini yang merupakan ciri dan cara kerja dari Bumper Ads yaitu…

a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (1), (2), dan (3)
e. Semuanya benar

Jawaban: D

4. Discovery Ads merupakan bagian dari True View Ads dan bekerja berdasarkan kata kunci seperti iklan di Google Search.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Biaya iklan yang dikenakan jika iklan sudah mencapai 1000 kali penayangan merupakan metode pembayaran Video Ads di bawah ini yaitu…

a. Cost per view
b. Cost per keyword
c. Cost per mile impression
d. Cost per reservation
e. Cost per observation

Jawaban: C

Mid Test – Mengukur Kesuksesan Iklan pada Google Ads

1. Berikut ini yang termasuk metrik pengukuran dari Middle of Funnel yaitu…

a. Reach
b. Impressions
c. View
d. Engagement
e. Conversions

Jawaban: D

2. Cost per Acquisition dapat digunakan untuk mengukur cost Bottom of Funnel.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Pengukuran berdasarkan jumlah penayangan iklan di Google merupakan pengertian dari…

a. Reach
b. Impressions
c. View
d. Engagement
e. Conversions

Jawaban: B

(1) Cost per click
(2) Cost per view
(3) Cost per mile impressions
(4) Cost per engagement
(5) Cost per conversions

4. Yang termasuk cara mengukur efektivitas cost yang dikeluarkan pada level awareness (Top of Funnel) yaitu…

a. (1) dan (3)
b. (2) dan (3)
c. (1) dan (4)
d. (3) dan (4)
e. (2) dan (5)

Jawaban: B

5. Conversion tracking digunakan untuk mengetahui jumlah keuntungan yang didapatkan dari penjualan produk.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Meningkatkan Kesuksesan Google Ads

1. Berdasarkan trend yang sedang berkembang. Google lebih mengarahkan targeting pada audience.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

2. Untuk meningkatkan optimasi atau performa targeting audience dapat menggunakan teknologi cookies.
SEBAB
Cookies menyediakan informasi berupa lokasi, kesukaan/interest, dan demografis dari setiap pengunjung.

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
c. Jika pernyataan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban: A

3. Yang termasuk penerapan teknik optimasi pada level Campaign optimization yaitu…

a. Melakukan pengaturan bidding sesuai objektif
b. Memastikan status approve diterima oleh Google
c. Melakukan pengaturan jam tayang iklan
d. Melakukan pemantauan pada setiap metrik yang digunakan
e. Memperhatikan penggunaan keyword yang digunakan

Jawaban: C

4. Jika saya memiliki dua campaign yaitu campaign Google Search dan Google Display Network dan selama tiga hari berjalan, ternyata campaign pada Google Search lebih banyak menghasilkan konversi sehingga saya dapat mengalokasikan budget yang optimal ke Google Search.
Situasi di atas merupakan aplikasi dari penerapan teknik optimasi pada level…

a. Campaign Optimization
b. AdGroup Optimization
c. Keyword Optimization
d. Ads Optimization
e. Budget Optimization

Jawaban: A

5. Memperbaharui iklan secara berkala agar performa iklan lebih baik dari sebelumnya merupakan penerapan pada level keyword optimization.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Exam

1. Alasan utama perlunya beriklan di Google Ads adalah…

a. Harga yang murah
b. Target siapa saja
c. Jangkauan iklan yang luas
d. Waktu tayang kapan saja

Jawaban: C

2. “Iklan muncul karena adanya pencarian akan suatu informasi” merupakan manfaat Google ads dari?

a. Reach
b. Relevant
c. ROI
d. Search

Jawaban: B

3. Iklan yang muncul pada platform Gmail di bagian tab promotions merupakan tipe iklan…

a. Google Search Ads
b. Google Display Network (GDN)
c. Gmail Sponsored Promotion (GSP)
d. Youtube Ads

Jawaban: C

4. Dibawah ini yang bukan tujuan atau goals beriklan di Google adalah…

a. Meningkatkan traffic
b. Meningkatkan jumlah leads
c. Meningkatkan sales
d. Meningkatkan invest

Jawaban: D

5. Untuk tujuan meningkatkan jumlah leads atau consideration dilakukan pada level…

a. Top of Funnel
b. Middle of Funnel
c. Bottom of Funnel
d. Lower of Funnel

Jawaban: B

6. Jika tujuan beriklan adalah meningkatkan jumlah tayangan, maka sistem pembayaran iklan yang lebih baik digunakan adalah…

a. Cost per impression
b. Cost per click
c. Cost per acquistion
d. Cost per conversion

Jawaban: A

7. Dibawah ini yang memiliki kemungkinan besar mendapatkan iklannya di posisi pertama adalah…

a. Perusahaan A
b. Perusahaan B
c. Perusahaan C
d. Perusahaan D

Jawaban: D

8. Pernyataan dibawah ini yang paling tepat tentang Google Search Ads adalah…

a. Iklan memerlukan creative banner
b. Sangat cocok untuk goal awareness
c. Jangkauan iklan lebih kecil dibanding GDN
d. Memiliki regulasi yang tidak ketat

Jawaban: C

9. Iklan hanya muncul ketika kata kunci yang ditargetkan sama persis dengan yang dicari audiens merupakan tipe keyword?

a. Broad Match
b. Phrase Match
c. Exact Match
d. Negative Keyword

Jawaban: A

10. Untuk melakukan setting billing, user access dan preference pada iklan, dilakukan pada level…

a. Account
b. Campaign
c. Ad Group
d. Keyword Ads

Jawaban: A

11. Langkah pertama dalam membuat iklan tipe Google search ads adalah…

a. Membuat akun Gmail
b. Membuat text iklan
c. Menyiapkan kartu kredit
d. Memasukkan keyword

Jawaban: A

12. Cara kerja kemunculan iklan GDN adalah berdasarkan

a. Keyword
b. Targeting
c. Bidding
d. Materi iklan

Jawaban: B

13. Dibawah ini yang bukan jenis iklan GDN berdasarkan format iklannya adalah…

a. Format image
b. Format Responsive Display Ads
c. Format Rich Media Banner
d. Format video

Jawaban: D

14. Targeting audience iklan berdasarkan konteks website merupakan jenis targeting…

a. Basic
b. Contextual
c. Audience
d. Remarketing

Jawaban: B

15. Berapa waktu yang dibutuhkan oleh google untuk melakukan review iklan yang di upload?

a. 1 x 2 jam
b. 1 x 12 jam
c. 1 x 24 jam
d. 1 x 48 jam

Jawaban: C

16. YouTube ads cocok digunakan jika…

a. Memiliki objektif untuk conversion
b. Konten promosi cukup panjang
c. Target audience berusia lanjut
d. Bentuk iklan berbentuk banner

Jawaban: B

17. Iklan yang berbentuk banner besar di halaman awal YouTube merupakan tipe iklan…

a. True View Ads
b. Pre Roll Ads
c. Bumper Ads
d. YouTube Masthead

Jawaban: D

18. Sistem pembayaran yang digunakan untuk iklan tipe YouTube Masthead adalah…

a. Cost Per View
b. Cost Per Mile
c. Cost Per Reservation
d. Cost Per Conversion

Jawaban: C

19. Metrik yang diukur pada level Bottom of Funnel adalah…

a. Reach
b. Impression
c. Engagement
d. Conversion

Jawaban: D

20.Script yang disediakan oleh Google Ads untuk dipasangkan pada halaman pembelian, agar Google dapat mengetahui transaksi yang terjadi biasa disebut…

a. Conversion script
b. Conversion tracking
c. Script ads
d. Script transaction

Jawaban: B

21. Dibawah ini yang tidak termasuk optimasi iklan di Google Ads adalah…

a. Campaign Optimization
b. AdGroup Optimization
c. Keyword Optimization
d. Audience Optimization

Jawaban: D

22. Google dapat mengetahui dengan detail profile audience di internet melalui…

a. Cookies
b. History search
c. Script audience
d. Profil audiens

Jawaban: D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *