Kunci Jawaban Exam Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Posted on

Kunci Jawaban Exam Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung” yang ada di platform Skill Academy.

Setelah menyelesaikan pelatihan, kalian diharapkan mampu menjelaskan strategi pemasaran destinasi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kunci Jawaban Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Exam

1. Manakah di bawah ini yang termasuk salah satu karakteristik pasar destinasi pariwisata…

a. Sensitif terhadap perubahan lingkungan
b. Harus dapat dikunjungi
c. Tidak berwujud
d. Berbeda-beda
e. Saling melengkapi

Jawaban: B

2. Manakah urutan yang benar dari daur hidup produk destinasi…

a. Rejuvenation-Decline-Stagnation-Consolidation-Development-Involvement-Exploration
b. Rejuvenation-Decline-Stagnation-Consolidation-Development-Exploration-Involvement
c. Exploration-Involvement-Development-Consolidation-Stagnation-Decline-Rejuvenation
d. Involvement-Exploration-Development Consolidation-Stagnation-Decline-Rejuvenation
e. Development-Consolidation-Stagnation-Decline-Rejuvenation-Involvement-Exploration

Jawaban: C

3. Tahap kedua dalam proses riset pasar dan pemasaran adalah…

a. Menyiapkan laporan penelitian
b. Menganalisis data
c. Mengumpulkan data
d. Mendefinisikan permasalahan dan
e. Menentukan desain penelitian

Jawaban: E

4. Destinasi A mengelompokkan destinasi B dan sebagai destinasi yang dekat dan memiliki produk yang berbeda. Hal yang dilakukan destinasi A adalah segmentasi….

a. Pesaing
b. Pelanggan Perantara
c. Destinasi Pelengkap
d. Geografis
e. Demografis

Jawaban: C

5. Enjoy Jakarta, Explore Makassar, Friendly Lombok merupakan contoh….

a. Positioning statement
b. Identitas merek
c. Marketing mix
d. Segmenting
e. Targeting

Jawaban: C

Manakah urutan yang benar dari tahapan perilaku pengunjung dalam proses pembeliannya…

a. Pengenalan kebutuhan-Mencari informasi-Evaluasi alternatif sebelum membeli-Membeli-Konsumsi di destinasi-Evaluasi setelah membeli-Mengingat dan berbagi
b. Membeli-Konsumsi di destinasi-Evaluasi setelah membeli-Mengingat dan berbagi-Pengenalan kebutuhan-Mencari informasi-Evaluasi alternatif sebelummembeli
c Mengingat dan berbagi-Membeli-….
d. Membeli-Mencari informasi-dan berbagi-…

Jawaban: A

7. Biro Perjalanan Wisata Maju Sukses memiliki reputasi yang baik, jenis usaha yang sesuai, dan loyalitas yang tinggi terhadap destinasi A. Kriteria yang dimiliki Biro Perjalanan Wisata Maju Sukses
tersebut, termasuk kriteria penetapan target pasar…

a. Pelanggan perantara
b. Pelanggan akhir
c. Pesaing
d. Pelengkap
e. Pelanggan tetap

Jawaban: A

8. Merek destinasi A sangat mudah dikenali dan diingat. Artinya merek destinasi A telah memenuhi prinsip menyusun elemen merek, yaitu…

a. Meaningful
b. Memorable
c.Transferable
d. Protectable
e. Adaptable

Jawaban: B

9. Destinasi A membuat mug, tas, kalender, payung, dan gantungan kunci dengan logo atau merek destinasi A. Yang dilakukan destinasi A termasuk elemen komunikasi pemasaran….

a. Relasi publik
b. Event sponsorship
c. Digital
d. Merchandising
e. Periklanan

Jawaban: D

10. Destinasi B mencari informasi tentang kekuatan dan kelemahan destinasi. Kegiatan yang dilakukan destinasi B merupakan…

a. Analisis situasi
b. Pengamatan Lingkungan
c. Pengendalian
d. Evaluasi
e. Implementasi strategi

Jawaban: A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *