Kunci Jawaban Pre-Exam, Mid Test Hingga Exam Strategi Efektif Untuk Menjual Apapun Dengan Mudah

Posted on

Kunci Jawaban Pre-Exam, Mid Test Hingga Exam Strategi Efektif Untuk Menjual Apapun Dengan Mudah

Kunci jawaban lengkap mulai dari pre-exam, mid test hingga exam dalam kelas pelatihan strategi efektif untuk menjual apapun dengan mudah. Sebenarnya soal-soal yang ada cukup mudah untuk dikerjakan asalkan kalian menyimak video pelatihan dari awal hingga akhir.

Sebelum mengerjakan soal, kalian harus mengetahui bahwa ada minimal passing grade dengan nilai 80.

  • Pre-Exam harus menjawab benar 8 dari 10 soal.
  • Mid Test harus menjawab benar 4 dari 5 soal.
  • Exam harus menjawab benar 12 dari 15 soal.

Apa yang terjadi, jika kalian tidak lolos passing grade maka kemungkinan sertifikat tidak akan keluar sehingga insentif kartu prakerja juga tidak dapat dicairkan.

Kunci Jawaban Strategi Efektif Untuk Menjual Apapun Dengan Mudah

Untungnya mimin, udah ngerjain semua soal tersebut untuk kalian, langsung aja tanpa berbasa-basi simak soalnya dibawah ini. Disini urutan soal biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Pre – Exam

1. Dalam bernegosiasi, tahapan ketika kedua belah pihak saling menyatakan posisi dan menjelaskan adalah tahapan ?

A. Preparation and Planning

B. Definition and Ground rules

C. Clarification and Justification

D. Bergaining and Problem Solving

Jawaban: B

2. Dalam suatu negosiasi, pihak lawan berkata “Ini adalah tawaran terakhir saya”. Tindakan yang tepat agar ia bersedia memberikan kelonggaran adalah ?

A. Menyatakan bahwa tawaranmu juga merupakan tawaran terakhirmu

B. Menawarkan lebih banyak tradables

C. Menggunakan taktik anchoring

D. Menyetujui tawaran terakhirnya

Jawaban: B

3. Bagaimana cara mencari kebutuhan yang paling dicari prospek ?

A. Menggali pertanyaan lebih dalam

B. Menyurvei prospek dan mencari tahu gaya hidupnya

C. Memberikan testimoni-testimoni dari customer

D. Memberikan presentasi detail dari produk yang ditawarkan

Jawaban: B

4. Dalam menggali kebutuhan prospek, apa yang paling penting harus ditanyakan ?

A. Keadaan & kondisi prospek saat ini

B. Mengapa prospek harus membeli produk yang ditawarkan

C. Masalah yang ada terjadi pada prospek

D. Apa yang diinginkan prospek ke depannya

Jawaban: C

5. Salah satu teknik bernegosiasi adalah mengetahui kapan harus meninggalkan sebuah negosiasi.

Diantara pilihan berikut yang termasuk situasi tidak tepat untuk meninggalkan negosiasi adalah ?

A. Ketika pihak lawan berbohong

B. Ketika pihak lawan bersikeras dengan tawaran terakhirnya

C. Ketika tawaran terakhir pihak lawan lebih buruk dari limitmu

D. Ketika pihak lawan tidak mau berbagi informasi yang dibutuhkan

E. Ketika emosi sudah terlibat

Jawaban: B

6. Adi memiliki perusahaan yang memproduksi baju, ia hendak membeli mesin jahit dengan jumlah yang banyak sebagai alat produksi jangka panjang.

Strategi negosiasi yang tepat agar Adi mendapatkan harga yang lebih murah dari penjual mesin jahit adalah ?

A. Avoidance

B. Accomodation

C. Compromise

D. Competition

Jawaban: D

7. Setelah melakukan riset, kamu tahu bahwa harga mobil merk X berada di kisaran harga 250-300 juta. Kamu berharap dapat membeli mobil tersebut di angka 250 kebawah. Limitmu adalah 320 juta. Maka tawaran pembuka yang paling masuk akal adalah ?

A. 90 – 110 juta

B. 270 – 300 juta

C. 100 – 120 juta

D. 200 – 230 juta

Jawaban: D

8. Selling yourself adalah bagian penting dalam sukses menjual. Apa saja yang termasuk apek-aspek selling yourself ?

A. Product knowledge dan customer knowledge

B. Latar belakang customer dan keunggulan produk

C. Kemauan keras dan semangat

D. Cara berjabat tangan, sikap diri, cara berpakaian dan kesan pertama

Jawaban: D

9. Kesalahan fatal apa di awal yang menyebabkan sales tidak mendapatkan closing dari prospek ?

A. Tidak hafal product knowldege

B. Tidak mengerti cara closing

C. Tidak mengetahui perbedaan prospek dengan suspek

D. Tidak memberikan kartu nama

Jawaban: C

10. Apa definisi selling dengan pola pikir yang benar ?

A. Menjual produk kepada prospek

B. Menawarkan produk kepada prospek

C. Membantu prospek mendapatkan apa yang mereka butuhkan

D. Menjelaskan produk kepada prospek untuk beli

Jawaban: C

Mid Test Pola Pikir Sales

1. Salah 1 rumus sukses dalam melakukan penjualan yaitu believe x learning x action = Goal.

Apakah rumus diatas sudah benar

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Rumus sukses dalam melakukan penjualan yaitu believe x learning x action = Goal.

  • Believe berarti keyakinan untuk berhasil.
  • Learning berarti terus belajar.
  • Action berarti tindakan konkret untuk mencapai tujuan.

2. Saat awal bekerja menjadi seorang sales, Rima belum bisa mencapai target penjualan yang ditetapkan perusahaan. Namun atasan Rima memberikan kesempatan ia untuk dapat lebih baik. Oleh karena itu, Rima berusaha untuk bertanya dan mencari tahu kepada sesama teman atau bahkan atasannya, bagaimana mereka bisa mampu mencapai target ?

Tindakan yang dilakukan Rima sudah mencerminkan salah satu rumus sukses yaitu ?

A. Believe

B. Action

C. Grooming

D. Learning

E. Teaching

Pembahasan:

Jawaban: D. Learning

Rumus atau formula sukses terdiri dari believe x learning x action = Goal.

Hal yang Rima lakukan sudah mencerminkan learning. Karena ia mencoba untuk mencari tahu dan bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman darinya.

3. Perhatikan pernyataan berikut ini :

  1. Tidak takut dengan adanya perubah
  2. Tidak takut untuk terus mencoba
  3. Hindari pikiran “saya sudah tahu”
  4. Tidak mudah menyerah

Manakah yang termasuk mindset sukses seorang sales ?

A. Pernyataan 2 dan 4

B. Pernyataan 1 dan 3

C. Pernyataan 1, 2 dan 3

D. Semua benar

Pembahasan:

Jawaban: B. Pernyataan 1 dan 3

Mindset sukses seorang sales:

  1. Tidak takut dengan adanya perubahan
  2. Hindari pemikiran “saya sudah tahu”

Sukses formula: believe x learning x action = Goal

4. Saat pandemi seperti sekarang ini, banyak profesi yang harus mengganti pola kerja mereka. Begitupun juga dengan sales. Biasanya kamu bisa bertemu secara tatap muka dengan prospect, namun kini kamu hanya bertemu melalui aplikasi online meeting. Keadaan ini tidak membuat kamu khawatir dan resah akan kehilangan prospect.

Mindset apakah yang dicerminkan dalam pernyataan diatas ?

A. Tidak memiliki pola pikir “saya sudah tahu”

B. Tidak takut dengan adanya perubahan.

C. Pantang menyerah.

D. Bersikap baik dan ramah kepada prospect.

E. Berpenampilan menarik.

Pembahasan:

Jawaban: B. Tidak takut dengan adanya perubahan.

Salah satu mindset yang harus dimiliki seorang sales adalah tidak takut dengan adanya perubahan. Karena perubahan adalah hal yang wajar terjadi dan memang sulit diawal tapi akan terbiasa nantinya.

5. Kamu memang memiliki cukup banyak pengetahuan di bidang sales. Tetapi kendala yang sering dihadapi adalah, pengetahuan yang dimiliki tak kunjung direalisasikan. Oleh karena itu, hindari memiliki mindset “saya sudah tahu”.

Bagaimana pernyataan diatas ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Mindset yang harus dihindari oleh seorang sales yaitu, memiliki pikiran “saya sudah tahu”. Karena biasanya ilmu atau pengetahuan yang didapat tidak kunjung dilaksanakan.

Mid Test Persiapan Menjadi Sales

1. Berikut ini adalah contoh-contoh perilaku sales.

  1. Selalu berusaha mendengarkan komentar dan pertanyaan pelanggan.
  2. Meyakinkan diri sendiri bahwa ia bisa menjual produk.
  3. Merasa bangga dan percaya diri karena memiliki prestasi.
  4. Berpenampilan menarik saat prospek agar dipercaya calon pelanggan.

Dari perilaku diatas, manakah yang termasuk mindset sales sukses ?

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 4

E. 2 dan 4

Pembahasan:

Jawaban: B. 2 dan 3

4 mindset sales sukses adalah:

  • Afirmasi diri
  • Memiliki dukungan dari orang sekitar
  • Percaya diri dengan prestasi diri
  • Yakin dengan produk yang dijual

Pernyataan nomor 1 termasuk attitude sales, sementara pernyataan nomor 4 termasuk first impression yang sebaiknya ditunjukkan sales.

2. Memiliki keyakinan akan kemampuan diri, dan terus memberikan motivasi kepada diri sendiri. Seperti berpikir “saya pasti bisa” adalah mindset yang harus dimiliki oleh seorang sales.

Bentuk mindset seperti apakah yang dimaksud dalam pernyataan diatas.

A. Percaya diri dengan prestasi yang dimiliki.

B. Mendapatkan dukungan atau support dari orang terdekat.

C. Afirmasi diri.

D. Percaya diri dengan produk yang ditawarkan.

E. Tidak takut dengan adanya perubahan.

Pembahasan:

Jawaban: C. Afirmasi diri

Afirmasi diri yaitu menyebutkan kata-kata atau kalimati positif yang diucapkan untuk diri sendiri. Ini bertujuan untuk memunculkan pemikiran positif dalam diri.

3. Penampilan yang rapi dan menarik tentu diperlukan oleh seorang sales. Karena penampilan akan mempresentasikan produk yang akan kamu jual. Ada beberapa hal dalam penampilan yang harus kamu perhatikan seperti pakaian, potongan rambut, postur tubuh, dan mencoba menggunakan parfum.

Apakah dengan berdandan seperti diatas, akan membuat first impression kamu baik di mata prospect ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Penampilan saat first impression akan sangat dilihat oleh calon prospect. Oleh karena itu, cobalah untuk memperhatikan penampilan, agar produk yang akan kamu jual juga menarik di mata prospect.

4. First impression yang baik dan attitude yang sopan adalah 2 dari 3 cara agar seorang sales dapat sukses menjual produk dan mencitrakan dirinya. Cara lain yang belum disebutkan yaitu ?

A. Selling and teaching

B. Selling and coaching

C. Telling and teaching

D. Selling and telling

E. Teaching and coaching

Pembahasan:

Jawaban: D. Selling and telling

Selling dan telling adalah dua hal yang berbeda. Kemampuan telling memang diperlukan, tetapi  akan lebih baik jika seorang sales juga memiliki kemampuan selling yang baik.

5. Support system dari orang terdekat tidak ada pengaruhnya kepada pembentukan mindset sukses seorang sales.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Dukungan dari orang-orang terdekat seperti teman, keluarga, sahabat, pasangan atau bahkan atasan dapat memperkuat munculnya mindset positif dan keyakinan dalam diri bahwa kita pasti bisa.

Mid Test Tipe Sales

1. Defini dari selling adalah…

A. Membantu prospek mencari merek lain.

B. Membantu prospek untuk mendapatkan sales lain.

C. Membantu prospek untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

D. Membuat prospek membeli produk dengan terus menerus menghubunginya

E. Membuat prospek menyimpan segala informasi mengenai produk

Pembahasan:

Jawaban: C. Membantu prospek untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Tugas seorang sales adalah membantu prospek untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Bukan dengan dorongan ataupun paksaan, namun dengan konsep membantu.

2. Ada berapakah tipe sales of person ?

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

Pembahasan:

Jawaban: D. 4

Tipe sales of person ada 4 yaitu :

  1. Order taker
  2. Product pusher
  3. Over seller
  4. Problem solver

3. Tipe sales apakah yang membantu prospek untuk mendapatkan kebutuhannya ?

A. Order taker

B. Product pusher

C. Over seller

D. Problem solver

E. Semua benar

Pembahasan:

Jawaban: D. Problem solver

Tipe sales problem solver merupakan sales yang paling dibutuhkan oleh para prospek, karena mereka akan merasa terbantu oleh sales yang akan memberikan solusi dari apa yang dibutuhkan oleh prospek.

4. Dari 4 tipe sales yang ada, manakah tipe yang paling baik untuk meningkatkan penjualan ?

A. Order taker

B. Product pusher

C. Over seller

D. Problem solver

E. Semua benar

Pembahasan:

Jawaban: D. Problem solver

Sales yang baik adalah ia yang bisa membantu prospek untuk menemukan dan mendapatkan kebutuhannya.

5. Product pusher adalah tipe sales yang sering memberikan banyak janji kepada prospeknya. Biasanya, ia akan menawarkan banyak keuntungan jika prospek mau membeli produk mereka.

Bagaimana pernyataan diatas ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Yang dimaksud dalam soal adalah tipe sales dengan over seller. Karena ia menawarkan janji-janji pada prospeknya.

Mid Test Menemukan Prospek

1. Suspek adalah orang yang membutuhkan produk yang kita tawarkan dengan sesegera mungkin. Sedangkan prospek adalah seseorang yang kita asumsikan mampu membeli produk yang kita tawarkan.

Bagaimana pernyataan diatas ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Pengertian suspek dan prospek dalam pernyataan diatas itu terbalik.

Suspek adalah seseorang yang diasumsikan akan membeli produk.

Prospek adalah seseorang yang benar-benar membutuhkan produk kita, bahkan dalam sesegera mungkin.

2. Perhatikan pernyataan dibawah ini:

  1. Orang tersebut sedang membutuhkan produk kamu.
  2. Orang tersebut butuh untuk membeli produk kamu sesegera mungkin.
  3. Produk yang kamu tawarkan adalah solusi untuk mereka.
  4. Orang yang kamu asumsikan akan membeli produk kamu.

Dari keempat pernyataan diatas, manakah yang termasuk dalam kategori prospek ?

A. Pernyataan 1, 2 dan 3

B. Pernyataan 1 dan 3

C. Pernyataan 2 dan 4

D. Pernyataan 1 saja

E. Semua benar

Pembahasan:

Jawaban: A. Pernyataan 1, 2 dan 3

Ciri-ciri prospek:

  1. Orang yang membutuhkan produk yang ditawarkan.
  2. Produk tersebut adalah solusi untuk mereka.
  3. Kebutuhan untuk membeli sekarang atau sesegera mungkin.

3. Kamu adalah sales properti yang menjual rumah dengan konsep minimalis dan harga yang terjangkau.

Suspek 1

  • Sudah memiliki investasi properti sebelumnya.
  • Tidak mementingkan perbedaan harga, yang penting fasilitas yang akan didapatkan.
  • Tidak masalah jika harus membayar langsung.

Suspek 2

  • Mereka akan membeli rumah untuk dijadikan tempat tinggal.
  • Sangat mementingkan harga dan cicilan per bulan.
  • Memanfaatkan fasilitas KPR.

Dari kedua suspek tersebut, manakan menurut kamu yang cocok sebagai prospek ?

A. Suspek 1

B. Suspek 2

Pembahasan:

Jawaban: B. Suspek 2

Sebagai seorang sales, kamu harus bisa menentukan mana prospek yang tepat untuk produk kamu. Dalam kasus ini, kamu akan menjual rumah dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, prospek yang paling tepat ada di pilihan kedua.

4. Perhatikan pernyataan dibawah ini:

  1. Minim memberikan tanggapannya.
  2. Banyak bertanya.
  3. Fokus mendengarkan penjelasan yang disampaikan sales.
  4. Butuh waktu atau bertanya untuk menentukan pilihan.

Dari keempat pernyataan tadi, manakah yang termasuk ke dalam ciri-ciri seorang prospek ?

A. Pernyataan 1, 2 dan 3

B. Pernyataan 2 dan 4

C. Pernyataan 2 dan 3

D. Pernyataan 1 dan 3

E. Semua benar

Pembahasan:

Jawaban: C. Pernyataan 2 dan 3

Ciri-ciri seorang prospek:

  1. Banyak bertanya.
  2. Fokus mendengarkan.
  3. Memberikan tanggapan yang positif.
  4. Ingin cepat deal.

5. Kamu adalah seorang sales produk skin care lokal. Suatu hari, kamu menawarkan produk kepada sekelompok mahasiswa yang sedang jalan-jalan di mall. Saat kamu menjelaskan, mereka banyak bertanya  dan memberikan tanggapannya. Lalu, saat kamu mengatakan akan ada diskon jika mereka membeli saat ini juga. Mereka langsung tertarik dan membeli produk kamu.

Apakah sekelompok mahasiswa ini termasuk ke dalam prospek yang tepat ?

A. Ya

B. Tidak

Pembahasan:

Jawaban: A. Ya

Dalam kasus ini, sekelompok mahasiswi terlihat antusias saat mendengarkan presentasi dan langsung memutuskan untuk membeli produk.

Mid Test Identifikasi Customer

1. Salah satu cara untuk menemukan kebutuhan prospek adalah dengan memberikan solusi atau peluang baru kepada mereka. Hal ini dilakukan untuk men-trigger pemikiran prospek dan akhirnya ia menyadari jika membutuhkan itu.

Bagaimana pernyataan diatas ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Seorang sales harus mampu menawarkan peluang yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh prospek, namun sebenarnya prospek membutuhkan hal tersebut.

2. Andi adalah seorang graphic designer. Ia mau menawarkan jasa membuat brosur digital atau mengajarkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Target prospek Andi adalah pemilik usaha.

Kebutuhan prospek yang bisa membantu Andi ialah…

A. Brosur digital dapat menaikkan penjualan

B. Belajar membuat brosur digital dapat menambah pemasukan

C. Brosur digital sesuai dengan era pemasaran digital

D. Belajar membuat brosur digital dapat menghemat biaya

E. Brosur digital dapat dicetak dan disebarkan untuk pemasaran

Pembahasan:

Jawaban: C. Brosur digital sesuai dengan era pemasaran digital

3. Explicit needs adalah kebutuhan yang tersirat. Sedangkan implied needs adalah kebutuhan yang sudah jelas terlihat dan menjadi sangat dibutuhkan.

Bagaimana pernyataan diatas ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Pernyataan dalam soal memiliki arti yang terbalik.

  • Explicit needs adalah kebutuhan yang sudah jelas terlihat dan menjadi sangat dibutuhkan.
  • Implied nees adalah kebutuhan yang tersirat.

4. Powerful questions adalah cara untuk mengubah implied needs menjadi explicit needs.

Bagaimana pernyataan diatas ?

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

5. Saat bertanya kepada prospek, perhatikan question cycle agar prospek mau atau tertarik membeli produk kamu. Apa saja yang termasuk ke dalam question cycle itu ?

A. Question, feedback, positive stroke

B. Question, listen, feedback

C. Question, listen, solution

D. Question, positive stroke, solution

E. Question, listen, positive stroke

Pembahasan:

Jawaban: E. Question, listen, positive stroke

Question cycle terdiri dari tiga, yaitu :

  • Question
  • Listen
  • Positive stroke

Mid Test Solusi Tepat

1. Dikatakan bahwa 20% prospek akan membeli produk berdasarkan logika, 80% sisanya berdasarkan…

A. Emosional

B. Barang dagang

C. Sales-nya

D. Diskon yang diberikan

E. Rujukan orang lain

Pembahasan:

Jawaban: A. Emosional

Prospek membeli produk 20% berdasarkan logika dan 80% berdasarkan manfaat emosional.

2. Ada berapakah jumlah emotional benefit yang disampaikan pada video ?

A. 5

B. 4

C. 3

D. 2

E. 1

Pembahasan:

Jawaban: A. 5

Terdapat 5 poin emotional benefit, yaitu:

  1. Pain
  2. Pleasure
  3. Profit
  4. Peace of mind
  5. Power

3. Rania membeli sebuah investasi berupa rumah di perumahan yang baru saja dibangun. Jenis emotional benefit apa yang ada pada Rania ?

A. Power

B. Peace of mind

C. Profit

D. Pleasure

E. Pain

Pembahasan:

Jawaban: C. Profit

Profit merupakan sebuah keputusan yang terjadi karena adanya sebuah hal yang menguntungkan bagi prospek.

4. Salah satu cara untuk memberikan solusi yang tepat adalah dengan menjelaskan fitur dari produknya yang akan dijual kepada pelanggan. Contohnya varian rasa, spesifikasi, dan warna dari produk tersebut.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Karena dengan menjelaskan fitur dari produk yang dimiliki dapat menjawab kebutuhan dari pelanggan. Misalnya sales dapat menjelaskan varian rasa, spesifikasi, atau warna dari produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

5. Sales: Memang sih tempat tidur ini lebih mahal sedikit dibanding yang lainnya karena rangkanya sangat kuat, Pak. Ditambah lagi sudah dilengkapi dengan kasur yang nyaman banget untuk istirahat. Coba bapak bayangkan setelah seharian bekerja lalu Bapak tidur di kasur yang empuk, nyaman, lembut seperti ini. Pasti tidur Bapak jadi lebih berkualitas dan bangun pun lebih segar, Pak.

Dialog tersebut merupakan cara sales memberikan solusi kepada pelanggan dengan menyebutkan manfaat emosional berupa pain.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Salah satu manfaat emosional adalah pleasure yaitu orang membeli sesuatu karena kenikmatan yang dirasakan. Pada dialog tersebut sales menekankan pada kenyamanan yang akan dirasakan oleh pelanggan jika membeli produk tersebut meskipun produk tersebut lebih mahal dibandingkan produk lainnya. Sedangkan pain digunakan jika untuk membuat orang merasa rugi atau jika tidak mengikuti tren yang ada jika tidak membeli produk tersebut.

Mid Test Presentasi Sales

1. Salah satu tujuan dari presentasi adalah to convince. Hasil dari tujuan tersebut yaitu prospek mengingat sesuatu yang menjadi ciri khas dari produk.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Terdapat lima tujuan dari presentasi, yaitu:

  • To Inform

Hasilnya adalah prospek mengingat sesuatu yang menjadi ciri khas dari produk

  • To explain

Hasilnya adalah prospek mengerti detail produk tersebut

  • To give proof

Hasilnya adalah prospek tidak ragu dengan produk tersebut

  • To convince

Hasilnya adalah prospek berubah pikiran terhadap produk yang ditawarkan

  • To get deal

Hasilnya adalah prospek membeli produk tersebut

2. Dengan memberitahukan mengenai deskripsi produk seperti rasa atau spesifikasinya berarti sales tersebut sudah menerapkan tujuan presentasi yaitu…

A. To give proof

B. To inform

C. To get deal

D. To convince

E. To explain

Pembahasan:

Jawaban: E. To explain

Salah satu tujuan presentasi yaitu to explain. Hasilnya adalah prospek mengerti detail dari produk yang ditawarkan. Contohnya dengan memberitahukan mengenai rasa atau spesifikasi lainnya yang dimiliki oleh produk tersebut.

3. Menunjukkan review dari produk yang ditawarkan kepada prospek merupakan salah satu cara agar prospek tidak ragu lagi dengan produk yang ditawarkan.

Hal tersebut merupakan contoh hasil dari tujuan presentasi yaitu to give proof.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Salah satu tujuan presentasi yaitu to give proof. Hasilnya adalah agar prospek tidak ragu lagi dengan produk yang ditawarkan. Caranya, sales dapat menunjukkan review dari customer lain mengenai produk yang ditawarkan. Dengan begitu rasa percaya prospek dapat lebih meningkat.

4. Penawaran produk dengan stok terbatas merupakan salah satu bagian dari presentasi menggunakan metode AIDA khususnya pada bagian desire.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Presentasi sales dapat menggunakan metode AIDA, yaitu attention, interst, desire, dan action. Action adalah sesuatu yang membuat prospek ingin membeli produk tersebut sekarang juga. Salah satunya dengan menawarkan produk dengan stok yang terbatas.

5. Dalam metode AIDA, salah satu cara untuk menarik perhatian prospek, yaitu dengan…

A. Menggunakan kata-kata menarik

B. Memberikan potongan harga 50% untuk pembelian hari itu juga

C. Memberikan tester

D. Menunjukkan testimoni

E. Memberikan hadiah

Pembahasan:

Jawaban: A. Menggunakan kata-kata menarik

Presentasi sales dapat menggunakan metode AIDA, yaitu attention, interest, desire, dan action. Attention yaitu menggunakan sesuatu yang dapat menarik perhatian prospek. Contohnya dengan menggunakan kata-kata seperti macho atau maskulin pada produk yang ditujukan bagi pria.

Mid Test Penolakan

1. Seorang sales harus memiliki rasa takut terhadap penolakan terus menerus agar bisa sukses.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Seringkali seorang sales merasa takut dengan penolakan dari klien atau pelanggannya. Padahal penolakan merupakan hal yang wajar dan merupakan bagian dari penjualan. Hal yang harus dilakukan seorang sales untuk menghadapinya yaitu dengan memiliki pola pikir bahwa dengan adanya penolakan berarti sales lebih dekat dengan hasilnya sehingga rasa takut tersebut tidak berlangsung terus menerus.

2. Setelah sales mempersiapkan mentalnya saat menghadapi penolakan, langkah berikutnya adalah membangun kepercayaan kepada prospek.

Salah satunya dengan cara…

A. Mencari perbedaan sebagai bahan obrolan

B. Bertanya mengenai diri prospek

C. Memberikan komentar yang membangun untuk prospek

D. Memberikan banyak potongan harga

E. Memberikan hadiah

Pembahasan:

Jawaban: B. Bertanya mengenai diri prospek

Dengan bertanya mengenai diri prospek maka prospek akan mulai bercerita dan semakin prospek banyak bercerita maka kepercayaan prospek terhadap sales tersebut semakin meningkat.

3. Prospek: Nanti saya tanya istri saya dulu ya.

Sales: Hampir 99% suami yang datang kesininya istrinya setuju kok dengan produk yang kami tawarkan, Pak. Jadi Bapak tidak perlu khawatir.

Dialog diatas merupakan contoh dari cara menjawab penolakan prospek dengan…

A. Jawaban

B. Bukti

C. Pertanyaan

D. Testimoni

E. Ajakan

Pembahasan:

Jawaban: B. Bukti

Terdapat empat cara menjawab penolakan prospek yaitu dengan jawaban, bukti, pertanyaan, dan testimoni. Pada contoh dialog tersebut sales menjawab penolakan prospek dengan memberikan bukti yang terlihat pada kalimat “Hampir 99% suami yang datang kesini istrinya setuju..”

4. Perhatikan poin berikut ini!

  1. Saya tanya istri/suami dulu ya.
  2. Harga produk terlalu mahal.
  3. Saya tidak suka dengan barangnya.
  4. Saya pertimbangkan dulu ya.
  5. Saya tidak butuh sekarang.

Penolakan yang sering diucapkan oleh prospek ditunjukkan oleh nomor…

A. I, II, & III

B. I, II & IV

C. II, III & IV

D. II, III & V

E. I, II & V

Pembahasan:

Jawaban: B. I, II & IV

Terdapat tiga penolakan yang sering diucapkan oleh prospek, yaitu:

  1. Tanya kepada istri/suami dulu ya.
  2. Harga produk mahal.
  3. Prospek mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Untuk menjawab penolakan tersebut seorang sales dapat menggunakan cara menjawab dengan jawaban, pertanyaan, bukti, atau testimoni.

5. Sales: Bagaimana penjelasan saya, Pak ?

Prospek: Hmm sejauh ini oke sih.

Berdasarkan contoh dialog diatas seorang sales diperbolehkan melakukan closing.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Sebelum melakukan closing seorang sales harus melakukan temperature checking yaitu mengecek apakah prospek masih ragu atau berpeluang besar untuk membeli. Dialog prospek “Hmm sejauh ini oke sih”memperlihatkan bahwa prospek masih terlihat ragu dan kurang antusias sehingga sales tidak disarankan untuk melakukan closing.

Mid Test Persiapan Closing

1. Sebelum melakukan closing, penting bagi seorang sales untuk memperhatikan penampilan agar terlihat lebih sopan sehingga prospek lebih percaya.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Sebelum melakukan closing penting bagi sales untuk memiliki pola pikir berikut ini:

  1. Yakin bisa melakukan closing
  2. Yakin prospek senang dengan produk yang ditawarkan
  3. Fokus membantu prospek
  4. Santai

2. Perhatikan pilihan berikut!

  1. Assumptive close
  2. Lost sales close
  3. Just suppose close
  4. Cat close
  5. Chance close

Teknik closing yang tepat ditunjukkan oleh nomor…

A. I, II & III

B. II, III & IV

C. III, IV & V

D. I, II & IV

E. II, III & V

Pembahasan:

Jawaban: A. I, II & III

Terdapat lima teknik closing yaitu:

  • Assumptive close

Teknik closing dengan pertanyaan YES & YES

  • Just suppose close

Teknik closing dengan kata “seandainya”

  • Change place close

Teknik closing dengan pengandaian bertukar posisi

  • Puppy dog close

Teknik closing dengan trial gratis

  • Lost sales close

Teknik closing seolah penjualan sudah selesai, tapi masih dapat di follow up

3. Prospek: Hmm..penawaran paket internet dari Bapak menarik sih tapi saya sudah langganan paket internet dari provider lain dirumah.

Sales: Begini saja Pak, kami ada modem portable yang bisa Bapak bawa selama 7 hari. Kalau Bapak mau, Bapak bisa coba gratis paket yang kami tawarkan melalui modem portable ini, Pak. Jadi Bapak tidak perlu berhenti langganan internet di rumah Bapak, tapi tetap bisa menikmati paket internet dari kami. Setelah Bapak coba 7 hari dan Bapak tidak suka, Bapak boleh kembalikan kepada kami. Nah, kalau Bapak suka, kami akan siapkan promo selama 3 bulan untuk penggunaan pertama, Pak.

Dialog diatas menunjukkan teknik closing yang digunakan oleh sales, yaitu….

A. Assumptive close

B. Puppy dog close

C. Lost sales close

D. Change place close

E. Just suppose close

Pembahasan:

Jawaban: B. Puppy dog close

Salah satu teknik closing yang dapat digunakan oleh sales yaitu teknik closing dengan trial gratis atau yang disebut dengan puppy dog close.

Pada contoh dialog tersebut sales memberikan trial gratis kepada prospek dengan cara mengizinkan prospek membawa pulang modem portable untuk menikmati paket internet dari provider yang ditawarkan oleh sales.

4. Sebelum melakukan closing, seorang sales harus memperhatikan dua hal yaitu selling signal dan sikap sebagai sales.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Sebelum melakukan closing, penting bagi sales untuk memperhatikan hal berikut:

  1. Buying Signal
  2. Sikap sebagai sales

5. Seorang sales perlu memperhatikan body language dari prospek sebelum ia melakukan closing.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: A. Benar

Salah satu poin yang perlu diperhatikan seorang sales sebelum closing yaitu ekspresi prospek yang terdiri dari:

  1. Wajah
  2. Body language
    • Posisi tangan terbuka
    • Posisi tangan berada di depan
    • Menggosokan kedua telapak tangan
    • Ramah

Mid Test Pelayanan Closing

1. Ada berapakah cara mengelola ekspektasi customer yang dijelaskan pada video?

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

Pembahasan:

Jawaban: C. 3

Cara mengatur ekspektasi customer:

  1. Pahami ekspektasi customer
  2. Jangan janjikan ekspektasi customer
  3. Cari kemungkinan lain agar customer menurunkan ekspektasinya

2. Dibawah ini, manakah cara yang tepat untuk mengatur ekspektasi customer ?

A, Mencari barang sebagus ekspektasi customer

B. Jangan janjikan ekspektasi customer

C. Berikan janji yang terbaik atas ekspektasi customer

D. Memberikan penjelasan lebih atas produk yang diinginkan customer

E. Mengusahakan apapun keinginan customer

Pembahasan:

Jawaban: B. Jangan janjikan ekspektasi customer

Sales harus mengusahakan jangan menjanjikan ekspektasi kepada customer

3. Perlahan-lahan ekspektasi customer pasti akan menurun.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan:

Jawaban: B. Salah

Ekspektasi customer akan meningkat karena setiap orang memiliki kebutuhan untuk mencari yang lebih baik sehingga pelayanan yang diberikan haruslah diatas ekspektasi customer.

4. Perhatikan pilihan berikut!

  1. Melakukan riset
  2. Menggunakan teknik puppy dog close
  3. Menggunakan teknik assumptive close
  4. Menggunakan teknik lost sales close
  5. Pola pikir untuk memberikan value yang lebih

Yang perlu dilakukan oleh sales untuk mencapai ekspektasi customer ditunjukkan oleh nomor…

A. I &II

B. II & III

C. III & IV

D. IV & V

E. I & V

Pembahasan:

Jawaban: E. I & V

Untuk memenuhi ekspektasi customer, seorang sales perlu melakukan hal berikut:

  1. Melakukan riset terlebih dahulu
  2. Menggunakan teknik lost sales close
  3. Melakukan kerjasama dengan tim
  4. Memiliki pola pikir “ingin memberikan value yang lebih kepada customer”

5. Seorang sales bimbingan belajar bahasa Jerman memberitahu kepada customernya bahwa pengajar di tempat tersebut bukanlah native speaker dari Jerman melainkan orang Indonesia namun pernah menetap di Jerman selama minimal tiga bulan. Ternyata ketika customer tersebut masuk pada hari pertama belajar, ia mendapatkan guru seorang native speaker dari Jerman sehingga ia sangat senang karena dapat belajar langsung dari native speaker.

Dari contoh di atas seorang sales telah…

A. Memberikan promo kepada customer

B. Mengelola ekspektasi customer

C. Memberikan informasi yang keliru

D. Menaikkan ekspektasi customer lalu menurukannya

E. Melakukan over promised

Pembahasan:

Jawaban: B. Mengelola ekspektasi customer

Untuk mencapai ekspektasi customer seorang sales dapat mengatur ekspektasi dengan cara menurunkan ekspektasi customer terlebih dahulu. Pada contoh yang diberikan, seorang sales menurunkan ekspektasi customer dengan cara memberitahukan bahwa pengajar bahasa bukanlah native speaker melainkan orang Indonesia yang pernah menetap di Jerman selama minimal tiga bulan. Ketika saat masuk, customer ternyata mendapatkan sesuatu yang diluar ekspektasinya yaitu pengajar yang merupakan native speaker dari Jerman. Tentu hal tersebut akan menjadi nilai lebih bagi customer.

Exam

1.Selling yourself adalah bagian penting dalam sukses menjual. Apa saja yang termasuk aspek-aspek selling yourself ?

A. Product knowledge & customer knowledge

B. Latar belakang customer dan keunggulan produk

C. Kemauan keras dan semangat

D. Cara berjabat tangan, sikap diri, cara berpakaian, dan kesan pertama

Jawaban: D

2. Metode apakah yang digunakan dalam membuat presentasi kepada prospek ?

A. SMART

B. BATNA

C. AIDA

D. EBITDA

Jawaban: C

3. Manakah sikap yang paling efektif sebelum melakukan closing ?

A. Diam dan menunggu

B. Memperhatikan buying signal

C. Percaya diri

D. Membaca product knowledge

Jawaban: B

4. Ciri-ciri prospek yang tepat adalah ?

A. Banyak bertanya dan fokus pada penjelasan

B. Berpenampilan menarik

C. Gaya bicara yang lantang

D. Suka bercanda

Jawaban: A

5. Doni menunjukkan review atau testimoni dari customer lain mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini dilakukan Doni untuk meningkatkan rasa percaya prospek pada produk yang ditawarkan Doni.

Dari contoh diatas, Doni telah menerapkan tujuan presentasi yaitu..

A. Inform

B. Give proof

C. Explain

D. Get deal

E. Convince

Jawaban: B

6. Apa langkah pertama setelah mempersiapkan diri dan mental diri ?

A. Latihan cara presentasi produk

B. Mencari tahu siapa prospek yang tepat

C. Menjadwalkan bertemu prospek

D. Menghafal product knowledge

Jawaban: B

7. Manakah langkah-langkah yang tepat dan harus dibiasakan sehingga lebih mudah dalam menggali kebutuhan prospek sampai closing?

A. Bertanya-menjelaskan-meyakinkan-menawarkan-closing

B. Bertanya-menjelaskan-mempengaruhi-meyakinkan-closing

C. Bertanya-mendengarkan-memberi positive stroke-menjelaskan-menjawab keberatan-closing

D. Bertanya-mendengarkan-mempengaruhi-menjelaskan-meyakinkan-closing

Jawaban: C

8. Salman adalah seorang graphic designer. Ia mau menawarkan jasa untuk membuat brosuk digital atau mengajarkannnya untuk mendapat penghasilan tambahan. Target prospeknya Andi ialah pemilik usaha.

Kebutuhan prospek yang bisa membantu Andi ialah…

A. Brosur digital dapat dicetak dan disebarkan untuk pemasaran

B. Brosur digital sesuai di era pemasaran digital

C. Belajar membuat brosur digital dapat menghemat biaya

D. Belajar membuat brosur digital dapat menambah pemasukan

E. Brosur digital dapat menaikkan penjualan

Jawaban: B

9. Peace of mind adalah salah satu dari manfaat emosional yang dapat membuat prospek semakin ingin membeli suatu produk. Manakah yang paling tepat menjadi contoh peace of mind ?

A. Pak Haris merasa aman jika rumahnya dipasang teralis tinggi, maka ia sengaja memasang teralis banyak sekali.

B. Ibu Susi merasa harus beli skincare merk Z, karena banyak teman-temannya merekomendasikan dan ia merasa tidak enak kalau tidak pakai skincare tersebut

C. Pak Freddy merasa harus membeli mobil agar dapat membanggakan orang tuanya

D. Ibu Susan merasa harus ikut kelas Zumba karena ia ingin lebih sehat dan tampil keren sehingga dipuji teman-temannya

Jawaban: A

10. Sebagai persiapan presentasi, penggunaan 5W1H bertujuan untuk…

A. Mempermudah persiapan presentasi yang menggunakan metode AIDA

B. Mempermudah customer membaca keterangan presentasi

C. Membuat deskripsi produk lebih jelas

D. Membuat produk terjual 100%

Jawaban: A

11. Manakah dibawah ini yang merupakan teknik closing yang paling efektif ?

A. Assertive close & action close

B. Assumptive close & puppy dog close

C. Creative close & motivation close

D. Success close & communication close

Jawaban: A

12. Apa perbedaan suspek dan prospek dalam penjualan ?

A. Suspek adalah orang yang membutuhkan produk yang kita tawarkan dengan sesegera mungkin. Sedangkan prospek adalah seseorang yang kita asumsikan mampu membeli produk yang kita tawarkan.

B. Suspek adalah seseorang yang diasumsikan akan menjual beberapa produk. Sedangkan prospek adalah seseorang yang menanti datangnya penjualan.

C. Suspek adalah seseorang yang diasumsikan akan membeli produk. Sedangkan prospek adalah seseorang yang benar-benar membutuhkan produk kita, bahkan dalam sesegera mungkin.

D. Suspek adalah seseorang yang sudah pasti membeli barang. Sedangkan prospek adalah seseorang yang menjual produk

E. Suspek adalah seseorang yang melakukan negosiasi penjualan untuk membeli barang. Sedangkan prospek adalah seseorang yang menjual produk

Jawaban: C

13. Bagaimana cara yang paling profesional untuk membangun kepercayaan dengan prospek ?

A. Dengan mencari kesamaan & hal-hal yang menggembirakan

B. Dengan memberikan hadiah

C. Dengan memberikan pujian

D. Dengan melakukan pelayanan kepada prospek

Jawaban: A

14. Apa langkah kedua menjadi seorang sales yang handal ?

A. Menghafal product knowledge

B. Mempersiapkan presentasi product

C. Menggali kebutuhan prospek

D. Menuliskan script penjualan

Jawaban: B

15. Apa virus yang paling berbahaya dan jika tertanam di dalam pola pikir seorang sales akan menghambat kesuksesannya ?

A. Saya tidak tahu

B. Saya tidak bisa

C. Saya sudah tahu

D. Saya sudah bisa

Jawaban: C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *