Kunci Jawaban Exam Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing

Posted on

Kunci Jawaban Exam Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing” yang ada di platform Skill Academy. Dengan mengikuti pelatihan ini, kalian akan mempelajari strategi yang paling efektif untuk menjalankan pemasaran melalui internet.

Kunci Jawaban Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Mid Test – Pengenalan Internet Marketing

1. Media sosial yang paling ampuh dan berdampak dalam melakukan internet marketing adalah Google, Facebook, dan Instagram.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang Internet Marketing?

a. Salah
b. Benar

Jawaban: B

2. Teknik internet marketing bermanfaat bagi banyak kalangan, salah satunya adalah kepada business owner, karena…

a. Menambah ilmu dalam dunia bisnis
b. Memperluas car pan bisnike dunia mava
c. Meng-upgrade skill marketing
d. Mempercepat transaksi bisnis
e. Semua Jawaban

Jawaban: E

3. Sales Funneling dalam digital marketing adalah teknik yang digunakan untuk menggiring orang agar mengenal bisnis Anda sampai akhirnya melakukan transaksi.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat dari Sales Funneling?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Content marketing berfungsi untuk…

a. Membuat bisnis Anda laku di internet
b. Membuat media sosial lebih berwarna dan menarik
c. Membuat networking semakin luas
d. Membuat barang yang dijual pasti laku di interne
e. Semua jawaban salah

Jawaban: B

5. Rata-rata waktu yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengakses internet (online) dalam sehari adalah…

a. 4-8 jam
b. 5-10 jam
c. 2-6 jam
d. 8-12 jam
e. 10-15 jam

Jawaban: D

Mid Test – Menentukan Dasar Bisnis

1. Apa yang akan terjadi ketika Anda menunggu satu produk atau jasa yang akan ditawarkan sampai sempurna menurut mindset done is better than perfect?

a. Menghabiskan banyak uang
b. Menyia-nyiakan waktu
c. Menjadi lupa untuk berjualan
d. Menambah pekerjaan
e. Terlalu perfeksionis

Jawaban: C

2. Andi membuat sebuah target untuk bisnis parfumnya di Instagram, yaitu penjualan per bulan harus mencapai 20 juta rupiah. Mindset yang diterapkan oleh Andi adalah…

a. Bermimpi tinggi
b. Berani investasi
c. Done is better than perfect
d. Berpikir dari belakang
e. Tidak ada pilihan jawaban yang benar

Jawaban: D

3. Anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang bisnis dan marketing?

a. Salah
b. Benar

Jawaban: B

4. Digital marketing adalah hal yang sama dengan marketing, yang membedakan adalah eksekusinya.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat mengenai digital marketing?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Apa arti dari marketing?

a. Proses menawarkan suatu produk kepada perusahaan
b. Kegiatan menyusun strategi untuk memperkenalkan produk ke masyarakat
c. Teknik menjual apapun dengan laris
d. Langkah yang dilakukan oleh seorang sales
e. Cara dalam melakukan sebuah transaksi

Jawaban: B

Mid Test – Market Fit dan Persona

1. Apakah pertanyaan pertama yang harus diajukan ketika melakukan market fit?

a. Apa yang mereka harapkan?
b. Apa yang mereka lakukan?
c. Apa yang bisa kita berikan?
d. Apa yang mereka khawatirkan?
e. Apa yang harus kita lakukan?

Jawaban: B

2. SWOT adalah suatu bentuk analisis dalam manajemen bisnis ataupun perusahaan yang digunakan untuk bisa membangun Citra, dan menganalisa kelebihan dan kekurangan yang ada pada bisnis.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang SWOT?

a. Salah
b. Benar

Jawaban: A

3. Doni melakukan market fit dengan harapan agar…

a. Ia dapat menemukan harga yang pas untuk bersaing dengan kompetitor
b. Ia dapat memperluas cakupan bisnisnya
c. Ia dapat mempercepat proses jual beli di tokonya
d. Ia dapat mencocokan harapan pasar dengan apa yang bisa la berikan
e. Semua jawaban salah

Jawaban: D

4. Perhatikan soal di bawah ini!

1) Tempat lahir
2) Gender
3) Usia
4) Pekerjaan
5) Pengeluaran

Manakah yang merupakan poin pertimbangan dari buyer persona?

a. 1,2,5
b. 1,3,4
c. 2,3,4
d. 2,4,5
e. 3,4,5

Jawaban: C

5. Perbedaan target market hanya memengaruhi cara penjualan.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat dari buyer persona?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Strategi Penjualan

1. Perhatikan soal berikut ini!

1) Kenali penjualnya
2) Produk sudah dikenal
3) Tingkat kebutuhan pasar terhadap produk
4) Manfaat produk yang dijual

Pernyataan manakah yang merupakan pertimbangan dalam memilih platform marketing adalah…

a. 2 dan 3
b. 3 dan 4
c. 4 dan 1
d. 1 dan 2
e. A dan B benar

Jawaban: E

2. Funnel adalah sistem dasar dalam dunia marketing yang biasa disebut AIDA. AIDA merupakan singkatan dari…

a. Awareness, Improvement Decision, Action
b. Awareness, Improvement, Discipline action
c. Awareness, Improvement, Dedication, Action
d. Awareness, Interest, Decision, Action
e. Awareness, Interest, Dedication, Action

Jawaban: D

3. Tujuan beriklan antara lain untuk mendapatkan branding. … dan

a. Exposure dan customer
b. Exposure dan profit
c. Exposure dan sales
d. Customer dan sales
e. Profit dan sales

Jawaban: C

4. Terdapat 3 jenis Customer Temperature yaitu cold, warm, dan hot.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang customer temperature?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Branding dan exposure bertujuan untuk…

a. Mencocokkan harapan pasar
b. Menentukan target market
c. Meningkatkan awareness pada masyarakat
d. Meningkatkan daya tawar pada masyarakat
e. Menangani customer temperature

Jawaban: D

Mid Test – Content Marketing

1. Perhatikan soal di bawah ini!

1) Teknik trance letters
2) Teknik ilusi pilihan
3) Teknik kata ajakan
4) Teknik format sederhana
5) Teknik semakin semakin
6) Teknik kata keterangan dan kata sifat

Yang bukan merupakan teknik dalam copywriting adalah

a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 3 dan 6
d. 4 dan 5
e. 1 dan 3

Jawaban: E

2. Content Marketing adalah strategi pemasaran untuk merencanakan, membuat, dan juga mendistribusikan konten kepada target market.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang content marketing?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Konsep content marketing adalah edukasi, testimoni, dan…

a. Evaluasi
b. Transaksi
c. Perbaikan
d. Jualan
e. Elaborasi

Jawaban: D

4. Seni menjual sesuatu lewat tulisan disebut…

a. Content writing
b. Copywriting
c. Copywriter
d. Content marketing
e. Digital marketing

Jawaban: B

5. Perencanaan, pembuatan, dan mempromosikan konten merupakan langkah-langkah dari…

a. Membuat copywriting
b. Menjadi content writer
c. Membuat content marketing
d. Menjadi content marketer
e. Menjadi content analyst

Jawaban: C

Mid Test – Facebook Ads

1. Ketika ingin membuat iklan di Pengelola Iklan Facebook Business, terdapat 3 area yaitu Kampanye, Set Iklan, dan…

a. Iklan
b. Home
c. Page
d. Post
e. Setting

Jawaban: A

2. Jika Lisa ingin memasukkan kategori minat dari orang-orang yang menjadi target iklan, maka ia dapat menggunakan fitur…

a. Penargetan Terperinci
b. Lalu Lintas kunjungan
c. Koneksi
d. Penempatan
e. Materi Iklan Dinamis

Jawaban: A

3. Iklan yang ingin Anda masukan ke fitur Cerita (Stories) dapat muncul di Facebook Stories, Instagram Stories dan Whatsapp Stories.
Apakah pernyataan di atas tepat dalam menggambarkan iklan melalui fitur Cerita?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

4. Uji Split (Split Test) pada bagian Lalu Lintas (Traffic) Facebook Business berfungsi untuk…

a. Melihat banyaknya pengunjung di Facebook Business Anda
b. Menguji kecepatan akses Facebook Business Anda
c. Mengetahui konten iklan yang paling disukai pengunjung
d. Melihat berapa banyak pengunjung yang bertransaksi
e. Semua jawaban salah

Jawaban: C

5. Persyaratan beriklan di Facebook dan Instagram adalah memiliki Facebook Fanpage, memiliki Instagram Business, dan…

a. Memiliki keahlian digital marketing
b. Memiliki akun Instagram yang verified
c. Menghubungkan Facebook dengan Google Ads
d. Menghubungkan Facebook dan Instagram dengan Whatsapp
e. Menghubungkan Facebook Fanpage dengan Instagram Business

Jawaban: E

Mid Test – Remarketing dan Pengelolaan Database

1. Fitur yang ditujukan untuk user yang terdiri dari orang-orang yang pernah membuka atau mengisi formulir di salah satu iklan penciptaan prospek Anda di Facebook atau Instagram adalah…

a. Formulir Daftar
b. Formulir User
c. Formulir Prospek
d. Facebook Form
e. Instagram Form

Jawaban: C

2. Fitur yang berfungsi untuk melihat tombol atau tracking button yang diklik oleh user adalah…

a. Facebook Pixel
b. Instagram Pixel
c. Pixel Event
d. Pixel Button
e. Pixel Tracker

Jawaban: C

3. Fungsi dari Custom Audience (Pemirsa Khusus) adalah…

a. Membuat daftar user yang menjadi target market
b. Merangkum user yang pernah berinteraksi dengan bisnis Anda
c. Melakukan remarketing user
d. Memberikan tanda untuk setiap user
e. Semua jawaban salah

Jawaban: B

4. Pixel adalah aplikasi yang diberikan oleh Facebook dan Instagram untuk melihat tracking dari halaman website Anda.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang Pixel?

a. Salah
b. Benar

Jawaban: A

5. Mailchimp adalah provider email yang biasa digunakan untuk kebutuhan marketing.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang Mailchimp?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Mid Test – Menjalankan Google Ads

1. Ketika menambahkan Call Out Extension, maka fitur tersebut akan muncul di HP user pada bagian…

a. Atas
b. Bawah
c. Pinggir
d. Tengah
e. Tidak menentu

Jawaban: C

2. Fitur yang digunakan untuk mencari keyword dalam Google Ads adalah…

a. Search
b. Keyword
c. Keyword Planner
d. Keyword Tracker
e. keyword Ads

Jawaban: C

3. Pada halaman Set Up Campaign di Google Ads, terdapat 4 area, yaitu Select Campaign Setting, Set Up Ad Groups, Create Ads, dan…

a. Submit
b. Generate
c. Options
d. Create
e. Confirmation

Jawaban: E

4. Jika Roni ingin memberikan iklan pengumuman menggunakan Google Ads, maka fitur yang dipilih ketika Set Goals New Campaign adalah App Promotion.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang Set Goals New Campaign?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

5. Space copywriting di Google Ads tidak terbatas, sehingga kita dapat membuat copywriting yang panjang.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang space copywriting di Google Ads?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Keberhasilan Iklan Google Ads

1. Untuk mengetahui hari apa saja leads membuka iklan kita, pada bagian Reports, kita dapat membuka fitur…

a. Basic
b. Conversion
c. Labels
d. Location
e. Time

Jawaban: E

2. Bagian Overview pada Dashboard merupakan rangkuman dari keseluruhan campaign yang dibuat.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang Overview pada Dashboard?

a. Salah
b. Benar

Jawaban: B

3. Jumlah penayangan iklan pada Dashboard dapat dilihat pada kolom…

a. Ampression
b. СРС
c. Impression
d. Frequency
e. Clicks

Jawaban: C

4. Jeremy mengiklankan bisnisnya pada Google Ads. Setelah satu hari, iklannya telah dilihat oleh 100 orang dan diklik sebanyak 5 kali. Maka CTR dari iklan yang Jeremy pasang adalah…

a. 15%
b. 5%
c. 10%
d. 15%
e. 115%

Jawaban: B

5. Optimization Score pada Dashboard iklan berfungsi menunjukkan seberapa jauh skor optimasi iklan berjalan.
Apakah kalimat di atas merupakan pernyataan yang tepat tentang Optimization Score?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Exam

1. Internet marketing adalah bagian dari Digital Marketing yang medianya dibawah ini, kecuali ….

a. Website
b. Media sosial
c. Email
d. Telephone
e. Landing page

Jawaban: D

2. Kegiatan menyusun strategi untuk memperkenalkan produk ke masyarakat disebut…..

a. Sales
b. Promosi
c. Business plan
d. Strategi pasar
e. Marketing

Jawaban: E

3. Analisis ancaman terhadap bisnis merupakan kegiatan menganalisis…..dalam SWOT

a. Strengths
b. Weaknesses
c. Threat
d. Opportunity
e. Competitor

Jawaban: C

4. Dibawah ini yang tidak termasuk dalam penyusunan market fit adalah …..

a. Apa yang customer lakukan?
b. Apa yang customerharapkan?
c. Apa yang customer khawatirkan?
d. Apa yang customer berikan?
e. Apa yang kita sediakan?

Jawaban: D

5. “Seorang pebisnis menjual mainan untuk anak- anak. Namun yang menjadi target pasar mereka adalah orang tua anak-anaknya”. Contoh tersebut merupakan membuat buyer persona dengan melihat…

a. Jenis Kelamin
b. Tingkat Pendapatan
c. Lokasi
d. Usia
e. Tingkat Pendidikan

Jawaban: D

6. Pada sebuah bisnis sepatu, ada 1000 orang yang mengunjungi website bisnis tersebut setelah melihat video endorsement di Youtube, namun dari 1000 orang tersebut hanya 300 orang yang bertanya tentang spesifikasi dan harga dari sepatu tersebut. Dalam funnel marketing, 300 orang tersebut masuk dalam posisi…

a. Traffic
b. Consideration
c. Awareness
d. Decision
e. Sales

Jawaban: C

7. Yang tidak termasuk tujuan sales funnel adalah…

a. Mendapatkan database konsumen
b. Menemukan konsumen yang tepat
c. Melakukan segmentasi dengan baik
d. Mengetahui customer temperature
e. Mengetahui usia audiens

Jawaban: E

8. Jika memiliki tujuan sales, maka channel beriklan yang lebih tepat digunakan adalah……

a. Google
b. Facebook
c. Instagram
d. Whatsapp
e. Pinterest

Jawaban: A

9. Dibawah ini yang bukan keunggulan Facebook dan instagram adalah….

a. Konten variatif
b. Scrolling yang cepat
c. Targeting mendetail
d. Potensi konten vial
e. Jangkauan platform sangat luas

Jawaban: B

10. Alasan penggunaan konten marketing adalah …..

a. Konten marketing mudah dibuat
b. Hard selling lebih mahal
c. Masyarakat lebih senang dengan konten marketing dibanding hard selling
d. Konten marketing dapat dibuat tanpa perencenaan yang matang
e. Banyak bermunculan konten marketing

Jawaban: C

11. 3 Langkah membuat konten marketing adalah…

a. Analisis, perencanaan, dan pembuatan
b. Ananalis, perencanaan, dan promosi
c. Perencanaan, pembuatan, dan promosi
d. Perencanaan, pembuatan, dan pengunggahan
e. Perencanaan, pembuatan, dan evaluasi

Jawaban: C

12. “Anda lebih suka hijab merah atau hijab biru”. merupakan contoh teknik copywriting…

a. Teknik semakin semakin
b. Teknik trance words
c. Teknik kata perintah
d. Teknik ilusi pilihan
e. Teknik kata keterangan dan kata sifat

Jawaban: D

13. Teknik dalam copywriting yang membuat orang berada pada posisi di mana orang itu akan
mengalami kejadian tersebut, merupakan teknik…..

a. Teknik semakin semakin
b. Teknik trance words
c. Teknik kata perintah
d. Teknik ilusi pilihan
e. Teknik kata keterangan dan kata sifat

Jawaban: B

14. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat iklan di Facebook dan Instagram ads adalah….

a. Membuat konten
b. Membuat copywriting
c. Membuat facebook business manager
d. Membuat fanpage
e. Membuat facebook pixel

Jawaban: D

15. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan iklan di Facebook & Instagram ads adalah…..

a. Konten sesuai dengan target market
b. Biaya bidding hurus tinggi
c. Copywriting harus panjang
d. Terdapat call to action
e. Foto yang diuanggah beresolusi tinggi

Jawaban: A

16. Aplikasi yang disiapkan oleh Facebook dan Instagram untuk tracking karakteristik dan statistik pengunjung pada website kita adalah…

a. Facebook ads
b. Facebook business manager
c. Facebook ads manager
d. Facebook analytics
e. Facebook pixel

Jawaban: E

17. Hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan iklan di Google ads adalah …..

a. Keyword yang digunakan
b. Konten
c. Objective
d. Jenis Google ads
e. Objective beriklan

Jawaban: A

18. Pilihan yang menampilkan rangkuman seluruh Campaign dijalankan pada Google ads adalah….

a. Summary
b. Overwiew
c. Campaign
d. Ads group
e. Measure

Jawaban: B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *