Kunci Jawaban Exam Personal Branding untuk Para Profesional

Posted on

Kunci Jawaban Exam Personal Branding untuk Para Profesional

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Personal Branding untuk Para Profesional” yang ada di platform Skill Academy.

Kalian diharapkan mampu menggali potensi dan citra diri yang diinginkan serta bagaimana cara mempromosikannya secara optimal dalam dunia kerja.

Kunci Jawaban Personal Branding untuk Para Profesional

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Exam

1. Adi memiliki kemampuan persuasif. Ia sering meraih prestasi pada lomba pidato dan debat. Adi ingin melamar kerja sebagai seorang sales Cara yang dapat dilakukan Adi untuk menampilkan value yang dimilikinya dalam CV adalah…

a. Mengirimkan video ia sedang berpidato
b. Menceritakan pengalaman ia meraih prestasi berpidato
c. Menampilkan cara ia berpidato
d. Melampirkan foto saat ia sedang berpidato
e. Menuliskan prestasi-prestasi dalam bidang pidato dan debat

Jawaban: E

2. Demmy ingin menonjolkan citra dirinya dengan cara berusaha untuk selalu menyapa rekan-rekan kerjanya saat bertemu dan cepat tanggap dalam merespon rekan kerja yang meminta bantuan. Value yang Demmy tonjolkan tergolong value dari segi…

a. Karakter
b. Prestasi
c. Penampilan
d. Digital
e. Kinerja

Jawaban: A

3. Kila sering melihat berita tentang TPA Bantar Gebang yang diprediksikan akan penuh pada tahun 2021, maka kila berusaha mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, aktif mensosialisasikan gerakan mengurangi sampah, dan belajar cara mendaur ulang sampah. Alasan tersebut tergolong “kenapa” yang disebabkan oleh…

a. Pengalaman yang ingin dicapai
b. Proses yang ingin dilalui
c. Hasil yang ingin dicapai
d. Proses yang telah dilalui
e. Pengalaman yang telah dialami

Jawaban: D

4. Di bawah ini yang termasuk cara menampilkan collective-ownership ialah…

a. Bersikap ramah pada rekan kerja
b. Menyelesaikan target kerja harian
c. Memotivasi rekan kerja yang kinerjanya menurun
d. Datang kerja tepat waktu
e. Membuat koneksi dengan client

Jawaban: C

5. Lia menyadari keunikan dirinya adalah mampu beradaptasi pada perubahan. Saat ada perubahan standar kinerja karyawan, semua karyawan dituntut untuk mampu memenuhi standar baru. Untuk menampilkan self-ownership atas keunikan dirinya pada perubahan tersebut, cara yang dapat Lia lakukan ialah…

a. Mengajarkan teman-temannya tentang standar kinerja yang baru
b. Membuat sesi sharing dengan rekan kerja mengenai cara meningkatkan kinerja
c. Mengikuti kelas atau workshop mengenai standar kinerja yang baru untuk mencapainya
d. Merancang strategi meningkatkan kinerja untuk timnya
e. Membantu menyelesaikan masalah kerja rekannya untuk meningkatkan kinerja tim

Jawaban: C

6. Di bawah ini yang termasuk jenis ucapan humble brag adalah…

a. “Gue juga bisa bikin kaya gini, gampang banget caranya.”
b. “Gue udah coba bikin proposalnya, coba kalian cek, kalau ada yg perlu diperbaiki kasih tau gue ya.”
c. “Wah ini keren banget, gue belum tentu bisa buat proposal kaya gini.”
d. “Gue udah bikin proposalnya, sorry banget ya kalau jelek, gue biasanya bikinnya gak kaya gini sih, bisa lebih bagus lagi.”
e. “Nanti gue aja yang bikin proposalnya, gue udah biasa bikin proposal.”

Jawaban: C

7. Seseorang yang memiliki value membuat desain grafis, ingin membangun web of actions dari segi kebiasaan. Cara yang bisa dilakukan ialah…

a. Mem-posting desain karyanya di instagram secara rutin
b. Sering membeli kaos dengan desain terbaru
c. Tergabung dalam grup penyuka desain grafis
d. Membuka usaha jasa desain grafis
e. Bekerja sebagai seorang graphic designer

Jawaban: C

8. Untuk menerapkan prinsip 3S, seorang lead content marketing aktif mencari pengetahuan baru mengenai jenis konten yang marak digunakan dalam pemasaran. Ia mengikuti kelas online cara membuat konten yang menarik Agar siklus 3S dapat terus dilakukan, kegiatan yang sebaiknya dilakukan ialah…

a. Mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat
b. Mengevaluasi konten-konten yang pernah ia buat
c. Mengadakan sharing session ke team-nya tentang apa yang ia pelajari di kelas tersebut
d. Membuat konten-konten yang lebih menarik
e. Memperbaiki kekurangan dari konten yang pernah dibuat

Jawaban: C

9. Contoh dari tujuan karir yang ingin berubah ialah…

a. Pindah kerja dari sales asuransi ke sales bank
b. Pindah kerja dari sales menjadi pengusaha
c. Naik jabatan dari junior manager finance menjadi senior manager finance
d. Pindah kerja dari bank konvensional ke bank syariah
e. Pindah divisi dari sales marketing ke content marketing

Jawaban: B

10. Suatu perusahaan memiliki company value: leadership, collaboration, integrity, passion and diversity Jika seseorang ingin mengaitkan value perusahaan tersebut pada personal valuenya, maka contoh yang tepat ialah…

a. Value leadership: memiliki kemampuan untuk me-review buku-buku tentang leadership
b. Value collaboration: mampu bekerja secara tim dan memiliki komunikasi yang baik dengan timnya
c. Value integrity memiliki kemampuan untuk mengelola timnya
d. Value passion: Dapat diandalkan dan bertanggung jawab pada pekerjaannya
e. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban: B

11. Jawaban yang tepat saat wawancara kerja, untuk menunjukkan poin action dalam metode STAR, untuk pertanyaan “Apakah kamu pernah mengalami kondisi stuck saat bekerja?” ialah…

a. “Iya, pernah”
b. “Pernah, saat itu banyak sekali pekerjaan yang harus diseleaikan.”
c. “Pernah, hasilnya adalah pekerjaan saya jadi terlambat selesai.”
d. “Pernah, saat itu terjadi, saya berusaha untuk one-on-one dengan manager untuk brainstorming.”
e. “Pernah, saat mengalami itu, rekan kerja membantu saya karena kami punya tim yang kuat”

Jawaban: D

12. Di bawah ini, tujuan penggunaan online platform untuk membangun personal branding ialah…

a. Mendapatkan pekerjaan yang layak
b. Membangun word of mouth
c. Mempromosikan diri dengan cara humble brag
d. Menyembunyikan kekurangan diri
e. Membentuk image yang diinginkan

Jawaban: E

13. Jika seorang ahli membuat kerajinan tangan ingin berbagi cara membuat suatu prakarya, maka online platform dan fitur yang tepat untuk digunakan adalah…

a. Menampilkan prestasi sebagai crafter di fitur Achievement Linkedin
b. Mengunggah foto hasil prakarya di Instagram Story
c. Mengunggah video tutorial membuat suatu prakarya dan membagikannya di Instagram Post
d. Membuat pelatihan kerajinan tangan ke ibu-ibu PKK
e. Menjabarkannya dalam About di Instagram

Jawaban: C

14. Adi ingin pindah kerja dari Account Executive menjadi Sales Group Head di perusahaan baru. Untuk menindaklanjuti proses dalam mengenal Adi, pihak HR meminta kontak orang yang bisa ditanyai mengenai kinerja Adi. Sebaiknya, Adi memberikan kontak…

a. Client yang pernah bekerjasama dengan perusahaan tempat Adi bekerja sebelumnya
b. Manager HR di perusahaan lama
c. Sales Manager yang pernah membawahinya
d. Rekan kerja yang sering makan siang dengan Adi
e. Teman kuliah yang pernah satu kelompok dengan Adi

Jawaban: A

15. Cara yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding secara offline dari segi word of mouth adalah…

a. Selalu menjalin hubungan baik dengan client dan rekan kerja
b. Selalu membicarakan kebaikan client
c. Saling bertukar kartu nama dengan client
d. Membuat desain kartu nama yang unik agar dibicarakan orang lain
e. Membuat desain CV yang menarik agar menunjukkan kemampuan desain

Jawaban: A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *