Kunci Jawaban Exam Membuat Brosur Digital Dengan Canva

Posted on

Kunci Jawaban Exam Membuat Brosur Digital Dengan Canva

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Membuat Brosur Digital Dengan Canva” yang ada di platform Skill Academy.

Salah satu media promosi yang saat ini tengah populer adalah brosur. Di era digital seperti saat ini, brosur dengan tampilan menarik serta berbentuk digital memiliki peran yang sangat penting bagi suatu bisnis.

Kunci Jawaban Membuat Brosur Digital Dengan Canva

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Exam

1. Dewi memiliki sebuah bisnis fashion yang menjual produk rok dan jilbab muslimah namun penjualan roknya terhitung lambat dan belum mendapatkan profit. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketidakmampuan Dewi dalam membuat alat promosi yaitu brosur. Berikut ini merupakan alasan kenapa Dewi harus mampu membuat brosur yang menarik dan menjual, yaitu…

a. Brosur merupakan representasi/citra bisnis, salah satu alat promosi produk dan mampu meningkatkan kepercayaan klien/konsumen.
b. Brosur merupakan representasi/citra bisnis, dan satu- satunya alat promosi produk guna meningkatkan kepercayaan kllen.
c. Brosur merupakan representasi/citra bisnis dan salah satu alat promosi produk untuk mencatat penjualan dan laba bisnis.
d. Brosur berperan sebagai platform penjualan maupun pembelian untuk meningkatkan kepercayaan klien/konsumen.
e. Setiap pebisnis penting untuk membuat brosur karena bisa memperbanyak produksi.

Jawaban: A

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini:

  1. Brosur adalah media promosi/informasi berisi gambar maupun teks
  2. Brosur digital dioperasikan menggunakan sistem komputer.
  3. Brosur merupakan satu-satunya alat media promosi
  4. Canva merupakan platform untuk membuat brosur.

Manakah diantara pernyataan tersebut yang benar?

a. 1.2.3
b. 1,2,3,4
c. 2.3.4
d. 1.2.4
e. 3.4

Jawaban: D

3. Setelah membaca brosur tersebut, apa tindak lanjut yang diinginkan oleh pembuat iklan agar dilakukan oleh pembaca?

a. Segera membeli produk di supermarket yang menyediakan
b. Mengunggulkan produk karena mengandung zat bergizi
c. Memberikan testimoni penggunaan produk
d. Menjual kembali produk yang ditawarkan
e. Membuat produk sejenis

Jawaban: A

4. Setelah mencantumkan headline dan subheading, ternyata masih ada informasi lain yang ingin Dewi sisipkan. Ia ingin menambahkan detail produk makaroninya yang menyediakan berbagai varian rasa. Kira-kira komponen manakah yang bisa ditambahkan Dewi?

a. Headline
b. Subheading
c. Body copy
d. Identitas
e. Ilustrasi

Jawaban: C

5. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini:

  1. Canva adalah platform desain grafis berbasis online
  2. Canva mudah digunakan oleh pemula
  3. Canva bisa diakses website maupun mobile
  4. Canva adalah aplikasi berbayar dan tidak gratis

Manakah diantara pernyataan tersebut yang benar?

a. 1,2,3
b. 1,2,3,4
c. 2,3,4
d. 1,2,4
e. 1,3,4

Jawaban: A

6. Berikut ini merupakan keunggulan Canva jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, yaitu..

a. Kapasitas penyimpanan 1 GB dan tersedia 15.000 template
b. Banyaknya pilihan visual yang bisa dimodifikasi dan mampu digunakan untuk mengedit grafis berbasis vektor
c. Bisa dibuka tanpa jaringan internet
d. Tersedia 50.000+ template dengan beragam pilihan visual yang bisa dimodifikasi.
e. Adanya fitur pembuatan animasi yang mudah digunakan

Jawaban: D

7. Seminggu yang lalu Putra membuat desain brosur untuk menawarkan produk makanan. Sekarang dia ingin membuat brosur menggunakan desain yang sama dan hanya mengubah varian makanannya.
Oleh karena itu, fitur yang bisa digunakan Putra agar bisa mendesain ulang brosur yang pernah dibuat adalah?

a. Buat desain
b. Beranda
c. Semua desain anda
d. Template
e. Foto

Jawaban: C

8. Ina ingin membuat brosur digital dengan banyak teks deskripsi untuk penjelasan produk Maka jenis template yang dipilih adalah:

a. Gambar 1
b. Gambar 2
c. Gambar 3
d. Gambar 4
e. Gambar 5

Jawaban: A

9. Hana ingin mengubah warna background menjadi warna merah, maka tools yang digunakan Hana adalah?

a. Latar
b. Teks
c. Foto
d. Video
e. Instagram

Jawaban: A

10. Ayu ingin menambahkan foto yang ada di file komputernya untuk digunakan sebagai konten brosur. Tools yang dipakai oleh adalah…

a. Latar
b. Teks
c. Foto
d. Video
e. Unggahan

Jawaban: E

11. Sintia ingin menyimpan file desainnya ke dalam dokumen PDF agar bisa dicetak dengan kualitas yang optimal. Tools nomor berapakah yang dipilih?

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Jawaban: E

12. Perhatikan pernyataan berikut ini:

  1. Pilih font yang diinginkan
  2. Buka https://www.canva.com/font-combinations/
  3. Tunggu sampai muncul kombinasi fontnya

Alur mengkombinasikan font menggunakan web canva adalah:

a. 1-2-3
b. 2-1-3
c. 3-2-1
d. 3-1-2
e. 2-3-1

Jawaban: B

13. Memasuki bulan Ramadan, Siska ingin menginformasikan diskon 20% bisnis jilbab yang dirintisnya. Dia berencana membuat brosur agar info tersebut bisa tersebar secara masif. Sebelum membuat, ada beberapa prinsip tipografi yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Memilih font yang familiar
  2. Menggunakan dua sampai tiga font saja
  3. Memperhatikan ketebalan teks
  4. Menyesuaikan ukuran font
  5. Menggunakan berbagai jenis huruf di setiap kalimat agar pembaca tidak bosan

Manakah diantara pernyataan tersebut yang benar:

a. 1,2,3,4
b. 1,2,3,4,5
c. 2,3,4,5
d. 3,4,5
e. 4,5

Jawaban: A

14. Sintia akan membuat brosur untuk menawarkan produk mainan anak-anak. Agar brosur yang dibuat menarik dan menjual, maka kombinasi warna manakah yang paling sesuai?

a. Gambar 1
b. Gambar 2
c. Gambar 3
d. Gambar 4
e. Gambar 5

Jawaban: A

15. Diantara kelima brosur tersebut manakah yang menerapkan call to action secara efektif?

a. BROSUR A
b. BROSUR B
c. BROSUR C
d. PROCUR D
e. BROSUR E

Jawaban: A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *