Kunci Jawaban Exam Lean Startup: Mulai Bisnis Tanpa Takut Gagal

Posted on

Kunci Jawaban Exam Lean Startup: Mulai Bisnis Tanpa Takut Gagal

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Lean Startup: Mulai Bisnis Tanpa Takut Gagal” yang ada di platform Skill Academy.

Dalam kelas ini, kalian akan mampu memahami mengenai digitally native vertical brand dan metode lean startup yang biasa digunakan dalam mengembangkan bisnis dan mengurangi risiko gagal dengan baik.

Kunci Jawaban Lean Startup: Mulai Bisnis Tanpa Takut Gagal

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Mid Test – Digitally Native Vertical Brand

1. Mengapa DNVB dapat membuat produk dengan harga lebih bersaing?

a. Tidak ada biaya perantara/distributor
b. Tidak ada biaya marketing
c. Tidak ada biaya produksi
d. Tidak ada biaya promosi
e. Tidak ada keuntungan dari penjualan

Jawaban: A

2. Keuntungan yang didapat oleh pelaku usaha dari penerapan model bisnis DNVB adalah…

a. Harga jual lebih mahal dan produk lebih cepat sampai
b. Harga jual lebih mahal dan cepat mendapatkan feedback dari pelanggan
c. Harga jual lebih murah dan produk lebih cepat sampai
d. Harga jual lebih bersaing dan cepat mendapatkan feedback dari pelanggan
e. Harga jual lebih bersaing namun komisi untuk distributor lebih kecil

Jawaban: D

3. Apa makna kata vertikal di dalam DNVB?

a. Pelaku usaha dapat terhubung langsung dengan distributor
b. Pelaku usaha dapat terhubung langsung dengan pelanggan tanpa melalui perantara
c. Pelaku usaha dapat terhubung langsung dengan produsen tanpa perantara
d. Pelanggan dapat membeli produk langsung dari marketplace
e. Pelanggan dapat membeli produk langsung dari distributor terdekat

Jawaban: B

4. Apa faktor yang mendorong DNVB berkembang pesat di Indonesia?

a. Pertumbuhan media sosial dan maraknya marketplace
b. Maraknya marketplace dan internet yang cepat
c. Perkembangan teknologi digital dan pertumbuhan media sosial
d. Peningkatan jumlah penduduk serta pengguna media sosial
e. Maraknya pengguna media sosial serta kecepatan internet

Jawaban: C

5. “Sedari merupakan salah satu brand parfum lokal yang berlokasi di Bandung. Untuk mendapatkan
bahan dengan kualitas sesuai keinginan pemilik Sedari memproduksi parfum-parfumnya di
Singapura. Produk dikirimkan secara berkala ke Bandung (melalui Jakarta) setiap minggunya.
Dengan kondisi tersebut, Sedari akan membayar biaya logistik, pajak, serta komisi ke distributor
Apakah contoh di atas termasuk konsep bisnis DNVB?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Lean Startup dalam DNVB

1. Hal yang perlu diperhatikan saat menerapkan paid engine of growth ialah…

a. Pembagian tugas di dalam tim
b. Pemerolehan dana dari investor
c. Customer acquisition cost
d. Jenis produk yang dijual
e. Income yang didapatkan

Jawaban: C

2. Tujuan utama dari Lean Startup, yaitu…

a. Mengubah MVP menjadi PMF
b. Mengubah PMF menjadi MVP
c. Mengubah PMF dan MVP secara berbarengan
d. Menerapkan MVP dengan benar
e. Menerapkan PMF dengan benar

Jawaban: A

3. Perhatikan!

1) MVP adalah produk yang belum sempurna dibuat secepat dan semurah mungkin untuk menguji hipotesis.
2) MVP adalah produk yang sudah sempurna dan sesuai dengan kebutuhan market
3) PMF adalah produk yang sudah mengalami beberapa kali inovasi, sehingga sangat disukai oleh market
4) PMF adalah produk yang dibuat untuk menguji hipotesis dan menjawab pertanyaan bisnis
5) MVP adalah produk yang menjawab hipotesis dari PMF

Manakah pernyataan yang menjelaskan MVP dan PMF dengan tepat?

a. 2 dan 3
b. 1 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 1 dan 5

Jawaban: B

4. Ketika produk sudah diluncurkan ke pasar, maka kita harus melihat data dan mengambil kesimpulan;
apakah asumsi kita benar, atau salah sehingga harus melakukan pivot
Hal ini dilakukan pada tahap…

a. Build
b. Measure
c. Learn
d. Backlog
e. In Progress

Jawaban: C

5. Lean Startup adalah sebuah metode yang bertujuan untuk membantu pengusaha mempunyai pola pikir yang tepat dalam membuat produk yang disukai oleh market.
Apakah kalimat tersebut merupakan definisi dari metode Lean Startup?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Mid Test – Memahami Segmentasi Pasar

1. Connector adalah tipe yang sangat persuasif mereka cenderung menawarkan sesuatu dengan antusias
dan menarik bagi orang lain. Meski tidak mengetahui detail dari produk yang ditawarkan, mereka memiliki skill untuk mendorong orang lain membeli produk yang direkomendasikan.
Apakah pernyataan di atas menggambarkan karakter Connector dengan tepat?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

2. Early adopters adalah orang yang menciptakan word of mouth. Mereka mempunyai tendensi untuk
menjadi trendsetter, sehingga sering bercerita tentang produk yang belum banyak orang tau.
Apakah pernyataan di atas merupakan penggambaran yang tepat untuk early adopters?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Aktivitas pemasaran suatu produk akan lebih terarah jika mengetahui segmentasi pasar dari
psikografinya, yaitu….

a. Umur
b. Sikap
c. Gaya hidup
d. Geografi
e. Status sosial ekonomi

Jawaban: C

4. Andi adalah seorang gamer. Setiap hari, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk
bermain game. la bahkan bergabung dengan sebuah komunitas gamer skala nasional untuk mengikuti
kejuaraan dunia. Berkaitan dengan hobinya tersebut, ia sering memberikan rekomendasi jenis-jenis game keluaran terbaru ke teman-teman sekolahnya.
Dari gambaran tersebut, tipe apa yang paling sesuai dengan karakter Andi?

a. Maven
b. Connector
c. Salesman
d. Early Adopters
e. Late Majority

Jawaban: A

5. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.

1) Tertarik pada produk yang mudah didapatkan
2) Tertarik pada produk yang eksklusif
3) Tertarik untuk mencoba produk baru
4) Tertarik untuk menjadi trendsetter
5) Tertarik pada produk yang terjamin kualitasnya
6) Tertarik untuk mencoba produk dengan review positif

Dari pernyataan di atas, manakah ciri-ciri yang menggambarkan karakter late majority?

a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 3,4,5
d. 2,3,5
e. 5,6,1

Jawaban: E

Mid Test – Membangun Kerangka Bisnis Yang Optimal

1. Backlog adalah tahapan ketika project sedang dikerjakan oleh tim dan semua project sudah memiliki pemimpin serta deadline-nya masing-masing.
Apakah pernyataan di atas sudah menjelaskan tahapan pada kolom backlog dengan benar?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

2. Seorang specialist biasanya mampu untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus; karena memiliki skill yang ahli di semua level pekerjaan. Sehingga akan sangat menguntungkan bagi sebuah startup yang baru berdiri
Apakah pernyataan di atas tepat dalam menggambarkan karakter seorang specialist?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

3. Salah satu hal yang dapat menghambat perkembangan suatu bisnis (startup) yaitu..

a. Mengutamakan generalist sebagai tim pertama di dalam startup
b. Mengutamakan subjective needs dibandingkan objective goals
c. Mendorong tim untuk sepakat pada hasil hipotesis
d. Menerapkan metode Kanban Board
e. Mendorong tim untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus

Jawaban: B

4. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.

1) Ahli di suatu bidang tertentu
2) Bisa mengerjakan banyak hal dengan skill cukup
3) Mudah beradaptasi terhadap perubahan yang cepat
4) Dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus
5) Menjunjung pencapaian target sesuai hipotesis
6) Suka mempertimbangkan opini personal

Dari pernyataan di atas, tipe karyawan seperti apa yang cocok menjadi tim pertama di sebuah startup?

a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 2.3.5
d. 1,3,4
e. 4,5,6

Jawaban: B

5. Dalam Kanban Board, di tahap manakah sebuah proyek siap untuk dievaluasi?

a. In progress
b. In progress dan Validated
c. Backlog dan Built
d. Built
e. Validated

Jawaban: D

Mid Test – Strategi Peluncuran Produk

1. 2 hal utama yang Samsung tawarkan untuk menarik early adopters adalah…

a. Cerita yang menarik dan eksklusivitas
b. Kemudahan pelayanan dan diskon melimpah
c. Convenience dan eksklusivitas
d. Diskon melimpah meski overprice
e. Tidak suka mengambil risiko dan lebih tertarik pada review positif

Jawaban: A

2. Perhatikan pernyataan berikut:

1) Disiplin dalam berinovasi
2) Memanfaatkan early adopters
3) Mengembangkan distribusi untuk late majority
4) Mengutamakan produk ready ketimbang pre-order untuk para early adopters
5) Membatasi kesempatan late majority untuk membeli dalam jumlah banyak, karena keterbatasan produksi

Apa saja strategi yang diterapkan Samsung-yang berkaitan dengan Lean Startup-ketika meluncurkan
suatu produk?

a. 5, 1 dan 2
b. 4, 5, dan 1
с. 3, 4, dan 5
d. 2, 4, dan 5
e. 1, 2 dan 3

Jawaban: E

3. Samsung selalu mengeluarkan Product Market Fit (PMF) ketika berinovasi. Meskipun beberapa produk tersebut gagal, namun Samsung dikenal sebagai pelopor pada beberapa teknologi terbaru; karena berani meluncurkannya lebih dulu dibandingkan kompetitor.
Apakah pernyataan di atas tepat untukmenggambarkan strategi peluncuran produk Samsung?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

4. Samsung S series selalu menjadi game changer di dalam industri smartphone. Strategi yang Samsung
lakukan untuk mencapai posisi ini adalah disiplin dalam berinovasi.
Apakah pernyataan di atas tepat untuk menggambarkan strategi Samsung?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Samsung memberikan beberapa pelayanan untuk para late majority, seperti penjualan di banyak
tempat penjualan secara online, bonus tukar tambah, promo cicilan, dan lain sebagainya.
Apakah pernyataan di atas sesuai untuk menggambarkan karakter dan kebutuhan para late majority terhadap sebuah produk?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

Exam Lean Startup: Mulai Bisnis Tanpa Takut Gagal

1. Salah satu strategi yang digunakan oleh SAMSUNG yaitu…

a. Mengembangkan distribusi untuk early adopters
b. Menyediakan service yang convenience bagi late majority
c. Berinovasi tiga tahun sekali
d. Fokus pada late majority dan mengabaikan early adopters
e. Fokus pada early adopters dan mengabaikan late majority

Jawaban: A

2. Tujuan utama dari lean startup yaitu…

a. Menerapkan minimum viable product dengan benar
b. Menerapkan product market fit dengan benar
c. Mengubah minimum viable product menjadi product market fit
d. Mengubah product market fit menjadi minimum viable product
e. Mengubah product market fit dan minimum viable product

Jawaban: C

3. Digital native vertical brand merupakan sebuah brand yang memanfaatkan media online, salah satunya sosial. Dengan menggunakan media sosial. Keuntungan yang didapatkan bagi pemilik bisnis yaitu…

a. Balik modal dengan cepat
b. Lebih cepat mendapatkan feedback dari customer
c. Produk lebih cepat laku
d. Kompetitor yang lebih sedikit
e. Cepat mendapatkan keuntungan

Jawaban: B

4. Apakah nama tipe customer yang sangat detail mengerti mengenai suatu produk?

a. Maven
b. Connector
c. Salesman
d. Maven dan salesman
e. Connector dan salesman

Jawaban: A

5. Apakah nama tipe customer yang sangat detail mengerti mengenai suatu produk?

a. Maven
b. Connector
c. Salesman
d. Maven dan salesman
e. Connector dan salesman

Jawaban: A

6. Di dalam Kanban board, apabila suatu project sudah selesai dikerjakan dan menunggu untuk divalidasi maka project tersebut ditaruh pada kolom…

a. Backlog
b. In progress
c. Built
d. Validated
e. To do list
Jawaban: C

7. Yang dimaksud dengan early adopter adalah…

a. Kelompok yang bukan merupakan trendsetter
b. Bukan seorang risk taker
c. Tipe yang membeli produk jika produknya mudah didapatkan dan kualitasnya terjamin
d. Tipe yang tertarik membeli produk karena cerita menarik dan eksklusivitas
e. Tipe yang terpengaruh oleh late majority

Jawaban: D

8. Tujuan utama dari lean startup yaitu…

a. Menerapkan minimum viable product dengan benar
b. Menerapkan product market fit dengan benar
c. Mengubah minimum viable product menjadi product market fit
d. Mengubah product market fit menjadi minimum viable product
e. Mengubah product market fit dan minimum viable product

Jawaban: C

9. Digital native vertical brand merupakan sebuah brand yang memanfaatkan media online, salah satunya sosial. Dengan menggunakan media sosial. Keuntungan yang didapatkan bagi pemilik bisnis yaitu…

a. Balik modal dengan cepat
b. Lebih cepat mendapatkan feedback dari customer
c. Produk lebih cepat laku
d. Kompetitor yang lebih sedikit
e. Cepat mendapatkan keuntungan

Jawaban: B

10. Apabila terdapat banyak ide dari hasil brainstorming saat meeting, ide-ide tersebut dapat diletakkan pada kolom…

a. Backlog
b. In progress
c. Done
d. Built
e. Validated

Jawaban: A

11. Sebelum mengeluarkan suatu produk, diperlukan gambaran mengenai segmentasi pasar dari produk yang akan dijual agar aktivitas marketingnya lebih terarah. Salah satunya dapat dilihat dari demografinya, yaitu…

a. Gaya hidup
b. Karakter seseorang
c. Aspirasi dan mimpi
d. Sikap
e. Status sosial ekonomi

Jawaban: E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *