Kunci Jawaban Exam Laris Manis Berjualan di E-Commerce

Posted on

Kunci Jawaban Exam Laris Manis Berjualan di E-Commerce

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Laris Manis Berjualan di E-Commerce” yang ada di platform Skill Academy

Berkembangnya platform e-commerce beberapa tahun terakhir membuat semakin merambahnya online shop yang berbondong-bondong ingin berjualan di e-commerce. Kondisi tersebut membuat persaingan semakin ketat dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik online shop untuk meningkatkan penjualan sehingga dapat bersaing di dunia e-commerce.

Kunci Jawaban Laris Manis Berjualan di E-Commerce

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Mid Test – Berjualan di E-Commerce

1. Pada lima kunci sukses berjualan di e-commerce, menentukan produk apa saja yang dapat meningkatkan penjualan disebut..

a. Operational excellence
b. Onsite excellence
c. Commercial excellence
d. Promosi dan Pemasaran
e. Discoverability

Jawaban: C

2. Manakah dibawah ini yang bukan merupakan keuntungan berjualan di platform e-commerce?

a. Mendapat trafik toko online yang dimiliki secara gratis.
b. Menjual barang lebih cepat
c. Mendapat data yang bermanfaat untuk strategi
d. meningkatkan penjualan
e. Pengiriman barang lebih cepat

Jawaban: D

3. Toko mendapatkan rating untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.
Apa yang dimaksud operational excellence dalam lima kunci sukses berjualan di e-commerce?

a. Keunggulan tampilan toko di situs marketplace
b. Seberapa mudah toko ditemukan
c. Cara dan produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan
d. Keunggulan operasional
e. Keunggulan penjual

Jawaban: D

4. Pada lima kunci sukses berjualan di e-commerce, tentang seberapa mudah toko ditemukan disebut…

a. Operational excellence
b. Onsite excellence
c. Commercial excellence
d. Promosi dan Pemasaran
e. Discoverability

Jawaban: E

5. Apa yang dimaksud on site excellence dalam lima kunci sukses berjualan di e-commerce?

a. Keunggulan tampilan toko di situs marketplace
b. Seberapa mudah toko ditemukan
c. Cara dan produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan
d. Keunggulan operasional
e. Keunggulan penjual

Jawaban: A

Mid Test – Meningkatkan Penjualan di E-Commerce

1. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan tools marketing yang biasanya tersedia di platform ecommerce?

a. Livestream
b. Voucher creation tools
c. Bundling creation tools
d. Feed
e. Chat

Jawaban: E

2. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan hal-hal yang dapat membuat toko atau produk anda semakin mudah ditemukan?

a. Sering mengikuti campaign yang dibuka oleh e-commerce
b. Memasukkan keywords yang umum pada nama & deskripsi produk
c. Mengikuti program flash sales yang diadakan oleh e-commerce
d. Membeli iklan berbayar pada platform e-commerce
e. Shop in shop

Jawaban: E

3. Penjual boleh merespon chat pelanggan lebih dari 30 menit.
Apakah pernyataan di atas merupakan hal yang benar dalam merespon chat pelanggan?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

4. Hero image merupakan gambar pertama yang akan dilihat pada sebuah produk.
Apakah pernyataan di atas merupakan definisi yang tepat dari hero Image?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan strategi commercial yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di e-commerce?

a. Memberikan potongan harga
b. Memberikan cashback
c. Melayani chat pelanggan
d. Membuat bundle paket
e. Memberikan hadiah gratis

Jawaban: C

Mid Test – Studi Kasus Meningkatkan Penjualan

1. Jika Anda berjualan lipstik, maka konten live streaming yang tepat diberikan adalah…

a. Tutorial pemakaian lipstik dan memperlihatkan warna-warna terbaru
b. Memberi info harga lipstik
c. Memberi info durasi pengiriman lipstik
d. Membahas mengenai proses pengemasan lipstik
e. Mengingatkan penonton untuk membeli lipstik di toko Anda

Jawaban: A

2. Stevi menjual produk baju tidur. Manakah di bawah ini yang merupakan penerapan tips dan trik dari segi commercial excellence yang tepat bagi Stevi?

a.  Menginformasikan size dan warna baju tidur dengan jelas
b.  Ukuran dan warna order harus tepat
c.  Memasukkan keyword generic di nama produknya seperti baju tidur wanita atau piyama wanita
d. Memberikan cashback
e. Melakukan live streaming

Jawaban: D

3. Maria menjual produk baju tidur. Manakah di bawah ini yang merupakan penerapan tips dan trik dari segi discoverbility yang tepat bagi Maria?

a. Menginformasikan size dan warna baju tidur dengan jelas
b. Memberikan harga grosir
c. Memasukkan keyword generic di nama produknya seperti baju tidur wanita atau piyama wanita
d. Memberikan cashback
e. Melakukan live streaming

Jawaban: C

4. Jika anda menjual produk makanan ringan atau snack maka salah satu tips yang tepat dari segi operational excellence adalah dengan memastikan kualitas snack dan packaging masih bagus, jangan sampai melempem atau sudah kadaluarsa.
Apakah pernyataan di atas merupakan pernyataan yang benar dari tips operational excellence?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Anita menjual keripik singkong buatannya di e-commerce. Dari segi onsite excellence, trik apa yang bisa dilakukan oleh Anita untuk meningkatkan penjualan keripik singkongnya?

a. Memberikan informasi occasion yang menggiurkan supaya calon pembeli tertarik beli, seperti: cocok untuk dimakan bersama keluarga saat bersantai di rumah
b. Memberikan harga grosir
c. Mengaktifkan voucher atau cashback
d. Sering melakukan live streaming
e. Sering post feed

Jawaban: A

Exam

1. Jika Anda berjualan jilbab, maka konten live streaming yang tepat diberikan adalah…

a. Tutorial pemakaian jilbab dan memperlihatkan model terbaru
b. Memberi info harga jilbab
c. Memberi info durasi pengiriman jilbab
d. Membahas mengenai proses pengemasan jilbab
e. Mengingatkan penonton untuk membeli jilbab di toko Anda

Jawaban: A

2. Apa yang dimaksud operational excellence dalam lima kunci sukses berjualan di e-commerce?

a. Keunggulan tampilan toko di situs marketplace
b. Seberapa mudah toko ditemukan
c. Cara dan produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan
d. Keunggulan operasional
e. Keunggulan penjual

Jawaban: D

3. Jika anda menjual produk makanan ringan atau snack, maka salah satu tips yang tepat untuk meningkatkan pelayanan toko dari segi operational excellence adalah…

a. Memberikan foto snack yang jelas dari lima sisi pada hero image
b. Memastikan kualitas snack dan packaging masih bagus
c. Membuat bundle jika membeli tiga produk snack akan mendapat harga spesial
d. Memastikan ketersediaan stok snack
e. Menuliskan keyword yang spesifik merujuk pada snack yang dijual

Jawaban: B

4. Maria menjual produk baju tidur. Manakah di bawah ini yang merupakan penerapan tips dan trik dari segi discoverability yang epat bagi Maria?

a. Menginformasikan size dan warna baju tidur dengan jelas
b. Memberikan harga grosir
c. Memasukkan keyword generic di nama produknya seperti baju tidur wanita atau piyama wanita
d. Memberikan cashback
e. Melakukan live streaming

Jawaban: C

5. Perhatikan hal-hal berikut!

1. Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan sebuah brand atau merek pada kolom pencarian e-
commerce
2. Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan kata benda yang berhubungan dengan produk yang dijual pada kolom pencarian e-commerce
3. Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan nama toko kita pada kolom pencarian e-commerce
4. Melihat jumlah followers dan viewers pada saat live streaming

Cara memeriksa tingkat discoverability toko Anda adalah….

a. 1, 2, 3
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar

Jawaban: A

6. Dalam setiap transaksi, nilai rata-rata pembelian konsumen di toko aksesoris Anda adalah sebesar Rp100.000,00.
Jika Anda ingin membuat promosi gratis ongkir, berapakah sebaiknya minimal pembelian yang disyaratkan?

a. Rp75.000,00
b. Rp100.000,00
c. Rp125.000,00
d. Rp150.000,00
e. Rp175.000,00

Jawaban: C

7. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan tools marketing yang biasanya tersedia di platform ecommerce?

a. Livestream
b. Voucher creation tools
c. Bundling creation tools
d. Feed
e. Chat

Jawaban: E

8. Kita sering menemukan jargon “Beli sekarang!” pada platform e-commerce.
Jargon tersebut merupakan salah satu bentuk…

a. Highlight campaign
b. Offer of the month
c. Call to action
d. Visualize navigation
e. Leverage review

Jawaban: C

9. Apa yang dimaksud marketing & promotion dalam lima kunci sukses berjualan di e-commerce?

a. Keunggulan tampilan toko di situs marketplace
b. Seberapa mudah toko ditemukan
c. Cara dan produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan
d. Keunggulan operasional
e. Keunggulan dalam promosi dan penjualan

Jawaban: E

10. Pada lima kunci sukses berjualan di e-commerce, tentang seberapa mudah toko ditemukan disebut…

a. Operational excellence
b. Onsite excellence
c. Commercial excellence
d. Promosi dan Pemasaran
e. Discoverability

Jawaban: E

11. Rata-rata, konsumen membeli roti di toko kue Anda adalah sebesar Rp50.000,00 dalam satu kali transaksi.
Jika Anda ingin membuat promosi gratis ongkir, berapakah sebaiknya minimal pembelian yang disyaratkan?

a. Rp65.000,00
b. Rp75.000,00
c. Rp80.000,00
d. Rp85.000,00
e. Rp90.000,00

Jawaban: A

12. Apa yang dimaksud discoverability dalam lima kunci sukses berjualan di e-commerce?

a. Keunggulan tampilan toko di situs marketplace
b. Seberapa mudah toko ditemukan
c. Cara dan produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan
d. Keunggulan operasional
e. Keunggulan penjual

Jawaban: B

13. Varian warna dan perbandingan ukuran produk biasanya dicantumkan pada…

a. Product content
b. Hero image
c. Product face
d. Secondary image
e. Product description

Jawaban: D

14. Berjualan di e-commerce artinya memudahkan pelanggan Anda untuk berbelanja di setiap waktu.
Meski Anda tidak bisa online 24 jam, untuk tetap bisa melayani pertanyaan pelanggan, apa yang yang sebaiknya anda lakukan?

a. Membuat auto reply atau balasan otomatis atas pertanyaan yang sering diajukan
b. Menuliskan di deskripsi bahwa chat hanya akan dibalas pada jam-jam tertentu
c. Membalas ketika sempat dan meminta maaf karena lambat dalam membalas
d. Membiarkan chat yang sudah terlalu lama untuk tidak dibalas
e. Membalas seperti biasa

Jawaban: A

15. Jika Anda berjualan pakaian anak, maka bentuk promosi untuk membuat pelanggan semakin mengetahui tampilan produk dan tergiur untuk memberi produk Anda adalah…

a. Menuliskan keyword “baju anak usia 4-6 tahun”
b. Membalas chat pelanggan dalam waktu kurang dari 30 menit
c. Menuliskan pilihan warna dan ukuran
d. Live streaming yang berisi bagaimana tampilan baju jika dipakai pada anak dan memberi voucher pada saat live
e. Memastikan stok barang tersedia

Jawaban: D

16. Stevi menjual produk baju tidur. Manakah di bawah ini yang merupakan penerapan tips dan trik dari segi commercial excellence yang tepat bagi Stevi?

a. Menginformasikan size dan warna baju tidur dengan jelas
b. Ukuran dan warna order harus tepat
c. Memasukkan keyword generic di nama produknya seperti baju tidur wanita atau piyama wanita
d. Memberikan cashback
e. Melakukan live streaming

Jawaban: D

17. Anita menjual keripik singkong buatannya di e-commerce. Dari segi onsite excellence, trik apa yang bisa dilakukan oleh Anita untuk meningkatkan penjualan keripik singkongnya?

a. Memberikan informasi occasion yang menggiurkan supaya calon pembeli tertarik beli
b. Memberikan harga grosir supaya calon pembeli tertarik beli
c. Mengaktifkan voucher atau cashback
d. Sering melakukan live streaming supaya calon pembeli tertarik beli
e. Sering post feed supaya calon pembeli tertarik beli

Jawaban: A

18. Gambar pertama yang akan dilihat pada sebuah produk dari suatu toko di situs e-commerce disebut…

a. Product content
b. Hero image
c. Product face
d. Secondary image
e. Product description

Jawaban: B

19. Teks berisi klaim utama tentang produk, misalnya “lipstick matte tahan lama & best seller” pada produk lipstik, biasanya dicantumkan pada…

a. Product content
b. Hero image
c. Product face
d. Secondary image
e. Product description

Jawaban: B

20. Jika Anda adalah seorang penjual kue kering di sebuah toko online, maka keyword yang tepat Anda masukkan untuk bisa meningkatkan discoverability pada nama produk adalah…

a. Aneka cake lumer
b. Keripik singkong bergizi
c. Kue kering nastar keju enak
d. Kue kering lebaran sehat
e. Snack gurih murah

Jawaban: C

21. Perhatikan beberapa hal berikut!

1. Memastikan ketersediaan barang dengan stok minimum 90% dari keseluruhan barang yang ada di etalase toko.
2. Membuat bundle paket dan memberikan hadiah gratis.
3. Memberikan diskon langsung berupa potongan harga.
4. Memberikan voucher/cashback dengan tingkatan diskon yang diberikan.

Dalam melakukan penjualan produk pada e-commerce, penjual perlu meningkatkan promosi dan pemasaran dengan melakukan cara-cara…

a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4
e. semua benar

Jawaban: D

22. Bayangkan Anda berjualan kue kering. Dalam hal marketing dan promosi untuk meningkatkan penjualan, maka hal yang tepat dilakukan adalah…

a. Memberikan foto yang bagus pada hero image
b. Membuat bundle jika membeli tiga produk akan mendapat harga spesial
c. Memastikan ketersediaan stok barang
d. Menuliskan keyword yang spesifik merujuk pada kue yang dijual
e. Semua Jawaban

Jawaban: B

23. Perhatikan beberapa hal berikut!

1. Memastikan ketersediaan barang dengan stok minimum 90% dari keseluruhan barang yang ada di etalase toko.
2. Merespon chat pelanggan toko dalam waktu lebih dari 30 menit.
3. Memastikan setiap pesanan yang sudah masuk harus segera diproses untuk dikirim kepada pelanggan.
4. Mengingatkan pelanggan untuk memberi review setelah membeli produk melalui fitur chat.

Dalam melakukan penjualan produk pada e-commerce, penjual perlu meningkatkan pelayanan toko kepada pelanggan, dengan melakukan cara-cara…

a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
e. 2,3,4
e. Semua benar

Jawaban: C

24. Bayangkan Anda berjualan case handphone. Dalam hal meningkatkan pelayanan toko kepada pelanggan, maka hal yang tepat dilakukan adalah…

a. Memberikan foto yang jelas dari lima sisi case pada hero image
b. Membuat bundle jika membeli tiga case akan mendapat harga spesial
c. Memastikan ketersediaan stok case
d. Membuat desain case yang unik dan tahan lama
e. Menuliskan keyword yang spesifik merujuk pada case yang dijual

Jawaban: C

25. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan strategi commercial yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di e-commerce?

a. Memberikan potongan harga
b. Memberikan cashback
c. Melayani chat pelanggan
d. Membuat bundle paket
e. Memberikan hadiah gratis

Jawaban: C

26. Ode menjual produk baju olahraga. Manakah di bawah ini yang merupakan penerapan tips dan trik dari segi onsite excellence yang tepat bagi Ode?

a. Menginformasikan size dan warna baju olahraga dengan jelas
B. Melakukan live streaming
c. Memastikan ketepatan ukuran dan warna sesuai pesanan
d. Memasukkan keyword generic di nama produknya seperti baju olahraga atau sportswear
e. Memberikan cashback

Jawaban: A

27. Apa yang dimaksud onsite excellence dalam lima kunci sukses berjualan di e-commerce?

a. Keunggulan tampilan toko di situs marketplace
b. Seberapa mudah toko ditemukan
c. Cara dan produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan
d. Keunggulan operasional
e. Keunggulan penjual

Jawaban: A

28. Perhatikan hal-hal berikut!

1. Tanggal kadaluarsa
2. Ukuran per kemasan
3. Bahan dasar
4. Jenis pengemasan

Jika Anda berjualan frozen food atau makanan yang dibekukan, maka hal-hal yang perlu dituliskan dalam deskripsi produk adalah…

a. 1,2,3
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar

Jawaban: E

29. Perhatikan hal-hal berikut:

1. Cara penggunaan
2. Foto dari berbagai sisi
3. Pilihan warna
4. Foto utama produk dengan lambang brand

Hal-hal yang dapat Anda masukkan di secondary image adalah…

a. 1,2,3
b. 1,3,4
c. 1,2,4
d. 1,2,3,4
e. 3 dan 4

Jawaban: A

30. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan hal-hal yang dapat membuat toko atau produk anda semakin mudah ditemukan?

a. Sering mengikuti campaign yang dibuka oleh e- commerce
b. Memasukkan keywords yang umum pada nama & deskripsi produk
c. Mengikuti program flash sales yang diadakan oleh e- commerce
d. Membeli iklan berbayar pada platform e-commerce
e. Menyediakan fitur Shop in shop pada halaman toko

Jawaban: C

31. Perhatikan hal-hal berikut!

1. Tanggal kadaluarsa
2. Ukuran per kemasan
3. Bahan dasar
4. Jenis pengemasan
5. Jumlah per sajian

Jika Anda berjualan produk masker wajah organik, maka hal- hal yang perlu dituliskan dalam deskripsi produk adalah…

a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 2, 3, dan 4
e. semua benar

Jawaban: D

32. Manakah di bawah ini yang dapat membuat toko atau produk anda semakin mudah ditemukan?

a. Mencantumkan keuntungan yang diperoleh jika berbelanja
b. Memasukkan keywords yang umum pada nama & deskripsi produk
c. Menjelaskan deskripsi produk dengan detail
d. Membuat tampilan toko yang rapi dan menarik pelanggan
e. Menggunakan fitur Shop in shop pada halaman toko

Jawaban: B

33. Perhatikan hal-hal berikut:

1. Cara penggunaan
2. Foto dari berbagai sisi
3. Foto utama produk
4. Lambang brand

Hal-hal yang sebaiknya Anda masukkan pada hero image adalah…

a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4
e. 3 dan 4

Jawaban: E

34. Manakah di bawah ini yang merupakan fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan customer service?

a. Livestream
b. Voucher creation tools
c. Bundling creation tools
d. Feed
e. Chat

Jawaban: E

35. Anita menjual keripik singkong buatannya di e-commerce. Dari segi promosi dan pemasaran, trik apa yang bisa dilakukan oleh Anita untuk meningkatkan penjualan keripik singkongnya?

a. Memberikan informasi occasion yang menggiurkan supaya calon pembeli tertarik beli
b. Memberikan harga grosir supaya calon pembeli tertarik beli
c. Mengaktifkan voucher atau cashback
d. Sering melakukan live streaming supaya calon pembeli tertarik beli
e. Sering post feed supaya calon pembeli tertarik beli

Jawaban: D

36. Ode menjual produk baju olahraga. Manakah di bawah ini yang merupakan penerapan tips dan trik dari segi discoverability yang tepat bagi Ode?

a. Menginformasikan size dan warna baju olahraga dengan jelas
b. Melakukan live streaming
c. Memastikan ketepatan ukuran dan warna sesuai pesanan
d. Memasukkan keyword generic di nama produknya seperti baju olahraga atau sportswear
e. Memberikan cashback

Jawaban: D

37. Pada lima kunci sukses berjualan di e-commerce, menentukan produk apa saja yang dapat meningkatkan penjualan disebut…

a. Onsite excellence
b. Commercial excellence
c. Promosi dan Pemasaran
e. Discoverability

Jawaban: C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *