Kunci Jawaban Exam Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan

Posted on

Kunci Jawaban Exam Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan” yang ada di platform Skill Academy.

Dengan mengikuti pelatihan ini, kalian diharapkan mampu mengidentifikasikan cara menulis copy yang menarik, persuasif, dan menjual di berbagai media cetak dan digital.

Kunci Jawaban Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Mid Test – Apa Itu Copywriting

1. Copywriting adalah kegiatan menulis teks pemasaran atau iklan yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan engagement dengan konsumen.

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

2. Berikut adalah bagian dalam sebuah copy:

1) Subheading
2) Tagline
3) Call to action
4) Body copy
5) Heading

Urutkan bagian bagian tersebut dengan benar!

a. 1-5-4-3-2
b. 1-5-4-2-3
c. 5-1-4-3-2
d. 5-1-4-2-3
e. 5-1-3-4-2

Jawaban: C

3. Sebuah copy harus menyebutkan value proposition atau keunggulan produk agar bisa meyakinkan konsumen untuk mau melakukan sebuah tindakan. Hal ini termasuk dalam kekuatan copywriting, yaitu….

a. Influence
b. Attention grabber
c. Educate
d. Persuade
e. Engage

Jawaban: D

4. Perhatikan ciri copy berikut:

1) Berbentuk artikel
2) Bersifat soft selling
3) Menerapkan prinsip SEO
4) Harus memiliki desain visual yang menarik

Manakah yang termasuk ciri-ciri advertorial media cetak?

a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 4
d. 1, 2, dan 3
e. 1, 2, dan 4

Jawaban: A

5. Push notification merupakan contoh dari…

a. Email marketing
b. Mobile apps copy
c. Social media copy
d. Web copy
e. Video digital copy

Jawaban: B

Mid Test – Pengetahuan Copywriter

1. Dalam formula AIDA/AIDCA, copywriter bisa memasukkan aspek psikologis untuk menggugah emosi serta logika target konsumen. Di bagian manakah aspek psikologis bisa dimasukkan?

a. Attention
b. Interest
c. Desire
d. Conviction
e. Action

Jawaban: B

2. Di bawah ini yang termasuk contoh kalimat yang menunjukkan ‘advantage’ dalam formula FAB adalah…

a. Bosan liburan di rumah aja?
b. Smartphone yang dilengkapi kamera 20 megapixel
c. HEBOH SUPER SALE 10.10
d. Sistem pendingin yang cepat bisa mendinginkan ruangan hanya dalam waktu lima menit
e. Mending staycation aja, yuk! Ada diskon up to 50% untuk kamu

Jawaban: D

3. “Tidak ori, uang kembalil” merupakan contoh psychological triggers, yaitu…

a. Curiosity
b. Promises
c. Social proof
d. Reciprocity
e. Scarcity

Jawaban: B

4. Perhatikan contoh di bawah ini:

1) Memilih boyband asal Korea Selatan sebagai brand ambassador
2) Menyebutkan satu produk best seller untuk menarik minat konsumen pada produk lain
3) Menampilkan review pengguna yang puas menggunakan produk

Contoh penerapan “Halo Effect sebagai psychological triggers adalah…

a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1 saja
e. 3 saja

Jawaban: A

5. Dita menonton sebuah iklan tentang Hari Ibu yang mengharukan. Tanpa sadar, Dita jadi ikut menangis. Psychological triggers yang diterapkan dalam iklan tersebut adalah…

a. Social proof
b. Reciprocity
c. Halo effect
d. Emoji
e. Mirror neurons

Jawaban: E

Mid Test – Kemampuan Copywriter

1. Kemampuan menulis copy yang baik harus kaku dan baku sesuai EYD.

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

2. Menggunakan kata-kata powerful agar tepat sasaran merupakan contoh salah satu kemampuan menulis, yaitu…

a. Tatabahasa
b. Storytelling
c. Menulis efektif
d. Proofreading
e. Empati

Jawaban: C

3. Farhan ingin menulis advertorial untuk produk mesin cuci. Target konsumennya adalah ibu muda. Maka, Farhan mencari tahu apa yang menjadi masalah yang sering dialami ibu muda terkait pekerjaan rumah tangga yang mereka kerjakan, khususnya mencuci. Kemampuan menulis yang Farhan diterapkan adalah…

a. Storytelling
b. Proofreading
c. Mirror neurons
d. Benefits more than features
e. Empati

Jawaban: E

4. Berpikir lateral adalah proses berpikir secara vertikal atau step by step dengan mengikuti prosedur yang umum dan logis berdasarkan data-data yang dimiliki.

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

5. Perhatikan contoh berikut:

1) Rajin melakukan riset untuk perbanyak referensi
2) Membaca topik yang disukai saja
3) Berlatih untuk melihat masalah dari sudut pandang lain
4) Sangat selektif dengan ide sendiri
5) Rajin brainstorming

Hal yang harus dilakukan untuk mengasah kemampuan creative thinking adalah…

a. 1, 3, dan 4
b. 1, 3, dan 5
c. 1, 2, dan 3
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 3, dan 5

Jawaban: B

Mid Test – Langkah Dasar Menulis

1. Mutia adalah seorang copywriter di sebuah e-commerce. Saat ingin membuat push notification untuk event 10.10, Mutia mencari tahu jenis promo yang diberikan serta syarat dan ketentuan yang berlaku dalam event tersebut. Bentuk riset yang Mutia lakukan adalah….

a. know your product
b. Know your audience
c. Know your media
d. know your message
e. Know your competitors

Jawaban: A

2. Contoh penulisan formula urgent dalam headline adalah…

a. 5 Tanda Keuanganmu Bermasalah
b. Hanya Hari Inil Diskon up to 50%
c. Mipan Zuzuzu Nyamnyamnyam, Diskon Makanan 20%
d. Mau makan enak, tapi lagi tanggal tua?
e. Buat Liburanmu Jadi Seru dengan 3 Ide Ini

Jawaban: B

3. Menggunakan kata “kamu” atau menyebut nama target audiens merupakan contoh power words dalam headline.

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Contoh penulisan call to action dengan style yang emosional adalah…

a. “Shop now!”
b. Mau
c. Subscribe sekarang dan dapatkan akses gratis selama 30 hari!
d. Ayo bantu korban banjir bandang untuk bersekolah lagi!
e. “Yakin mau cuekin promo ini?”

Jawaban: D

5. Perhatikan contoh berikut:
“Download aplikasinya sekarang dan dapatkan voucher diskon tambahan senilai 25%.
Checklist dalam call to action tersebut adalah…

a. Style tertentu dan urgensi
b. Style dan pengurangan risiko penolakan
c. Urgensi dan pengurangan risiko penolakan
d. Urgensi dan visible
e. Visible dan pengurangan risiko penolakan

Jawaban: C

Mid Test – Menulis Copy

1. Panjang body copy pada advertorial media cetak dan media digital harus sama panjang, minimal 1,000 kata.

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

2. Perhatikan bagian copy dalam iklan online travel agent berikut:

1) Headline yang menarik
2) Jumlah diskon yang berlaku
3) Syarat dan ketentuan detail promo
4) Call to action untuk mendownload aplikasi

Karena billboard bersifat selintas, maka info yang wajib dimasukkan adalah…

a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 4
d. 2. 3, dan 4
e. Semua benar

Jawaban: B

3. Perhatikan media copy digital di bawah ini:

1) Push notification
2) Email marketing
3) Media sosial

Airin ingin menggunakan emoji dalam copy-nya agar terlihat menarik. Media mana saja yang cocok menggunakan emoji?

a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2, dan 3
e. 3 saja

Jawaban: D

4. Kiki menulis headline media digital sebagai berikut:
“Mulai bosan di rumah aja? Sini, aku kasih tips supaya tetap happy walau DiRumahAja”. Headline tersebut cocok digunakan untuk…

a. Push notification
b. Email Marketing
c. Web copy
d. Email marketing dan push notification
e. Web copy, email marketing, dan push notification

Jawaban: D

5. Sari menulis headline advertorial sebagai berikut:
“Penginapan Nyaman di Puncak untuk santai di Akhir Pekan”. Jika Sari ingin menulis artikel yang sama dalam bentuk web copy, maka judul yang ideal adalah…

a. Penginapan Nyaman di Puncak untuk santai di Akhir Pekan
b. 5 Hotel Seru untuk Staycation di Puncak
c. Ssst! Ada Info Hotel buat Libur Akhir Pekan, nih!
d. Hai, kamul Berikut Hotel di Puncak untuk Bersantai di Akhir Pekan
e. Super Nyaman! Bersantai di Hotel Puncak, Jawa Barat

Jawaban: B

Post Exam

1. Sebuah copy memiliki kekuatan untuk membujuk target konsumen melakukan sebuah tindakan sesuai dengan…

a. Goals atau tujuan iklan
b. Inti pesan iklan
c. Headline iklan
d. Media iklan
e. Keuntungan yang iklan tawarkan

Jawaban: A

2. Intan ingin membuat copy yang langsung bisa menarik perhatian target konsumen sejak pertama kali melihat, bagian copy manakah yang harus dibuat semenarik mungkin?

a. Call to Action
b. Subheading
c. Heading
d. Body Copy
e. Slogan

Jawaban: C

3. Aryo ingin membeli mesin cuci. Sebagai referensi, dia melihat brosur mesin cuci A yang ada di toko elektronik. Setelah membaca brosur, Arya yang awalnya ragu jadi semakin yakin untuk membeli mesin cuci A. Contoh ini membuktikan jika copywriting memiliki kekuatan…

a. Promises
b. Persuade
c. Engage
d. Influence
e. Action

Jawaban: B

4. Di bawah ini yang merupakan ciri media luar ruang atau Out-of-Home Media adalah….

a. Bersifat selintas
b. Detail pada bagian body copy
c. Menonjolkan value proposition
d. Tidak menonjolkan visual
e. Memiliki bagian copy yang lengkap

Jawaban: A

5. “MENULISKAN CIRI UTAMA DARI PRODUK YANG DIJUAL”
merupakan komponen dari formula FAB, yaitu:

a. Feature
b. Advantage
c. Benefit
d. Action
e. Attention

Jawaban: A

6. Adela gemar menonton film lewat media streaming secara gratis. Suatu hari, Adel melihat iklan di media streaming tersebut yang berbunyi, “Daftar akun premium sekarang! Dapatkan free selama 3 bulan”. Tanpa menunggu lama, Adel langsung mendaftarkan akunnya, ke akun premium.

Psychological trigger yang digunakan dalam copy tersebut adalah…

a. Social proof
b. Curiosity
c. Reciprocity
d. Promises
e. Scarcity

Jawaban: C

7. Berikut ini contoh frasa yang menggunakan promises sebagai psychological trigger adalah…

a. “100% original”
b. “Beli sekarang”
c. “Hanya berlaku hari ini”
d. “Mau?”
e. “Ratusan orang sudah daftar member, kamu kapan?”

Jawaban: A

8. Karina membuat iklan video bertema Hari Ibu. Premis videonya adalah seorang anak yang terbiasa makan malam bersama ibunya dari kecil, tapi saat sudah dewasa dia hampir tidak pernah makan bersama lagi karena terlalu sibuk bekerja. Supaya lebih mengena ke emosi target konsumen, Karina menyematkan pertanyaan, “Kalau kamu, kapan terakhir makan bareng ibu?”. Pertanyaan tersebut termasuk faktor penguat dalam teknik storytelling, yaitu…

a. Relatable
b. Keep it short and simple
c. Tepat sasaran
d. Tidak Relatable
e. Tidak tepat sasaran

Jawaban: A

9. Salah satu cara untuk mengasah creative thinking skill adalah membiasakan diri untuk berpikir…

a. Critical
b. Traditional
c. Conditional
d. Vertical
e. Lateral

Jawaban: E

10. Manfaat dari riset target audiens sebelum membuat copy adalah…

a. Mengetahui di media mana copy akan dipublikasikan
b. Mengetahui goals dari iklan
c. Menentukan style copy yang akan digunakan
d. Mengetahui karakteristik copy
e. Mengetahui panjang-pendeknya copy yang akan dibuat

Jawaban: C

11. “Hai, kamu! Nonton sama aku yuk;)”.

Headline tersebut menggunakan salah satu dari 4-U Formula, yaitu…

a. Ultra-specific
b. Unique
c. Urgent
d. Useful
e. Unexpected

Jawaban: C

12. Andi ingin membuat call to action menggunakan reciprocity sebagai psychological triggers untuk mengurangi risiko penolakan. Maka, call to action yang Andi buat adalah…

a. Shop now
b. Terbatas hanya 2 hari
c. Get your ticket now and enjoy your holiday!
d. Subscribe sekarang dan dapatkan free streaming 2 bulan
e. Bantu Pak Adi berjualan lagi

Jawaban: D

13. Dalam creative brief, ada istilah objective yang akan membantu copywriter dalam membuat copy. Objective adalah…

a. Media iklan/campaign
b. Gaya iklan/campaign
c. Latar belakang brand company
d. Latar belakang iklan/campaign
e. Tujuan iklan/campaign

Jawaban: A

14. Dalam push notification dan email marketing, copy yang dibuat sering menyebut nama customer dan menggunakan emoji. Alasannya?

a. Mengikuti template copy yang sudah ada.
b. Agar terkesan lebih personal dan friendly.
c. Ingin menumbuhkan empati.
d. Mengikuti tren yang sedang viral.
e. Agar terlihat berbeda dari yang lain.

Jawaban: B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *