Kunci Jawaban Exam Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan Whatsapp

Posted on

Kunci Jawaban Exam Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan Whatsapp

Kunci jawaban exam lengkap kelas pelatihan prakerja “Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan Whatsapp” yang ada di platform Skill Academy.

Dengan mengikuti pelatihan ini, kalian akan mempelajari tips mempromosikan bisnis melalui Whatsapp agar dapat meningkatkan penjualan.

Kunci Jawaban Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan Whatsapp

Disini urutan soal pre-exam, mid test dan exam biasanya akan diacak, jadi kalian harus mengabaikan nomor soal dan fokus mencocokkan kunci jawabannya saja.

Pre Exam

1. Di WhatsApp Messenger, pengguna dapat secara bebas mengganti nama profil yang dimiliki tanpa terbatas batas waktu ataupun ketentuan lainnya. Namun di WhatsApp Business, penggunanya tidak bisa bebas mengganti nama profil dikarenakan…

a. Untuk mengindikasikan bahwa akun bisnis yang didaftarkan bukanlah akun bodong yang dapat dimanipulasi sewaktu-waktu.
b. Untuk mengindikasikan bahwa para pebisnis haruslah sudah yakin dengan nama bisnisnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.
c. WhatsApp Business menginginkan para bisnis untuk konsisten dengan pemilihan nama.
d. WhatsApp Business belum memiliki fitur untuk mengganti nama profil yang didaftarkan.
e. Pengguna WhatsApp Business harus menunggu setidaknya 3 hari untuk dapat mengganti nama profil bisnis untuk proses verifikasi.

Jawaban: A

2. Fitur yang tepat untuk digunakan apabila ada customer yang mengirimkan pesan di luar jam kerja atau di saat
bisnis sedang tutup adalah…

a. Auto greeting
b. Auto reply scheduler
c. Statistic
d. Labelling
e. Broadcast

Jawaban: B

3. Fitur pengelompokan pesan atau label ini sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya, dikarenakan fitur ini dapat…

a. Menyediakan salam atau sapaan pada customer. Bisa menggunakan pesan otomatis ini kepada pelanggan baru untuk menyambut sebagai sapaan awal.
b. Menampilkan sekaligus berbagi produk dijual agar calon pembeli lebih mudah dalam menemukan produk yang dicarinya.
c. Bertukar data seperti dokumen, foto, maupun audio. Semua data tersebut akan bisa disimpan.
d. Menunjukan sejumlah data seperti data pelanggan, barang dikirim barang diproduksi, dil.
e. Saat daftar chat yang diterima sangat banyak, cukup mengklik kategorinya saja, lalu secara otomatis akan dimunculkan data siapa saja customer sesuai kategori.

Jawaban: E

4. Berikut yang bisa dilakukan pebisnis dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Status sebagai upaya meningkatkan penjualan, kecuali…

a. Melakukan demo produk lewat status Whatsapp Business
b. Merekam aktivitas karyawan saat mengemas barang yang akan dikirim
c. Memberikan informasi terkait pemberian discount dan giveaway
d. Memberikan informasi penjualan terkait omzet/ daftar karyawan/ hal-hal penting bisnis lainnya.
e. Menampilkan flyer digital terkait quiz ataupun games.

Jawaban: D

5. Brand persona sering didefinisikan sebagai perangkat karakteristik manusia yang terkait dengan sebuah brand, tentang apa dan siapa bisnis sebagai brand, apa yang ditawarkan atau diberikan ke pelanggan dari brand bisnis tersebut. Apabila Dimas memiliki brand bisnis berupa sepatu olahraga khusus pria yang tahan lama dan didesain dengan mengikuti perkembangan jaman. Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis sepatu milik Dimas tersebut adalah…

a. Sporty, aktif, dan maskulin.
b. Friendy, down to earth, dan akal ENKI
c. Aman, mewah, dan maskulin.
d. Independen, mewah, dan jujur.
e. Kelas atas, down-to-earth, dan senang berpetualang.

Jawaban: A

6. Yang dimaksud dengan buzz dalam marketing adalah…

a. Istilah di dunia maya untuk menggambarkan cepatnya penyebaran suatu berita atau informasi.
b. Bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audience (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan.
c. Cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen, bisa berupa brochure, catalog, CD trial
gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya.
d. Strategi untuk menciptakan kondisi agar produk atau layanan yang anda pasarkan menjadi perbincangan banyak orang.
e. Iklan internet yang mana pada saat pengguna mengklik maka iklan akan tampil di jendela browser baru.

Jawaban: D

7. Berikut adalah bentuk upaya dalam memperbanyak kontak WhatsApp bisnis Anda, kecuali…

a. Menyimpan nomor kontak di grup yang Anda masuki.
b. Menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai ganti menyimpan kontak Anda.
c. Menyimpan nomor calon pelanggan yang pernah chat.
d. Menawarkan iming-iming hadiah bernilai besar kepada apabila orang tersebut menyimpan kontak Anda.
e. Membuat grup sendiri

Jawaban: D

8. Admin ini bertanggung jawab dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Biasanya menghandle beberapa tugas seperti menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait produk dan pembelian. User yang menangani pelanggan juga akan menjawab segala komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian dan pengembalian barang. Ini merupakan tugas dari admin…

a. Admin Media Sosial & Platform Penjualan
b. Admin Keuangan & Pembelian
c. Admin Customer Handling & Customer Service
d. Admin Gudang & Pengiriman
e. Admin Produksi

Jawaban: C

9. Salah satu konten yang bisa meningkatkan kepercayaan sebuah brand dan calon konsumennya adalah dengan menggunakan screenshot. Hal ini ampuh untuk membuktikan bahwa bisnis telah memiliki sejarah pelanggan yang puas. Screenshot yang bisa ditunjukkan kepada customer dapat berupa…

a. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial.
b. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk, jawaban quiz.
c. Testimonial, nomor resi pengiriman, video proses pembuatan produk
d. Testimonial, data penting, Call-to-action (CTA).
e. Testimonial, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk.

Jawaban: A

10. Rahmi adalah seorang pebisnis yang menjual baju-baju perempuan muslimah, ia berniat untuk membuat konten berbentuk video yang berkaitan dengan produk yang ia jual. Dari konten-konten video dibawah ini, konten video manakah yang paling sesuai dengan produk yang Rahmi jual dan memungkinkan calon customer dapat tertarik membeli produknya adalah…

a. Vlog yang menceritakan tentang kisah perjalanan Rahmi membangun bisnisnya
b. Video yang menceritakan tentang kronologi penipuan yang pernah dialami bisnis Rahmi
c. Video-video agama (pengajian, ceramah, dll)
d. Vlog keseharian Rahmi dalam menjalankan bisnisnya
e. Video how-to styling dengan berbagai macam model dengan produk busana muslimah Rahmi.

Jawaban: E

Mid Test – Pengenalan WhatsApp Business

1. Pada aplikasi WhatsApp Messenger, logo aplikasi yang digunakan adalah gambar logo gagang telepon dengan latar belakang warna hijau terang, sedangkan pada aplikasi WhatsApp Business, logo aplikasi yang digunakan adalah…

a. Gambar notebook dengan latar belakang warna hijau terang
b. Gambar jabatan tangan dengan latar belakang wama hijau terang
c. Gambar huruf kapital “B” dengan latar belakang warna hijau terang
d. Gambar jabatan tangan dengan latar belakang warna putih
e. Gambar huruf kapital “B” dengan latar belakang warna putih

Jawaban: C

2. Di kolom web pada setelan profil bisnis di WhatsApp Business, apabila bisnis yang dimiliki tidak atau belum memiliki website sendiri, pemilik bisnis bisa memasukkannya dengan link alamat sosial media bisnis, seperti Instagram, Twitter, dll. Pernyataan pengaturan web di profil WhatsApp Business tersebut adalah….

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Fitur statistik dapat dimanfaatkan sebagai peninjau jumlah statistik pesan yang telah terkirim dan pesan yang masuk. Dengan adanya fitur ini,pebisnis dapat mengetahui pesan/konten penawaran apa yang efektif bagi bisnisnya.
Definisi fungsi dari fitur statistik pesan diatas
adalah….

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

4. Setelah berhasil mengunduh aplikasi WhatsApp Business, akan ada pilihan “Back up Data’ yang berfungsi untuk…

a. Apabila ingin migrasi nomor dan ingin mencari back up chat, maka akan memulihkan chat lama
b. Apabila ingin menggunakan nomor baru di aplikasi WhatsApp Business
c. Mengganti setelan bahasa yang akan digunakan
d. Memasukan data dari bisnis yang dimiliki
e. Mendata semua profil-profil bisnis yang dimiliki

Jawaban: A

5. Berikut yang bisa dilakukan pebisnis dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Status sebagai upaya meningkatkan penjualan, kecuali…

a. Menampilkan flyer digital terkait quiz ataupun games
b. Melakukan demo produk lewat status Whatsapp Business
c. Memberikan informasi penjualan terkait omzet/daftar karyawan/ hal-hal penting bisnis lainnya
d. Merekam aktivitas karyawan saat mengemas barang yang akan dikirim
e. Memberikan informasi terkait pemberian discount dan giveaway

Jawaban: C

Mid Test – Optimalkan WhatsApp Business

1. Indah memiliki usaha menjual barang-barang daur ulang bekas pakai. Dengan kreativitasnya, Indah mengubah sampah atau barang tak terpakai dan dibuatnya kembali menjadi tas dan dompet yang ia jual kembali dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis milik Indah tersebut adalah…

a. Rugged
b. Caregiver
c. Excitement
d. Sophistication
e. Competence

Jawaban: B

2. Yang dimaksud dengan buzz dalam marketing adalah…

a. Bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audience (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan
b. Cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen, bisa berupa brochure, catalog trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya
c. Strategi untuk menciptakan kondisi agar produk atau layanan yang anda pasarkan menjadi perbincangan banyak orang
d. iklan internet yang mana pada saat pengguna mengklik maka iklan akan tampil di jendela browser baru
e. Istilah di dunia maya untuk menggambarkan

Jawaban: C

3. Brand persona yang kurang otentik dapat membangun kepercayaan pelanggan dan membantu menjaga kesetiaan mereka. Dan bila brand persona anda jelas, nama brand anda bahkan bisa menjadi istilah generik untuk produk sejenis.
Pernyataan tentang brand persona diatas adalah…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

4. Romi adalah pebisnis yang memiliki gerai minuman. la menjual berbagai minuman viral yang kekinian berbagai rasa dan isian. Kebanyakan pembeli yang datang ke gerai minumannya adalah anak-anak dan remaja.
Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis milik Romi tersebut adalah…

a. Rugged
b. Caregiver
c. Excitement
d. Sophistication
e. Competence

Jawaban: C

5. Perhatikan Brand-brand berikut ini:

• Rolex
• Gucci
• Apple

Apakah brand personality dari brand-brand tersebut adalah rugged?

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Mid Test – Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

1. Rangkaian aktivitas layanan pelanggan untuk membantu pelanggan mendapatkan pelayanan yang berhubungan dengan produk ataupun jasa dari bisnis secara langsung.
Pernyataan diatas adalah definisi dari…

a. Real-time customer support
b. Real time customer profit
c. Efficiency support handling
d. Profit oriented customer
e. Business profit center

Jawaban: A

2. Di WhatsApp Business, kontak tetap bisa menerima pesan yang dikirimkan walau mereka belum menyimpan nomor Anda.
Pernyataan diatas..

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

3. Berikut adalah yang bukan cara untuk membangun database nomor-nomor pelanggan dengan WhatsApp adalah…

a. Menyimpan nomor nomor yang ada di grup yang di mana anda tergabung.
b. Menawarkan sesuatu yang bernilai kepada mereka sebagai ganti nomor telepon
c. Menyimpan nomor calon pelanggan yang pernah chat
d. Menunggu ada calon pelanggan yang menghubungi duluan
e. Atur jadwal broadcast, jangan terlalu sering

Jawaban: D

4. Dengan mengontak langsung, harapannya Anda bisa mengumpulkan database baru, dan sebaliknya, database yang kita kontak dan simpan tadi juga menyimpan nomor Anda juga.
Pernyataan diatas:

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

5. Admin yang akan menjawab segala komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian dan pengembalian barang disebut dengan admin…

a. Admin Keuangan & Pembelian
b. Admin Media Sosial & Platform Penjualan
c. Admin Gudang & Pengiriman
d. Admin Produksi
e. Admin Customer Handling & Customer Service

Jawaban: E

Mid Test – Tingkatkan Konten Bisnis

1. Salah satu konten yang sedang disukai adalah infografis, biasanya infografis memuat data-data penting seperti hasil survei, fakta hingga hal yang baru yang tidak atau belum terungkap.
Apabila Fadli memiliki bisnis coffee shop dan ingin membuat konten infografis, data yang paling sesuai dengan bisnis Fadli untuk dibuat infografisnya adalah…

a. Pengenalan data diri Fadli dan pegawainya untuk mendekatkan diri dengan pelanggan
b. Daftar coffee shop terdekat lainnya yang ada di sekitar coffee shop Fadli
c. Jenis kopi dan olahan yang paling terkenal di Indonesia dari tahun ke tahun
d. Daftar pemasukan dan pengeluaran bersih dari coffee shop Fadli
e. Data dan latar belakang pegawai terbaik di coffee shop Fadli

Jawaban: C

2. Pemberian giveaway adalah cara yang sangat efektif untuk menangkap calon pelanggan. Memberikan giveaway pada sebuah pembelian merupakan cara yang baik untuk memberikan value tambahan pada pelanggan.
Pernyataan manfaat pemberian giveaway diatas adalah…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: A

3. Salah satu konten yang bisa meningkatkan kepercayaan sebuah brand dan calon konsumennya adalah dengan menggunakan screenshot. Hal ini ampuh untuk membuktikan bahwa bisnis telah memiliki sejarah pelanggan yang puas. Screenshot yang bisa ditunjukkan kepada customer dapat berupa…

a. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk, jawaban quiz.
b. Testimonial, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk
c. Testimonial, nomor resi pengiriman, video proses pembuatan produk.
d. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial.
e. Testimonial, data penting, Call-to-action (CTA)

Jawaban: D

4. Berikut ini adalah cara untuk membuat foto produk yang eye-catching, kecuali…

a. Gunakan setting/background yang menarik
b. Lighting dibuat temaram
c. Resolusi gambar yang baik, tidak pecah
d. Produk dirangkai serapi dan semenarik mungkin
e. Gunakan perpaduan warna yang bagus dan sesuai

Jawaban: B

5. Diskon yang menggunakan nilai mata uang (misal: diskon bernilai Rp 50.000 rupiah atau Rp 100.000). kurang efektif, karena tidak dapat membuat orang-orang merasa seperti membuang uang ketika tidak menggunakannya.
Pernyataan jenis diskon diatas adalah…

a. Benar
b. Salah

Jawaban: B

Post Exam

1. Di WhatsApp Messenger, pengguna dapat secara bebas mengganti nama profil yang dimiliki tanpa terbatas batas waktu ataupun ketentuan lainnya. Namun di WhatsApp Business, penggunanya tidak bisa bebas mengganti nama profil dikarenakan…

a. Untuk mengindikasikan bahwa akun bisnis yang didaftarkan bukanlah akun bodong yang dapat dimanipulasi sewaktu-waktu.
b. Untuk mengindikasikan bahwa para pebisnis haruslah sudah yakin dengan nama bisnisnya agar tidak terjadi kesalahpahaman
c. WhatsApp Business menginginkan para bisnis untuk konsisten dengan pemilihan nama.
d. WhatsApp Business belum memiliki fitur untuk mengganti nama profil yang didaftarkan
e. Pengguna WhatsApp Business harus menunggu setidaknya 3 hari untuk dapat mengganti nama profil bisnis untuk proses verifikasi

Jawaban: A

2. Fitur yang tepat untuk digunakan apabila ada customer yang mengirimkan pesan di luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup adalah…

a. Auto greeting
b. Auto reply scheduler
c. Statistic
d. Labelling
e. Broadcast

Jawaban: B

3. Fitur pengelompokan pesan atau label ini sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya, dikarenakan fitur ini dapat..

a. Menyediakan salam atau sapaan pada customer. Bisa menggunakan pesan otomatis ini kepada pelanggan baru untuk menyambut sebagai sapaan awal
b. Menampilkan sekaligus berbagi produk dijual agar calon pembeli lebih mudah dalam menemukan produk yang dicarinya.
c. Bertukar data seperti dokumen, foto, maupun audio. Semua data tersebut akan bisa disimpan
d. Menunjukan sejumlah data seperti data pelanggan, barang dikirim, barang diproduksi, dll
e. Saat daftar chat yang diterima sangat banyak, cukup mengklik kategorinya saja, lalu secara otomatis akan dimunculkan data siapa saja customer sesuai kategori

Jawaban: E

4. Berikut yang bisa dilakukan pebisnis dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Status sebagai upaya meningkatkan penjualan, kecuali…

a. Melakukan demo produk lewat status Whatsapp Business
b. Merekam aktivitas karyawan saat mengemas barang yang akan dikirim
c. Memberikan informasi terkait pemberian discount dan giveaway
d. Memberikan informasi penjualan terkait omzet/daftar karyawan/ hal-hal penting bisnis lainnya
e. Menampilkan flyer digital terkait quiz ataupun games.

Jawaban: D

5. Brand persona sering didefinisikan sebagai perangkat karakteristik manusia yang terkait dengan sebuah brand, tentang apa dan siapa bisnis sebagai brand, apa yang ditawarkan atau diberikan ke pelanggan dari brand bisnis tersebut.

Apabila Dimas memiliki brand bisnis berupa sepatu olahraga khusus pria yang tahan lama dan didesain dengan mengikuti perkembangan jaman. Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis sepatu milik Dimas tersebut adalah…

a. Sporty, aktif, dan maskulin.
b. Friendly, down to earth, dan aktif
c. Aman, mewah, dan maskulin.
d. Independen, mewah, dan jujur.
e. kelas atas, down-to-earth, dan senang berpetualang

Jawaban: A

6. Yang dimaksud dengan buzz dalam marketing adalah…

a. Istilah di dunia maya untuk menggambarkan cepatnya penyebaran suatu berita atau informasi.
b. Bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audience (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan
c. Cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya
d. Strategi untuk menciptakan kondisi agar produk atau layanan yang anda pasarkan menjadi perbincangan banyak orang
e. Iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka Iklan akan tampil di jendela browser baru

Jawaban: D

7. Berikut adalah bentuk upaya dalam memperbanyak kontak WhatsApp bisnis Anda, kecuali…

a. Menyimpan nomor kontak di grup yang Anda masuki.
b. Menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai ganti menyimpan kontak Anda.
c. Menyimpan nomor calon pelanggan yang pernah chat
d. Menawarkan iming-iming hadiah bernilai besar kepada apabila orang tersebut menyimpan kontak Anda
e. Membuat grup sendiri.

Jawaban: D

8. Admin ini bertanggung jawab dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Biasanya meng-handle beberapa tugas seperti menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait produk dan pembelian User yang menangani pelanggan juga akan menjawab segala komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian dan pengembalian barang, Ini merupakan tugas dari admin…

a. Admin Media Sosial & Platform Penjualan
b. Admin Keuangan & Pembelian
c. Admin Customer Handling & Customer Service
d. Admin Gudang & Pengiriman
e. Admin Produksi

Jawaban: C

9. Salah satu konten yang bisa meningkatkan kepercayaan sebuah brand dan calon konsumennya adalah dengan menggunakan screenshot. Hal ini ampuh untuk membuktikan bahwa bisnis telah memiliki sejarah pelanggan yang puas. Screenshot yang bisa ditunjukkan kepada customer dapat berupa…

a. Penghargaan industri daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial.
b. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk, jawaban quiz.
c. Testimonial, nomor resi pengiriman, video proses pembuatan produk
d. Testimonial, data penting. Call-to-action (CTA)
e. Testimonial, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk

Jawaban: A

10. Rahmi adalah seorang pebisnis yang menjual baju-baju perempuan muslimah, ia berniat untuk membuat konten berbentuk video yang berkaitan dengan produk yang ia jual. Dari konten-konten video dibawah ini, konten video manakah yang paling sesuai dengan produk yang Rahmi jual dan memungkinkan calon customer dapat tertarik membeli produknya adalah…

a. Vlog yang menceritakan tentang kisah perjalanan Rahmi membangun bisnisnya
b. Video yang menceritakan tentang kronologi penipuan yang pernah dialami bisnis Rahmi
c. Video-video agama (pengajian, ceramah,
d. Vlog keseharian Rahmi dalam menjalankan bisnisnya
e. Video how to styling dengan berbagai macam model dengan produk busana muslimah Rahmi.

Jawaban: E

11. Manakah di bawah ini yang merupakan contoh membangun buzz untuk menggaet banyak target konsumen?

a. Andi menggunakan fitur auto greeting untuk menyapa pelanggan baru
b. Andi melakukan paid promote di sejumlah akun selebgram dan selebritis yang memiliki banyak followers
c. Andi meninjau jumlah statistik pesan yang telah terkirim dan pesan yang masuk, sehingga dapat mengetahui pesan apa yang efektif.
d. Andi melakukan paid promote di satu akun selebgram yang memiliki sedikit followers
e. Andi mengelompokkan followers yang ada di akun media sosial bisnisnya

Jawaban: B

12. Romi adalah pebisnis yang memiliki gerai minuman. la menjual berbagai minuman viral yang kekinian berbagai rasa dan isian. Kebanyakan pembeli yang datang ke gerai minumannya adalah anak-anak dan remaja.
Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis milik Romi tersebut adalah…

a. Rugged
b. Caregiver
c. Excitement
d. Sophistication
e. Competence

Jawaban: C

13. Kamu ingin menunjukkan kepada para pelanggan yang ada di kontak WhatsApp Businessmu, bahwa brownies panggang yang kamu jual higienis. Maka, kira-kira status WhatsApp seperti apa yang akan kamu unggah di WhatsApp Businessmu?

a. Informasi diskon
b. Foto aneka brownies panggang yang kamu jual
c. Gambar giveaway
d. Video testimoni konsumen yang sudah pernah beli brownies yang kamu jual
e. Video saat karyawan membuat brownies panggang di dapur yang bersih dan dengan peralatan masak yang bersih

Jawaban: E

14. Persona yang memancarkan keanggunan, gaya, dan prestise disebut…

a. Caregiver
b. Competent
c. Excited
d. Rugged
e. Sophisticated

Jawaban: E

15. Berikut yang bisa dilakukan pebisnis dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Status sebagai upaya meningkatkan penjualan, kecuali…

a. Melakukan demo produk lewat status Whatsapp Business
b. Merekam aktivitas karyawan saat mengemas barang yang akan dikirim
c. Memberikan informasi terkait pemberian discount dan giveaway
d. Memberikan informasi penjualan terkait omzet/ daftar karyawan/ hal-hal penting bisnis lainnya.
e. Menampilkan flyer digital terkait quiz ataupun games.

Jawaban: D

16. Berikut ini adalah cara untuk membuat foto produk yang eye-catching, kecuali…

a. Gunakan setting/background yang menarik
b. Lighting dibuat temaram
c. Resolusi gambar yang baik, tidak pecah
d. Produk dirangkai serapi dan semenarik mungkin
e. Gunakan perpaduan warna yang bagus dan sesuai

Jawaban: B

17. Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) adalah perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk. Brand persona dari SpaceX adalah…

a. Rugged
b. Caregiver
c. Excitement
d. Sophistication
e. Competence

Jawaban: E

18. Kamu ingin menunjukkan kepada para pelanggan yang ada di kontak WhatsApp Businessmu, bahwa bisnis busana muslim yang kamu jalankan benar-benar real. Maka, kira-kira status WhatsApp seperti apa yang akan kamu unggah di WhatsApp Businessmu?

a. Informasi diskon
b. Foto produk busana muslim yang kamu jual
c. Video aktivitas karyawan saat mengemas baju muslim yang akan dikirim
d. Gambar giveaway
e. Video demo produk

Jawaban: C

19. Shania ingin menawarkan harga promo dari produk kecantikan yang ia jual kepada semua pelanggannya melalui WhatsApp Business Fitur apa yang dapat Shania gunakan agar pesannya bisa sampai cepat ke semua pelanggannya?

a. Fitur auto greeting
b. Fitur reply scheduler
c. Fitur broadcast
d. Fitur labeling customer
e. Fitur statistik pesan

Jawaban: C

20. Kamu ingin menunjukkan kepada para pelanggan yang ada di kontak WhatsApp Businessmu, bahwa bisnis madu sehat yang kamu jalankan benar-benar memberi manfaat kesehatan. Maka, kira-kira status WhatsApp seperti apa yang akan kamu unngah di WhatsApp Businessmu?

a. Informasi diskon
b. Foto produk madu sehat yang kamu jual
c. Daftar harga madu sehat yang kamu jual
d. Testimoni dari konsumen yang sudah mengonsumsi madu sehat yang kamu jual
e. Gambar giveaway

Jawaban: D

21. Salah satu brand persona berdasarkan perilaku manusia adalah caregiver. Apa itu caregiver?

a. Persona yang bersifat empati dan baik hati
b. Pemimpin berpengaruh yang dapat membantu pelanggan atau memengaruhi mereka untuk bertindak
c. Persona yang bersemangat, senang melakukan apa saja, dan memulai petualangan dengan mudah
d. Persona yang cenderung berotot, atletis dan tangguh
e. Persona yang memancarkan keanggunan, gaya dan prestise

Jawaban: A

22. Fitur pada WhatsApp Business yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan riset adalah….

a. Fitur auto greeting
b. Fitur reply scheduler
c. Fitur broadcast
d. Fitur labeling customer
e. Fitur statistik pesan

Jawaban: E

23. Fitur pengelompokan pesan atau label ini sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya, dikarenakan fitur ini dapat…

a. Menyediakan salam atau sapaan pada customer. Bisa menggunakan pesan otomatis ini kepada pelanggan baru untuk menyambut sebagai sapaan awal.
b. Menampilkan sekaligus berbagi produk dijual agar calon pembeli lebih mudah dalam menemukan produk yang dicarinya.
c. Bertukar data seperti dokumen, foto, maupun audio. Semua data tersebut akan bisa disimpan.
d. Menunjukan sejumlah data seperti data pelanggan, barang dikirim barang diproduksi, dil.
e. Saat daftar chat yang diterima sangat banyak, cukup mengklik kategorinya saja, lalu secara otomatis akan dimunculkan data siapa saja customer sesuai kategori.

Jawaban: E

24. Adit ingin mengelompokkan para pelanggan yang ada di kontak WhatsApp Businessnya sesuai dengan isi pesan mereka. Fitur apa yang dapat digunakan Adit?

a. Fitur auto greeting
b. Fitur reply scheduler
c. Fitur Broadcast
d. Fitur labeling customer
e. Fitur statistik pesan

Jawaban: D

25. Manakah di bawah ini urutan cara yang tepat dalam membuat list broadcast dan memilih kontak sesuai kategori pelanggan pada aplikasi WhatsApp Business?

a. Klik tombol hijau – edit nama list – pilih menu – siaran baru-pilih minimal 2 kontak – selesai
b. Pilih menu – siaran baru – pilih minimal 2 kontak – klik tombol hijau – edit nama list – selesai
c. Pilih menu – edit nama list – pilih menu – siaran baru – pilih minimal 2 kontak-selesai
d. Pilih menu – siaran baru – pilih minimal 2 kontak – selesai – pilih menu – edit nama list
e. Klik tombol hijau – edit nama list – selesai – pilih menu – siaran baru – pilih minimal 2 kontak

Jawaban: B

26. Perhatikan poin-poin di bawah ini:
1) Diskon berbentuk persentase
2) Foto produk yang eye catching
3) Free shipping
4) Screenshot testimoni
5) Diskon yang memiliki nilai mata uang

Dari lima poin di atas, manakah yang merupakan penawaran menarik untuk pelanggan?

a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 1 dan 5
e. 2 dan 5

Jawaban: C

27. Kamu adalah pebisnis kue ulang tahun yang memiliki WhatsApp Business untuk toko kuenya. Setiap hari kerja, selalu ada pesan yang masuk ke WhatsApp Business kamu dan selalu kamu layani dengan baik. Namun, pada tanggal 24-26 Maret nanti, kamu tidak bisa melayani customer karena ada keperluan. Kamu memutuskan menggunakan fitur reply scheduler pada WhatsApp Business.
Berdasarkan uraian di atas, manakah di bawah ini yang merupakan langkah-langkah yang tepat dalam menggunakan fitur reply scheduler?

a. Pilih pesan di luar jam kerja – aktifkan menu kirim pesan di luar jam kerja – isi pesan yang ingin disampaikan ke pelanggan – pilih waktu selalu kirim-tekan tombol simpan
b. Pilih pesan di luar jam kerja – aktifkan menu kirim pesan di luar jam kerja – isi pesan yang ingin disampaikan ke pelanggan – pilih waktu di luar jam kerja-tekan tombol simpan
c. Pilih pesan di luar jam kerja – aktifkan menu kirim pesan di luar jam kerja – isi pesan yang ingin disampaikan ke pelanggan – pilih waktu jadwal khusus dan setting untuk tanggal 24 sampai 26 Maret – tekan tombol simpan
d. a dan b benar
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban: C

28. Fitur di WhatsApp Business yang berguna untuk mengunggah konten-konten penjualan produk atau layanan bisnis anda dengan menggunakan konten visual adalah fitur…

a. Fitur auto greeting
b. Fitur reply scheduler
c. FItur Broadcast
d. Fitur labeling customer
e. Fitur katalog

Jawaban: E

29. Salah satu brand persona berdasarkan perilaku manusia adalah competent. Apa itu competent?

a. Persona yang bersifat empati dan baik hati
b. Pemimpin berpengaruh yang dapat membantu pelanggan atau mempengaruhi mereka untuk bertindak
c. Persona yang bersemangat, senang melakukan apa saja, dan memulai petualangan dengan mudah
d. Persona yang cenderung berotot, atletis dan tangguh
e. Persona yang memancarkan keanggunan, gaya dan prestise

Jawaban: B

30. Manakah di bawah ini yang merupakan tugas admin WhatsApp Business?

a. Membuat produk yang akan dijual
b. Mengemas produk yang akan dijual terkait produk dan pembeli
c. Menjawab semua pertanyaan pelanggan terkait produk dan pembelian
d. Mencari brand persona
e. Membuat infografis menarik

Jawaban: C

31. Apa yang dimaksud fitur auto greeting pada WhatsApp Business?

a. Fitur membalas pesan secara otomatis, jika pelanggan mengirim pesan di luar jam kerja
b. Fitur untuk mengelompokkan pelanggan sesuai isi pesan
c. Fitur yang menyediakan salam atau sapaan awal secara otomatis pada pelanggan baru
d. Fitur untuk meninjau jumlah statistik pesan yang telah terkirim dan pesan yang masuk
e. Fitur untuk menawarkan produk baru kepada semua pelanggan

Jawaban: C

32. Erin ingin mengetahui pesan apa yang efektif untuk diberikan kepada para pelanggan yang ada di kontak WhatsApp Business-nya. Fitur apa yang dapat digunakan Erin?

a. Fitur auto greeting
b. Fitur reply scheduler
c. Fitur broadcast
d. Fitur labeling customer
e. Fitur statistik pesan

Jawaban: E

33. Kamu sedang melakukan riset dengan meminta customermu untuk mengisi kuesioner. Apa yang dapat kamu berikan kepada customer yang sudah mau meluangkan waktu mengisi kuesionermu agar bisa mendorong keterlibatan customer tersebut dalam jangka panjang dan mempertahankan loyalitas merek bisnis anda?

a. Ucapan terima kasih
b. Memberikan kupon khusus
c. Informasi produk baru
d. Infografis yang menarik
e. Video tips dan trik terbaru

Jawaban: E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *