Cara Menyusui Bayi Yang Benar dan Nyaman

Posted on

Cara Menyusui Bayi Yang Benar dan Nyaman

Tahukah Moms bahwa sebagian besar permasalahan menyusui bayi timbul karena cara menyusui yang salah. Beberapa permasalahan seperti payudara bengkak, putting lecet, jerawat putting, hingga mastitis bisa saja terjadi karena pelekatan bayi saat menyusui kurang tepat. Untuk menghindari hal itu Moms perlu mengetahui cara menyusui bayi baru lahir dengan benar. Berikut ini cara menyusui bayi dengan benar:

  1. Pastikan Tangan Dalam Kondisi Yang Bersih

Hal ini penting agar tidak ada kuman yang menempel di tangan Anda ketika sedang menyusui. Sehingga, kondisi bayi saat sedang menyusu pun tetap terjaga kebersihannya.

  1. Membuat Nyaman Kondisi Ibu dan Bayi

Langkah awal ini sangat penting untuk bisa mendapatkan kenyamanan antara ibu dan juga bayinya. Dimana perlu untuk memposisikan kepala bayi agar lebih tinggi daripada tubuhnya dengan tujuan untuk memudahkan bayi ketika menghisap ASI dan kemudian menelannya. Ketika bayi sedang menyusu itulah, ibu bisa meletakkan tangannya sebagai penyangga kepala atau juga bisa menggunakan bantal. Usahakan agar posisi hidung bayi bisa sejajar dengan puting yang bisa membuat bayi membuka mulutnya.

  1. Bayi Dekat Dengan Payudara

Hal ini bisa dilakukan ketika Anda mengetahui bayi sudah mulai membuka mulut karena ingin menyusu. Saat itu lah Anda bisa mendekatkan posisi bayi untuk dekat dengan payudara. Namun, jika mulut bayi tidak kunjung membuka, Anda bisa mengusahakannya dengan cara memancingnya dengan menggunakan puting susu yang disentuh-sentuhkan pada bibir bayi. Dengan begitu, bayi akan terdorong untuk segera membuka mulut dan menyusu.

  1. Perlekatan

Diketahui bahwa jika perlekatan tersebut sudah sesuai, maka sang ibu akan merasa nyaman saat menyusui dengan tidak merasakan sakit begitupun sang bayi yang juga bisa menyusu dengan lancar dan cukup. Bahkan ibu juga bisa mendengarkan suara bayi yang sedang menelan air susunya. Untuk memposisikan bayi saat perlekatan adalah dengan membuat mulut bayi membuka lebar secara maksimal dan memposisikannya pada bagian bawah puting susu.

  1. Menyesuaikan Posisi Bayi

Cara menyusui bayi ini penting sekali agar bayi tetap bisa merasa nyaman. Ketika sedang menyusui dan tiba-tiba Anda merasa ada rasa sakit, maka Anda bisa membuat bayi berhenti menyusu sejenak dengan melepas perlekatannya, di mana jari kelingking Anda bisa dimasukkan ke mulut bayi dan diletakkan di antara gusi. Setelah itu, Anda bisa mengulang kembali perlekatan dan memastikan bahwa perlekatan tersebut sudah terpasang dengan tepat. Sehingga dengan begitu bayi bisa menyusu dengan nyaman.

  1. Waktu Yang Tepat Untuk Menyusui

Pada waktu tertentu bayi akan merasa lapar dan muncul keinginan untuk menyusu. Biasanya bayi akan menyusu dalam waktu 5 sampai 40 menit dan disesuaikan dengan keinginannya. Karena setiap bayi akan berbeda-beda di dalam kebutuhan menyusunya. Namun, bagi bayi yang baru lahir, Anda perlu untuk memberikan ASI saat 2 sampai 3 jam dengan kisaran waktu antara 15 sampai 20 menit. Tetapi biasanya bayi akan memerlukan waktu untuk kemudian bisa merasa nyaman dan lancar dengan ASI dari ibunya.

  1. Mengganti Sisi Payudara Saat Sudah Habis

Mengganti sisi payudara bisa Anda lakukan ketika Anda merasakan bahwa payudara sisi tersebut sudah tidak lagi mengeluarkan ASI. Biasanya ketika akan memindahkan mulut bayi pada payudara di sisi lain, rawan bagi puting Anda untuk digigit oleh bayi atau ditarik. Tetapi Anda bisa mencegahnya dengan cara memasukkan jari kelingking Anda ke mulut bayi. Setelah mulut bayi terlepas dari puting, maka Anda bisa memindahkan ke payudara yang satunya dengan posisi yang sama.

  1. Menyusui Setiap Saat

Bayi bisa merasa lapar kapan saja dan biasanya ketika bayi merasa lapar, maka akan menangis. Oleh karena itu, usahakan agar Anda selalu siap sedia kapan saja saat bayi membutuhkan atau menginginkan untuk menyusu.

Buatlah si Kecil nyaman saat menyusui, gunakan pakaian yang nyaman dan popok yang nyaman saat menyusui. Moms bisa menggunakan popok Merries yang memiliki daya serap baik, lapisan bersirkulasi, serta lapisan yang lembut di kulit. Popok Merries akan menemani kegiatan si Kecil agar selalu nyaman dan ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *